ayam aduan birma

Ayam Aduan Birma : Sejarah, Ciri Asli dan Kelebihannya

Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas berbagai jenis ayam aduan terkuat yang tidak perlu diragukan kemampuannya. Nah salah satu ayam yang paling sering digunakan atau dipakai untuk ajang laga ayam adalah jenis ayam aduan birma.

Bagi sebagian penggemar ayam aduan tentu sudah banyak yang mengetahui ras ayam ini. Akan tetapi bagi sobat yang masih pemula pasti sedikit bingung dengan ayam birma atau burma ini.

Penjelasan seputar ayam birma memang sudah banyak yang membahasnya, namun sebagian tidak begitu lengkap. Jadi kali ini kita akan mengulas materi ayam aduan birma secara detail dan mendalam agar sobat tidak lagi bingung jika ditanya soal jenis ayam laga yang satu ini.

Memang tidak bisa dipungkiri kalau untuk mengenali ciri ayam birma asli atau ori tidaklah mudah. Maka dari itu perlu adanya pengetahuan dan pemahaman supaya lebih akurat.

 

Daftar isi

Sejarah Ayam Birma

Ayam Burma merupakan jenis ayam yang berasal dari Myanmar atau yang biasa dikenal dengan Negeri burma. Tidak jauh berbeda dengan Indonesia, di sana juga banyak sekali penggemar sabung ayam. Namun yang menjadi perbedaan ialah di Myanmar sabung ayam di legalkan.

Pada awalnya ayam burma dijadikan sebagai ayam laga karena teknik bertarung yang ganas dan agresif. Bahkan sampai dijuluki sebagai ayam pembasmi setan. Meski ayam tersebut berasal dari Myanmar, namun sangat populer di Negara Thailand yang memang telah menjadi pusat ayam laga.

Perkembangan ayam birma di indonesia mulai populer sejak tahun 2011. Ayam birma atau burma ini mulai banyak dipakai oleh penggiat sabung ayam, sehingga semakin lama mulai banyak peminatnya.

Ayam birma memiliki banyak kelebihan, mulai dari ciri fisik hingga teknik ayam ini cukup bagus. Tapi di sisi lain ayam birma juga memiliki satu kekurangan yaitu ukuran tubuh yang kecil. Hal ini menyebabkan kesulitan untuk menemukan lawan di arena.

 

Ciri Ayam Birma

Untuk mengetahui ciri fisik ayam birma asli memang tidak mudah. Dari sebagian besar jenis ayam aduan, memang ayam trah burma paling signifikan memiliki perbedaan. Berikut beberapa karakter ayam birma asli yang perlu sobat ketahui:ciri ayam birma asli F1

1. Bentuk Badan

Ukuran ayam aduan memang menjadi bagian yang paling diperhatikan oleh penggemar sabung ayam. Dibandingkan ayam bangkok dan ayam aduan lainnya, trah birma memiliki bentuk badan yang paling kecil.

Berat badan ayam birma hanya 2-3 kilogram saja, Jadi bisa dibilang sangat kecil dan bentuk tulangan yang begitu tipis. Oleh karena itu ayam ini hanya bisa dilawan oleh ayam birma juga, atau dengan ayam aduan dengan ukuran yang setara.

 

2. Penampilan Muka

Secara umum ayam birma memiliki bentuk kepala yang kecil, penampilan muka yang menjadi ciri khas ialah wajah terlihat lurus dan sejajar. Bagi botoh yang sudah berpengalaman pasti bisa langsung mengetahui ciri ayam burma dengan melihat penampilan muka.

 

3. Mata Ayam Birma

Apabila dilihat sekilas, bentuk mata ayam myanmar sama saja dengan ayam kampung asli indonesia. Memang pada dasarnya ayam ini juga merupakan ayam lokal di negara tersebut.

Karakter yang paling mengesankan dari ayam ini ialah mempunyai mata yang terkesan terang. Biasanya dia berwarna kuning cerah, merah dan orange.

 

4. Bentuk Kaki

Kaki memang menjadi senjata pamungkas bagi semua ayam aduan. Bentuk kaki pada ayam birma lebih kecil dan memiliki jari yang pendek. Kemudian penampakan terlihat kering dan seperti ayam yang sudah tua.

Dengan kaki yang seperti ini dia mampu bergerak cepat dan melakukan pukulan yang tak kenal ampun kepada lawan.kaki ayam birma

 

5. Bentuk Jengger

Pada dasarnya ayam birma asli mempunyai jengger tegak dan lebih lebar. Bisa dilihat penampilan jengger mirip sekali dengan ayam kate.

Nah kemudian apabila sobat melihat ayam ini namun tidak memiliki jengger tegak, bisa jadi itu merupakan hasil persilangan ayam burma.

 

6. Warna Bulu

Ciri ayam birma asli bisa dilihat dari warna bulu. Sebagian besar berwarna merah, kelabu dan cokelat. Namun warna yang paling dominan ialah merah.

Bulu ayam birma terlihat tipis dan tidak terlalu tebal layaknya ayam bangkok.

 

7. Teknik Bertarung

Teknik bertarung menjadi bagian yang patut diperhitungkan pada saat memilih ayam aduan. Ayam birma adalah ayam dengan gaya bertarung menyerang.

Keunggulan ayam ini terletak pada pertarungan menyerang. Gaya serangan meranggal menjadi senjata andalan untuk menumbangkan lawan.

 

Jenis Ayam Birma

Ada berbagai jenis ayam birma yang dapat digunakan untuk sabung ayam, berikut ini macam-macamnya:

1. Ayam Birma Asli F1

Ayam Birma asli atau dikenal dengan kualitas super adalah kelas yang paling atas. Ayam ini memiliki sifat asli dari ras ayam burma.

Untuk memperoleh ayam birma kualitas unggul kita perlu membelinya langsung dengan cara ekspor dari peternak ayam di myanmar.

 

2. Birma Atret

Ayam ini memiliki skill yang menawan pada saat bertanding. Jenis atret memiliki ciri khas yang mewakili gaya ayam burma asli.

Ayam ini mampu melesatkan pukulan yang akurat dan membabi buta.

 

3. Birma Mabin

Jenis ayam mabin merupakan keturunan ayam yang berasal dari berbagai darah, namun dia cenderung seperti ayam birma.

Jika biasanya ayam burma dominan berwarna merah, jenis ini berwarna lebih bervariasi.

 

4. Birma Rambong

Bentuk badan yang tegap adalah keunggulan dari birma rambong. Karena itu ayam tersebut mempunyai pukulan yang mematikan. Selain itu jenis yang satu ini lebih tahan terhadap pukulan.

Akan tetapi ayam ini sedikit lebih pendek sehingga sulit sekali menentukan lawan yang sepadan di arena.

 

5. Birma Brasil

Ayam aduan brazil menjadi salah satu ayam laga yang bagus. Meskipun di indonesia jarang dipakai, namun pecinta ayam luar negeri banyak yang menyukainya.

Birma brasil merupakan keturunan hasil persilangan antara ayam birma dengan ayam brazilian. Gaya unggulan yang dimiliki adalah teknik bertarung kuda lari.

 

6. Birma Gostan

Tidak bisa dibantah apabila warna pada bulu ayam aduan birma memiliki makna. Contohnya ayam birma gostan yang memiliki warna jalak atau wido.

Sebabnya punya warna yang berbeda dan teknik yang berbeda pula. Jenis gostan bertubuh kecil dan lebih gesit menyerang musuh.

 

7. Birma Malow

Ciri ayam birma malow bisa dikenali dari warna bulu, yaitu cenderung berwarna wangkas dan kelabu. Selain itu ayam ini juga memiliki gaya bertarung yang bervariasi.

Kemudian pada saat melakukan serangan dia tidak perlu mematuk. Jadi dengan kata lain termasuk ayam tipe perangal.

 

8. Birma Kradungton

Jenis kradungton ini memiliki sebutan lain ayam kucing emas. Memang dilihat dari julukannya saja sedikit unik.

Ayam ini mampu memberikan pukulan KO yang dapat mengejutkan lawan. Nah biasanya pukulan kejutan justru dapat membuat lawan kaget sehingga lari ketakutan.

 

9. Birma Mabuk

Tentu sobat pernah melihat pertarungan ayam birma yang hanya lari berputar-putar. Nah ini adalah ciri dari ayam birma mabuk.

Biasanya dia akan lari ketakutan, pada dasarnya itu adalah usaha untuk mencari celah. Setelah lawan lengah dia dapat berbalik memberikan pukulan.

 

10. Birma Mata Katak

Sesuai dengan julukanya, ayam mata katak memiliki bentuk mata seperti hewan amfibi katak. Terdapat bercak-bercak pada bagian bola mata ayam.

Keunggulan dari jenis ini ialah mampu beradaptasi dengan gaya bertarung musuh. Dengan demikian dia bisa mencari kelemahan musuh.

 

Kelebihan Ayam Birma

Seperti yang kita tahu bahwa banyak sekali orang yang memelihara ayam birma karena kelebihannya. Jadi bisa dibilang ayam aduan yang satu ini begitu populer. Berikut beberapa kelebihan ayam ras burma:

  • Memiliki gaya bertarung yang super gesit dan agresif.
  • Ayam ini mampu memukul tanpa mematuk lawan.
  • Juga kaya teknik seperti solah, meranggal, pukulan bertubi-tubi.
  • Pukulan ayam birma cukup akurat ke bagian vital musuh.
  • Sangat cocok sekali sebagai ayam aduan jalu.

 

Kekurangan Ayam Birma

Tentu saja setiap ayam laga pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangan, begitupun dengan ayam aduan birma. Berikut beberapa kekurangannya:

  • Ukuran tubuh tidak lebih dari 3kg, jadi ayam ini begitu kecil.
  • Dari segi stamina ayam ini lemah, kemudian tidak begitu tahan terkena pukulan.
  • Sangat tidak cocok untuk pertarungan dengan durasi lama.
  • Sulit untuk menemukan lawan yang sepadan di arena.

Baca: Ayam Aduan Brakot | Ciri, Keunikan dan Kelebihannya

 

Ayam aduan birma memang memiliki teknik bertarung yang berkualitas. Ayam ini juga pernah berulang kali menjadi pemenang di Thailand dimana pusat sabung ayam berada. Untuk mengenali ciri fisik ayam birma asli memang tidak mudah, semoga tulisan ini dapat menjadi referensi.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *