anak ayam bangkok

Ini Alasan Anak Ayam Bangkok Perlu Dipisahkan Dari Induknya

Perawatan terbaik yang sebaiknya dilakukan oleh peternak ayam bangkok aduan ialah dilakukan sejak dini, yaitu sejak ayam baru menetas. Pada dasarnya ada dua cara memelihara anak ayam, pertama anak ayam dibiarkan bersama sang induk dan yang kedua anak ayam bangkok dipisahkan dari induk. Bagi anda yang masih baru dalam budidaya ayam bangkok pasti sering bingung.

Jadi sebagai seorang peternak anda harus tahu kapan waktu yang tepat anak ayam perlu dipisahkan dari induknya. Memang memisahkan anak ayam dengan induknya harus hati-hati dan dilakukan dengan benar, jika tidak dapat membuat induk ayam stres dan tidak produktif.

Tips memisahkan anak ayam dari induknya

  • Sebaiknya anak ayam langsung dipisahkan dari induknya ketika baru menetas.
  • Jauhkan anak ayam dari induk agar induk ayam lupa dengan anak-anaknya,
  • Bila induk ayam terlihat stres anda perlu memandikan induk ayam setelah mengerami telur,
  • Biasanya dalam waktu 5 hari induk ayam akan terbiasa sendiri dan bisa beraktivitas normal.


Berikut Ini Alasan Anak Ayam Bangkok Perlu Dipisahkan Dari Induknya

Produktivitas Induk

Alasan pertama kenapa kita memisahkan anak ayam dengan induknya ialah supaya induk ayam menjadi lebih produktif. Bila tidak dipisah induk ayam akan mulai melakukan perkawinan dan bertelur setelah anak ayam berumur 3-4 bulan. Namun bila induk tidak dicampur dengan anak dia akan bertelur kembali dalam waktu satu bulan.

Pertumbuhan Anak Ayam

Kemudian dengan dipisahkan dari induknya pertumbuhannya anak ayam akan lebih cepat. Jadi asupan gizi pada makanan dapat tersalurkan secara merata di dalam kandang, selain itu para peternak bisa dengan muda mengawasi anak ayam. Jadi dengan begitu angka kematian anak ayam bisa diminimalisir.

Baca juga  10 Manfaat Jagung untuk Ayam Bangkok Aduan Juara

Resiko Kematian

Kenyataannya bila kita membiarkan anak ayam dibesarkan oleh induknya justru memiliki resiko kematian yang tinggi. Misalnya dari 10 anak ayam hanya sisa 8 ekor, kadang anak ayam mati karena sakit dan bahkan anak ayam hilang entah kemana. Apalagi bila babon ayam tidak pandai merawat anak-anaknya, jelas ini akan sangat merugikan.

Terhindar dari penyakit

Anak ayam yang ditempatkan di dalam kandang tentunya akan mendapatkan perawatan khusus sehingga terhindar dari penyakit. Namun agar anak ayam selalu sehat anda juga harus rajin mengumbarnya atau sesekali mengeluarkan anak ayam agar bergerak bebas di luar kandang. Selanjutnya perhatikan pakan dan kebersihan kandang supaya bakteri dan virus tidak berkembang.

Membentuk tubuh yang ideal

Ayam bangkok dituntut memiliki bentuk tubuh yang bagus dan ideal supaya bisa menjadi juara. Dengan dipisahkan dari induknya anak ayam akan mendapatkan makanan yang cukup dan merata sehingga pertumbuhannya tidak terhambat.


Pasti kita semua menginginkan anak ayam bangkok kesayangan kita dapat tumbuh sehat hingga dewasa. Nah itulah sedikit penjelasan mengenai alasan anak ayam bangkok perlu dipisahkan dari induknya beserta tips agar induk ayam lupa dengan anaknya.

Artikel terkait

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *