jagung untuk ayam

10 Manfaat Jagung untuk Ayam Bangkok Aduan Juara

Kita semua tahu bahwa jagung adalah makanan pokok bagi ayam yang sangat mudah kita jumpai di Indonesia. Jagung memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat, baik untuk manusia maupun binatang. Bagi sebagian orang jagung dijadikan sebagai bahan olahan makanan untuk dikonsumsi. tidak bisa dipungkiri kalau jagung memang enak bila dimasak.

Selain dikonsumsi manusia, jagung merupakan pakan bermutu tinggi untuk ayam bangkok. Dalam hal ini pemberian jagung kepada ayam aduan bisa dengan berbagai cara, diberikan langsung atau diolah terlebih dahulu. Jagung bisa diolah menjadi tepung dan dalam bentuk jagung giling. Umumnya jagung diberikan pada ayam bangkok dewasa yang sudah cukup umur, akan tetapi olahan jagung seperti tepung dan jagung giling juga baik untuk anak ayam. Pada kesempatan kali ini kita akan mengungkap manfaat jagung untuk ayam aduan juara.

Secara komposisi gizi jagung mengandung berbagai zat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kemudian untuk ayam pedaging jagung juga bagus untuk meningkatkan kualitas serat pada daging ayam. Berikut adalah kandungan nutrisi pada jagung:

kandungan nutrisi jagung

Manfaat Jagung untuk Ayam Bangkok Aduan

1. Sebagai makanan pokok

Jagung merupakan jenis pakan yang baik untuk jangka panjang dimana dapat digunakan sebagai makanan pokok ayam bangkok. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa jagung cocok untuk anak ayam dan ayam dewasa.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Pencernaan merupakan organ paling vital bagi semua makhluk hidup. Dengan pencernaan yang sehat gizi pada makanan yang dicerna dapat diserap dengan baik oleh tubuh sehingga ayam pertumbuhan ayam akan lebih maksimal. Selain itu pencernaan yang sehat bisa mengurangi resiko ayam terserang bibit penyakit.

3. Menambah berat badan

Jagung merupakan makanan yang paling efektif untuk menambah berat badan ayam bangkok. Kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya akan mempercepat pertumbuhan tubuh, menjaga masa otot serta menyetabilkan berat badan. Ayam aduan dengan bentuk tubuh ideal pastinya akan mempunyai pukulan yang lebih keras dan akurat bila dibandingkan dengan ayam yang kurus.

4. Menguatkan nafas ayam aduan

Kita biasa mengenal stamina ayam dengan nafas, jadi ayam bangkok harus mempunyai nafas yang panjang supaya bisa menang di arena. Jagung berkhasiat menguatkan stamina ayam bangkok dan sebagai penambah asupan energi yang bagus untuk ayam laga.

5. Menguatkan tulang

Ketika kita berbicara ciri ayam aduan yang bagus tentu kita akan memperhitungkan struktur tulang pada ayam aduan. Persoalan ini sudah menjadi pembicaraan para botoh profesional sehingga ayam yang berkualitas harus mempunyai tulang yang kuat. Pemberian jagung dapat membantu pengerasan tulang pada ayam sehingga lebih kuat dan perkasa.

6. Meningkatkan masa otot

Biasanya para pecinta ayam bangkok memberikan pakan anak ayam berupa konsentrat, nah setelah memasuki fase dewasa pakan diganti dengan jagung. Tujuan dari pemberian jagung ini tidak lain dan tidak bukan agar otot ayam cepat terbentuk. Otot merupakan bagian paling penting pada ayam aduan, terutama untuk ayam tipe pukul.

7. Mengendalikan berat badan

Tidak jarang dari kita yang memiliki ayam yang berlebihan berat badan, biasanya ayam yang kegemukan ini adalah ayam yang baru keluar dari kandang bok (kandang pembesaran). Kebanyakan peternak memfokuskan pada pembesaran ketika ayam berada di kandang bok dan hanya diberi makanan berupa konsentrat dan dedak. Kandungan serat kasar yang terdapat pada jagung akan membantu mengendalikan berat badan pada ayam dan mengubah lemak menjadi otot.

8. Menguatkan daya tahan tubuh ayam

Penyakit adalah ancaman yang tidak bisa dihindari bagi para peternak, maka dari itu pencegahan adalah cara terbaik untuk mengatasinya. Berbagai penyakit yang kemungkinan menyerang ternak bisa sangat merugikan kita. Biji jagung kaya akan kandungan vitamin B (B1, B2, B3, B5, B9, B12) yang membantu menjaga daya tahan tubuh ayam sehingga kebal terhadap penyakit.

9. Sumber kalium yang baik

Kalium adalah zat yang berguna menjaga keseimbangan cairan pada tubuh makhluk hidup. Kelebihan cairan tubuh dapat berdampak buruk bagi ayam bangkok sehingga lebih mudah terserang penyakit. Beberapa penyakit yang disebabkan akibat kelebihan cairan yaitu diare, berak darah, berak kapur dan lain-lain. Pemberian jagung berguna untuk membantu menyetabilkan cairan pada ayam aduan.

10. Sumber vitamin K

Vitamin K yang terdapat pada jagung berguna untuk menyehatkan bulu pada ayam aduan. Bulu yang terlihat indah pada ayam laga akan menunjukkan karisma ayam di arena. Selain itu vitamin K juga berguna untuk menyehatkan kulit ayam bangkok, nah bisa mencegah penyakit kulit seperti kurap dan kudis.

Kesimpulan

Sebagai pemelihara binatang ternak terkadang kita memberikan makanan tanpa mengetahui zat-zat yang terkandung di dalamnya. Jagung adalah makanan ayam yang mempunyai nutrisi paling lengkap sebagai makanan pokok ayam bangkok aduan. Kami akhiri artikel kali ini mengenai manfaat jagung untuk ayam bangkok aduan., semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *