Ayam Teknik Solah

Ini Dia Alasan Kenapa Ayam Teknik Solah Begitu Disukai

Dari berbagai teknik ayam aduan, gaya bertarung solah menjadi salah satu yang begitu disukai oleh pecinta sabung ayam. Ayam solah memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan gaya lainnya.

Gaya bertarung yang satu ini bisa dibilang paling kreatif dan bervariasi, ayam solah memiliki berbagai kombinasi gerakan yang bagus. Baik ketika menyerang maupun bertahan, ayam teknik solah memiliki irama yang seimbang.

Maka tidak heran bila gaya bertarung solah sering membuat lawan kewalahan. Selain populer, ternyata memang cukup sulit untuk menemukan ayam dengan teknik solah yang sempurna.

Mengenal Ayam Aduan Teknik Solah

Bagi yang sudah lama bergelut di dunia sabung ayam tentu istilah yang satu ini bukanlah hal baru. Tapi bagi sobat yang masih pemula tentu akan sedikit bingung jika ditanya apa itu ayam solah.

Teknik solah merupakan salah satu dari sekian banyak gaya bertarung ayam yang mempunyai ciri khusus dan berbeda dari yang lainnya. Secara umum ayam solah memiliki keunggulan bertarung dengan memanfaatkan variasi gaya tarung yang dimiliki.

Ayam dengan teknik ini bisa dibilang yang paling cerdas karena sangat pintar mencari celah saat di dalam arena. Dengan memanfaatkan gaya bermain yang bagus, ayam solah dapat dengan mudah menguasai jalannya pertandingan.

Beberapa ciri khas ayam solah diantaranya adalah teknik ngalung (mengunci), dongkrak/gebrak, nyayap dan masih banyak lagi. Tidak jarang saat di dalam arena ayam ini pura-pura lari dan kemudian berbalik lalu memberikan serangan kejutan yang mampu membuat musuh kewalahan.

Macam-macam Teknik Solah Ayam Aduan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa teknik solah termasuk gaya bertarung yang paling bervariasi dan bisa dibilang kreatif. Berikut ini macam-macam teknik solah yang perlu anda tahu:

1. Ayam Solah Ngonyor

Solah ngonyor adalah teknik bertarung ayam aduan yang paling dasar sehingga tidak mempunyai variasi gerakan yang cukup.

Ayam solah ngonyor bisa dibilang urutan paling bawah dan sebagian botoh menganggapnya tidak terlalu bagus. Pasalnya teknik yang satu ini memiliki banyak kelemahan sehingga membuat lawan mudah mencari celah.

Walaupun demikian, ternyata ada kelebihan yang dimiliki ayam solah ngonyor yang ternyata jarang dimiliki ayam lainnya. Ayam dengan gaya tarung ngonyor umumnya mempunyai daya tahan terhadap pukulan.

Tidak jarang ayam jenis ini justru membuat lawan kehabisan tenaga dan akhirnya lari ketakutan.

2. Ayam Solah Bawah

Teknik solah bawah ayam aduan memiliki keunikan tersendiri dimana ayam cenderung memiliki gerakan bawah yang bervariasi.

Keunggulan Ayam solah bawah dapat mengganggu pergerakan musuh sehingga sulit melakukan serangan. Ayam ini biasa menyerang dan bertahan lewat bawah dengan masuk ke bagian bawah lawan dan kemudian berputar lalu memukul.

Beberapa gerakan yang dimiliki ayam solah bawah yakni,

  • Gerakan mendorong dan mengunci (ngalung)
  • Teknik dongkrak dengan masuk di antara kaki musuh
  • Teknik solah lari
  • Mular

Dengan kombinasi gerakan yang indah ini ayam solah atas sangat baik dalam mengatur tempo pertandingan.

3. Ayam Solah Atas

Kemudian teknik yang tidak kalah bagus dan kaya akan variasi gerakan adalah teknik solah atas.

Berbeda dengan sebelumnya, gaya bertarung solah atas cenderung dengan bertahan dan menyerang melalui bagian atas tubuh lawan.

Biasanya ayam tipe ini diunggulkan dengan gaya kunci (lock) dan gaya nyayap (masuk ke selah sayap lawan) sehingga menyusahkan musuh.

Jika dilihat sekilas, ayam ini hampir mirip dengan ayam teknik kontrol. Hanya saja ayam solah atas lebih mempunyai kombinasi gaya bertarung yang lebih apik dengan pola unik.

4. Ayam Solah Atas Bawah

Ayam solah atas dan bawah adalah gaya bertarung ayam aduan yang paling sempurna. Tapi nyatanya sangat sulit sekali untuk menjumpai ayam dengan gaya tarung seperti ini.

Gaya bertarung ayam ini sangat indah, sebagian botoh menganggap gaya solah atas bawah ini adalah seni bertarung ayam aduan yang sesungguhnya. Ayam solah atas bawah dapat bertahan serta melesatkan serangan dari bagian atas maupun bagian bawah tubuh lawan.

Apalagi jika ayam memiliki beberapa kombinasi gerakan yang jarang dimiliki oleh ayam lain, seperti gerakan solah nakal. Yakni gerakan paling unik yang jarang dimiliki.

Baca Juga

 

Pada dasarnya memang tidak mudah untuk menganalisa gaya bertarung ayam aduan. Nah itulah sedikit pembahasan mengenai alasan kenapa ayam teknik solah lebih digemari oleh para pecinta ayam laga. Kami akhiri tulisan ini semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *