Ancaman SEO Terhadap Eksistensi Blogger

ancaman seo bloggerMungkin saat ini Anda belum merasakan ancaman SEO terhadap eksistensi blog. Memang optimasi SEO sangat perlu dilakukan, tujuannya supaya blog memiliki ranking pada mesin pencari.

 

Perlu Anda ketahui jika SEO selalu mengalami kemajuan dan kemajuan tersebut memiliki dampak negatif dan positif terhadap pemilik situs atau blogger.

 

Kenapa saya membuat tulisan seperti ini?, awalnya saya sempat berfikir “sampai kapan karir blog akan bertahan”. Lalu kemudian saya melakukan intropeksi terhadap kemajuan teknologi di sekitar yang hari-demi hari terus berkembang.

 

Apakah SEO mengalami Perkembangan?

“Tentu saja iya, bisa kita lihat jika setiap tahun selalu ada ilmu terbaru dari SEO”

 

Kalau begitu tidak ada masalah, jadi kita cuma tinggal belajar ilmu terbaru!

“Bukan itu masalahnya !, yang saya pikirkan adalah apakah kemajuan SEO akan berdampak baik terhadap eksistensi blogger atau sebaliknya”

 

Persepsi Mengenai Ancaman SEO Terhadap Eksistensi Blogger

Jika Anda sebelumnya selalu berfikir positif bahwa eksistensi blogger akan selalu aman. Maka sekarang saatnya Anda harus memikirkan beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi.

 

Ini benar, bukannya saya menakut-nakuti. Tapi bisa saja keberadaan blogger semakin terkikis akibat kemajuan teknologi yang akan menjadi kiamat bagi kita. Jangan kaget, ungkapan di atas memang terdengat Lebay bin Alay, tapi ini BENAR. Berikut ini adalah beberapa dampak yang diakibatkan kemajuan SEO yang akan dirasakan di masa depan:

 

Perangkat Seluler Akan Berkuasa Tentu Menjadi Ancaman SEO

Dulu pengguna internet hanya bisa browsing lewat komputer/dekstop, tapi tidak untuk sekarang. Kemajuan teknologi seluler saat ini pasti sudah bisa anda rasaan sendiri, berbagai fitur dan kecanggihan sudah tersedia dalam handpone. Bahkan untuk saat ini spesifikasi perangkat seluler mampu menyaingi laptop dan personal komputer.perangkat seluler berkuasa

Lantas apa dampaknya terhadap blogger?..,, coba anda cek pada mesin pencari, apakah saat ini masih ada blog/situs yang tidak mendukung untuk handpone?. Pasti sudah tidak ada kan,,.. jadi begini, secara tidak langsung situs-situs yang tidak mobile friendly akan menghilang dari peredaran alias tidak tampil pada search engine.

 

Ini belum menjadi ancaman serius, karena dalam hal ini anda masih bisa melakukan perubahan agar blog anda menjadi mobile friendly. Melakukan sedikit optimasi seperti Coding, maka ini akan denggan mudah diperbaiki.. ..

 

 

Ancaman SEO AMP Justru Menyengsarakan Blogger

AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages yang merupakan fitur dari Google untuk pengguna internet menjelajahi halaman web melalu ponsel. Ini memang terdengar baik, tapi dalam hal ini seakan-akan pihak Google memaksa pemilik situs untuk menerapkan AMP pada blog mereka.amp

Blog yang memakai AMP akan mudah bersaing pada mesin pencari. Bagi pengguna blog self hosting hal ini tidak terlalu menjadi masalah.,, memang benar, alasanya karena mereka bisa dengan mudah memasang plugin AMP dan bisa dengan mudah menggunakannya.

 

Lalu bagaimana dengan pengguna platform/CMS gratis seperti Blogspot? Pasti mereka akan mengalami banyak masalah. Kemudian tidak jarang jika dipasang AMP pada blogspot sering mengalami masalah karena tidak begitu mendukung.

 

Sudah jelas ini akan berdampak untuk kedapannya., kalah bersaing hanya karena kalah segi dukungan memang menyakitkan.

 

 

Kepopuleran Search Voice

Voice Search adalah fitur terbaru dari Google yang memudahkan pengguna melakukan pencarian tanpa mengetikan kata kunci. Hanya tinggal bicara “Ok, Google, dan Bla.. bla.. “ mereka sudah bisa mendapatkan apa yang mereka cari..voice search

Jujur ini adalah masalah serius bagi para blogger!., Akibatnya kata kunci yang sudah ditargetkan oleh para blogger akhirnya tidak terpakai. . lebih canggihnya lagi, google bisa secara langsung menjawab pertanyaan dari pengguna dengan balasan berupa suara jawaban.

 

Sangat ironis sekali,, bagaimana nasip blogger?? Apakah pengguna internet masih rela menunjungi situs blog untuk membaca artikel?.. bukan tidak mungkin akibat fitur Search Voice ini akan menyebabkan pengguna perlahan melupakan pengetikan kata kunci.

 

 

Video Akan Mengalahkan Tulisan dan Gambar

Jika sebelumnya konten yang tidak memiliki gambar ditinggalkan dan pengguna beralih memilih konten dengan gambar,,. Saat ini mungkin konten gambar akan bernasip sama dengan konten yang hanya berisi tulisan.Akibat perkembangan internet saat ini pengguna lebih tertarik untuk membuka konten video dibandingkan harus membaca.youtube

Faktanya video akan jauh lebih real (nyata) bila dibandingkan dengan tulisan. Kemudian semakin murahnya biaya data internet saat ini,, bukan tidak mungkin jika konten tulisan dan gambar dianggap tidak menarik.

 

Untuk sekedar tulisan website, memang sebuah post yang didukung dengan video dan gambar akan lebih dipertimbangkan oleh Google. Bahkan mereka bisa mendapatkan keuntungan dari dua sudut, yaitu blogger dan youtube.

 

Contoh yang paling masuk akal.,,,

..,, saat ini orang lebih suka mengetikan pencarian pada youtube dibandingkan search engine. Saya sendiri pun merasakan hal yang sama, untuk mencari informasi saat ini memang di youtube jauh lebih mudah.

 

 

Artikel Panjang Apa Masih Bisa Bertahan

Ini adalah studi kasus yang saya lakukan pada search engine.. , saya mengetikan beberapa kata kunci umum (sort tail keywords), tapi apa? ..,Justru yang berada pada halaman pertama adalah tulisan yang hanya memiliki lebih kurang 400 kata.tulisan pendek

Karena saya masih penasaran saya terus mencobanya.,, tapi memang benar bahwa tulisan pendek yang memiliki kepadatan kata kunci malah terlihat bagus. Memang secara pribadi saya lebih suka membaca tulisan pendek tapi padat.

 

Kemudian pertanyaan saya, Apakah Long Content akan mulai ditinggalkan?., jika benar demikian ini akan menjadi bencana bagi para blogger. Pasti yang bisa memenangkan persaingan pada pencaian adalah mereka yang benar-benar paham akan SEO.

 

Berdasarkan beberapa uraian di atas lantas membuat anda berfikir sama dengan saya?. Apakah eksistensi blogger akan mulai dilupakan?. . ,,jika benar begitu maka kita harus menepukan solusi terbaik untuk masalah ini.

 

Dalam khasus ini saya sendiri sudah mulai berfikir lebih maju untuk berjaga-jaga dengan membuat blog ini. Saya mulai belajar menggunakan blog self hosting dan mulai membuat beberapa tulisan seputar website.

 

2 thoughts on “Ancaman SEO Terhadap Eksistensi Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *