7 Rahasia Sukses Membuka Usaha Kursus Memasak

Kursus memasak adalah usaha yang memiliki prospek menjanjikan dan cocok untuk untuk mereka yang memiliki keahlian memasak. Tidak ada salahnya mencoba mengembangkan bisnis ini, apalagi bagi ibu rumah tangga atau anda yang memiliki keahlian dalam bidang ini. Saat ini tidak hanya ibu-ibu saja yang ingin belajar memasak, bahkan sudah banyak laki-laki maupun anak-anak yang sangat ingin belajar memasak.

Kursus memasak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kursus lainnya, seperti bimbingan belajar, kursus komputer dan lain-lain. Akan tetapi sebelum memulai usaha ini sebaiknya tentukan terlebih dahulu arah dan tujuan utama dari usaha yang akan dikembangkan.

Misalnya:

  • Membuat daftar materi memasak yang ingin diajarkan
  • Pilihan paket dan harga harus jelas
  • Waktu dan berapa lama proses kursus
  • Dan pertimbangan-pertimbangan lainnya.

 

Rahasia Sukses Membuka Usaha Kursus Memasak

Jika sudah membuat pertimbangan selanjutnya tinggal bagaimana cara membuka usaha kursus memasak yang sukses. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda praktekan:

1. Lokasi Usaha Kursus Memasak

Langkah awal yang perlu disiapkan adalah lokasi dimana usaha akan berlangsung. Karena kursus memasak ini bisa diartikan sebagai pelayanan jasa, maka pastikan lokasi usaha berada di tempat yang strategis. Kalau untuk ibu rumah tangga bisa memulai usaha ini di rumah atau bisa juga dengan menyewa tempat khusus dengan dukungan alat-alat memasak.

 

2. Mulai Memperkenalkan Usaha

Ini adalah tahapan yang paling sulit, mengenalkan usaha kepada calon peserta didik memang tidak gampang. Maka dari itu perlu adanya dukungan dan strategi promosi yang akurat yang tepat sasaran. Pada dasarnya ada banyak sekali cara untuk mempromosikan bisnis. Cara yang paling mudah adalah dengan mempublikasikan bisnis lewat media cetak, seperti Koran, atau anda bisa juga membuat brosur atau promosi secara online.

 

3. Menentukan Materi yang Akan Diajarkan

Dalam usaha kursus memasak seorang pendidik bisa diartikan sebagai seorang guru. Buatlah materi pelaharan memasak sesuai dengan keahlian anda, dan jangan lupa daftar materi harus disampaikan saat promosi. Tujuannya supaya para peserta didik tidak kecewa dengan materi yang diajarkan.

 

4. Waktu Pelatihan Memasak

Selanjutnya masalah waktu pelatihan harus benar-benar terjadwal. Dalam hal ini para peserta membayar anda untuk mendapatkan jasa pendidik dari anda. Jadi manfaatkan dan atur waktu pengajaran sebaik mungkin. Kemudian perjelas juga kontrak pengajaran seperti lama waktu, jumlah materi dan jam pelatihan.

 

5. Harga Jasa Kursus Memasak

Strategi yang paling ampuh untuk memajukan usaha di bidang jasa adalah dengan strategi penetapan harga. Untuk tahap awal sebaiknya berikan harga yang ekonomis dan terjangkau, dengan begitu jika peserta didik merasa puas mereka akan merekomendasikan orang-orang terdekat mereka untuk ikut bergabung.

 

6. Sesekali Undang Koki Untuk Mengajar

Sebagai lankah memajukan usaha kursus memasak anda bisa sesekali mengundang pengajar professional untuk memberikan materi. Anggap saja sebagai bonus pendidikan karena sudah mengikuti kursus yang anda buat. Selain itu cara ini dapat meningkat popularitas bisnis anda. Tidak perlu koki terkenal, anda hanya perlu mengundang koki-koki dari tempat-tempat kuliner di daerah anda.

 

7. Tingkatkan Keahlian Memasak Anda

Setiap orang pastinya ingin belajar dari ahli yang sesungguhnya, semakin ahli seseorang pada bidang tertentu maka semakin banyak pula orang yang ingi belajar darinya. Jadi pastikan anda mempelaajari resep-resep terbaru agar usaha anda tidak ketinggalan jaman, logikannya “masa iya hanya belajar menu itu-itu terus-terusan”.

 

Keuntungan Membuka Usaha Kursus Memasak

  • Dapat membatu orang lain belajar memasak
  • Mendapatkan keuntungan material dari bayaran jasa pengajaran
  • Mempererat silaturahmi dengan para peserta didik
  • Kemudian yang paling jelas adalah anda akan mendapatkan pahala karena berbagi ilmu yang bermanfaat.

 

Kendala yang Sering dihadapi Saat Membuka Usaha Kursus Memasak

  • Bagi anda yang masih baru pastinya akan mengalami kendala ketika pertama mencari peserta didik,
  • Kendala umum yang sering dialami yaitu kurangnya dukungan peralatan memasak yang mendukung kegiatan.

 

Nah itulah beberapa tips untuk membuka usaha kurus memasak yang dapat kami sampaikan.semoga bermanfaat untuk kita semua.

(Visited 31 times, 1 visits today)

Related Posts

About The Author

Add Comment