SEO Friendly dan Human Friendly, Penting Gak?

Seo Friendly dan human friendlyJika anda seorang penulis blog pasti istilah SEO Friendly dan Human Friendly bukanlah hal yang baru. Akibat dua istilah tersebut menyebabkan banyak blogger berusaha membuat tulisan dengan melakukan optimasi SEO pada postingan yang dibuat. Mereka beranggapan dengan optimasi SEO akan menaikan popularitas dan ranking blog.

Search Engine Optimization itu penting, tapi yang terpenting adalah lebih mengutamakan human friendly, yaitu disukai oleh manusia. Prinsipnya mesin pencari selalu meninjau tingkah laku pembaca, jadi mereka akan secara otomatis menaikan ranking postingan yang memang disukai manusia.

Baca juga:

 

Tujuan utama membuat tulisan adalah untuk dibaca oleh manusia, jadi perhitungkan ini. Terkadang optimasi SEO tidak selalu bagus untuk dilakukan dan justru menghambat seorang blogger pemula. Apakah anda termasuk orang yang terlalu mempertimbangkan SEO?  Jika benar, sebaiknya lakukan beberapa SEO yang memang dibutuhkan.

 

Apakah SEO Penting? Seperti Apa SEO yang Perlu Dilakukan?

Kalau menurut saya sendiri SEO yang wajib diutamakan adalah SEO On Page. Alasannya karena SEO ini tidak hanya baik untuk mesin pencari, tapi sangat baik untuk pengunjung.

Kelebihan Penerapan SEO On Page di Mata Pengunjung…

  • Konten menjadi lebih enak dilihat.
  • Lebih rapih dan terlihat profesional.
  • Konten menjadi lebih tertarget.
  • Konten menjadi lebih mudah dipahami pengunjung.
  • Susunan Tag Heading (judul turunan) akan membantu pengunjung.
  • Kemudian SEO on page akan membuat konsep postingan menjadi lebih human friendly.

 

Lalu Bagaimana Dengan SEO Off Page?

SEO off page adalah cara optimasi yang berkaitan dengan link building atau mencari backlink. Tapi tidak semua backlink memiliki dampak positif, ada beberapa kategori backlink yang justru merusak blog.

Seorang blogger harus lebih berhati-hati dalam melakukan SEO off page, terutama dalam hal backlink. Jadi solusi terbaik untuk ini adalah dengan mendapatkan backlink yang natural.

Tapi untuk mendapatkannya tidak mudah,, yah anda perlu sabar..

 

Lupakan Saja SEO Off Page

Saya yakin pasti ada dari rekan-rekan blogger yang justru terhambat akibat terlalu sibuk optimasi. Hanya fokus mengejar SEO dan melupakan apa yang seharusnya lebih penting untuk dilakukan.

Jujur saja selama tiga tahun saya ngeblog, saya benar-benar melupakan SEO off page dan hanya fokus pada konten. Hasilnya pun cukup memuaskan, 3 blog yang saya kelola bisa maju dan populer dengan sendirinya tanpa SEO off page.

 

Idealnya blog akan populer butuh waktu sekitar 4 bulanan. Tapi….,,

Nah ada tapi..,, Anda wajib update dan menyajikan konten yang berkualitas dan bermanfaat. Dengan begitu, postingan yang anda buat akan naik ke halaman pertama dengan sendirinya. Ingat “tulisan yang dibuat hari ini tidak harus populer besok, bisa saja tulisan akan populer setelah 1-2 bulan setelah dipublikasikan”.

Lakukan update postingan minimal seminggu 5 post berkualitas, lebih banyak lebih baik. Gunakan saja akal sehat dan logika, “Setolol-dan segoblog-goblognya blogger., tidak mungkin gagal kalau usaha. 100-200 postingan yang dibuat selama 4 bulan masak gak ada yang halaman pertama? Kan gak mungkin.

 

Backlink Berkualitas Akan Datang Dengan Sendirinya

Mendingan punya puluhan backlink berkualitas daripada ribuan backlink tidak bermutu, Istilah ini benar. Blog anda akan mendapatkan backlink dengan sendirinya jika memang memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna.

Cara mainnya begini.,,

  • Buat konten bermanfaat,
  • Buat pengunjung suka dengan konten anda,
  • Lebih baik fokus pada konten,

 

Hasilnya Pasti.,

  • Pengunjung puas,
  • Trafik meningkat,
  • Konten anda di share/dirujuk,
  • Blog anda mendapatkan backlink berkualitas.

 

Nah, setelah anda membaca tulisan ini pasti anda bisa melakukan pertimbangan. Mana yang lebih penting antara SEO friendly dan Human friendly. Tulisan ini dibuat hanya sekedar untuk memberikan motivasi dan faktanya “banyak blogger yang buta SEO tapi tetap berjaya”.

 

Akhir Kata

Terimakasih sudah berkunjung ke blog Nandatrio. Semoga setelah membaca tulisan saya anda bisa termotivasi, jika tidak suka anda bisa klik tombol (x) di pojok kanan atas browser. Hehe

Saya akhiri dulu postingan ini, semoga bisa bermanfaat dan menjadi ilmu yang berguna bagi diri saya sendiri dan rekan-rekan sekalian.

 

One thought on “SEO Friendly dan Human Friendly, Penting Gak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *