Makanan Ayam Aduan Terbaik

10 Makanan Ayam Aduan Terbaik dan Bermutu Tinggi

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali jenis makanan ayam aduan yang bisa kita berikan pada ayam kesayangan kita. Dalam hal memelihara ayam aduan bisa dikatakan lumayan rumit, jadi sebagai seorang pecinta ayam jago kita harus lebih cerdas ketika merawat dan melatih ayam bangkok aduan. Pasti kita semua berharap hasil ternak yang kita rawat mempunyai kualitas yang bagus.

Pakan adalah bagian paling dasar untuk meningkatkan mutu hewan ternak. Semakin bagus pakan yang diberikan maka akan semakin bagus pula kualitas ayam bangkok aduan kita. Nutrisi yang cukup akan berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tubuh ayam bangkok mencapai ukuran yang ideal. Kebanyakan orang hanya tahu pakan ayam adalah jagung, padahal ayam aduan membutuhkan asupan gizi dari pakan tambahan.

Selain itu kita juga harus memahami jenis dan manfaat pakan yang akan kita berikan pada ayam. Kemudian anda perlu memperhatikan usia ayam, jenis ayam aduan, dan pakan apa yang sebaiknya diberikan pada ayam. Untuk itu kita tidak bisa memberikan pakan secara sembarangan, manajemen pakan ini sangat diperlukan agar pemberian pakan tidak berakhir sia-sia.

Makanan Ayam Aduan Terbaik dan Bermutu Tinggi

Pasti kita semua sudah tahu berbagai jenis makanan ayam aduan yang ada, akan tetapi sudah tahukah anda pakan yang bermutu tinggi serta pola pemberiannya sesuai standar perawatan ayam bangkok aduan?., nah untuk itu simak pembahasannya di bawah ini:

1. Konsentrat (pur)

Konsentrat atau pur merupakan pakan yang sengaja dibuat dari berbagai bahan yang dikombinasikan. Pengertian sederhananya pur adalah makanan ayam dari berbagai macam bahan yang dijadikan satu. Pemberian pur pada ayam sangat diperlukan untuk menyeimbangkan kebutuhan gizi pada ayam.

Baca juga  Manfaat Garam Untuk Ayam Aduan jadi Lebih Perkasa
pur untuk ayam

Umumnya konsentrat diberikan kepada anak ayam supaya pertumbuhannya menjadi lebih cepat. Tapi tidak jarang para peternak memberikan konsentrat pada ayam dewasa guna menambah bobot ayam aduan.

2. Beras jagung

Beras jagung merupakan pakan yang berbahan dasar jagung yang kemudian digiling kecil-kecil. Beras jagung adalah pakan lanjutan setelah memasuki usia 3 bulan lebih sebelum diberikan pakan utama berupa jagung.

Pemberian beras jagung untuk ayam bangkok aduan bertujuan membiasakan ayam untuk memakan jagung. Selain itu beras jagung lebih mudah dicerna sehingga cocok diberikan kepada anak ayam.

3. Jagung

Kita bisa menyebut bahwa jagung adalah makanan utama untuk semua jenis ayam, begitu pula ayam bangkok aduan. Jagung memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sehingga baik untuk pakan utama ayam.

jagung untuk ayam

Bagi ayam aduan jagung berguna untuk menambah berat badan ayam, meningkatkan kekuatan pukulan, mempercepat pengerasan otot dan masih banyak lagi khasiat dari jagung. Kebanyakan botoh tanah air memberikan jagung pada ayam tipe pukul supaya memiliki pukulan yang keras.

4. Beras merah

Beras merah bisa dijadikan sebagai makanan pokok ayam aduan, dan bisa juga dijadikan sebagai pakan campuran. Beras merah mempunyai segudang khasiat bagi ayam bangkok dan sangat bagus diberikan kepada ayam tipe jalu. Berbeda dengan ayam tipe pukul, ayam jalu sebaiknya diberikan makanan yang kaya akan serat seperti beras merah.

Beras merah untuk ayam

Di sisi lain, pemberian beras merah untuk ayam bangkok aduan berguna untuk pembentukan otot pada ayam. Biasanya dengan pakan yang satu ini otot ayam tidak terlihat begitu keras, namun lebih lentur sehingga gerakan ayam akan lebih cepat dan lincah.

5. Gabah

Gabah merupakan bulir padi yang telah dipisahkan dari tangkainya. Gabah adalah salah satu makanan ayam aduan terbaik yang bisa anda berikan pada ayam, baik itu sebagai makanan utama ataupun makanan selingan.

gabah untuk ayam

Ternyata gabah sangat bagus bagi kesehatan ayam jago kesayangan kita, dimana pemberian gabah ini dapat membentuk tubuh ayam bangkok menjadi lebih ideal. Sebagian botoh menggunakan pakan berupa gabah untuk menurunkan berat ayam aduan yang terlalu gemuk. Ayam aduan yang memiliki berat tubuh berlebihan akan kesulitan saat memukul dan gerakannya akan lambat.

Baca juga  Manfaat Bawang Putih untuk Ayam Aduan Jadi FIT

6. Nasi putih

Nasi putih bisa dijadikan sebagai makanan ayam bangkok aduan yang mampu memenuhi kebutuhan dasar nutrisi ayam. Nah pastinya sudah banyak dari kita yang menjadikan nasi putih sebagai makanan pokok ayam bangkok. Nasi memang bagus buat ayam, tapi bila untuk ayam bangkok sebaiknya nasi dijadikan sebagai makanan tambahan saja atau pakan kombinasi.

nasi putih untuk ayam

Karbohidrat yang terdapat di dalam nasi putih sangatlah banyak bila dibandingkan dengan jagung dan beras merah. Nah tentu kita tidak ingin kan kalau ayam kita memiliki berat yang berlebih atau kegemukan, jadi sebaiknya gunakan nasi putih secukupnya saja.

7. Dedak padi

Dedak padi merupakan makanan ayam yang terbuat dari kulit padi yang ditumbuk. Sebagian dari kita menganggap dedak padi sama dengan bekatul, padahal sebenarnya berbeda. Bekatul adalah kulit padi yang ditumbuk lebih halus, sedangkan dedak masih terlihat rambut atau kulit padinya.

dedak padi untuk ayam

Meskipun bahan pembuatannya sama tapi kandungan nutrisi antara dedak dan bekatul sedikit memiliki perbedaan. Kandungan serat kasar pada dedak jauh lebih besar dibanding bekatul. Para botoh lebih suka memberikan dedak padi untuk makanan ayam karena harganya yang sangat murah dan terjangkau.

8. Singkong

Singkong atau yang biasa kita kenal dengan ubi kayu dapat dijadikan makanan ayam aduan yang baik. Nah dalam rangka menghemat pakan ternak kita bisa menggunakan singkong sebagai pakan tambahan. Caranya cukup mudah potong singkong agar lebih mudah dimakan lalu berikan kepada ayam.

singkong untuk ayam

Pemberian singkong basah untuk ayam sebaiknya tidak terlalu sering, seminggu dua kali atau seminggu sekali sudah cukup. Nah bila anda ingin lebih sering, maka sebaiknya singkong dikeringkan terlebih dahulu untuk menghilangkan zat antinutrien yang ada pada singkong basah yang kurang baik untuk unggas.

Baca juga  Manfaat Pemberian Beras Merah Untuk Ayam Aduan

9. Sayur-sayuran

Ayam aduan yang berkualitas membutuhkan asupan gizi yang cukup, dalam hal ini ada beberapa jenis sayuran yang perlu diberikan pada ayam. Beberapa sayur yang bisa anda berikan diantaranya ialah daun sawi, kubis, dan daun selada.

sayur untuk ayam

Sama hal nya dengan pemberian singkong, pemberian sayuran pada ayam bangkok juga tidak usah berlebihan. Kemudian yang terpenting ialah terpenuhinya nutrisi dan serat yang dibutuhkan oleh ayam.

10. Binatang hidup

Nah ini adalah salah satu keunikan dari ayam aduan, pemberian makanan berupa binatang hidup diyakini mampu meningkatkan kualitas tempur ayam. Misal, membuat ayam lebih ganas, meningkatkan stamina dan masih banyak lagi.

jangkrik untuk ayam

Keyakinan bahwa memberikan binatang hidup pada ayam sudah ada sejak zaman dulu dan sampai saat ini keyakinan itu masih dipegang teguh oleh para botoh. Beberapa hewan yang berguna untuk ayam aduan yaitu anak tikus, jangkrik, daging burung gereja dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Kita wajib tahu jenis makanan ayam bangkok yang berkualitas, selain itu kita juga harus tahu pola pemberian pakan yang baik dan benar. Tentunya jenis pakan perlu disesuaikan dengan usia ayam, tipe ayam aduan dan kondisi ayam aduan.

Kesalahan dalam pemberian pakan dapat menghambat pertumbuhan ayam aduan, sebagai contoh anak ayam diberi jagung maka pertumbuhannya akan lambat dan bahkan tidak bisa mencapai ukuran ideal. Untuk itu sebagai seorang peternak kita sebaiknya lebih cerdas dan teliti.

Demikian pembahasan mengenai makanan ayam aduan terbaik dan bermutu tinggi yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi ilmu yang berguna bagi kita semua.

Artikel terkait

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *