Ayam Aduan Kurus dan Susah Gemuk

Ayam Aduan Kurus dan Susah Gemuk? Ini Penyebabnya

Ketika membudidayakan ayam bangkok memang ada banyak sekali kendala. Permasalahan ayam aduan kurus dan susah gemuk memang kerap kali terjadi. Hal ini pasti membuat peternak merasa kewalahan, bahkan sudah berbagai cara dilakukan tapi tak kunjung berhasil.

Ayam bangkok aduan dituntut mempunyai bentuk tubuh ideal. Dengan postur yang sesuai ayam dapat bergerak leluasa saat bertanding di arena. Ayam aduan yang terlalu kurus tentu tidak mampu menahan serangan musuh yang begitu kuat.

Apakah anda juga mengalami permasalahan yang sama? Anda sudah memberikan makanan bergizi, perawatan dan vitamin yang cukup, tapi ayam aduan tetap saja kurus.

Ayam aduan susah gemuk secara umum dipengaruhi oleh beberapa faktor. Jadi untuk mengatasi masalah ini kita wajib tahu apa penyebabnya. Berikut beberapa penyebab ayam aduan kurus serta cara mengatasinya:

1. Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan adalah penyebab utama kenapa ayam aduan menjadi kurus dan susah gemuk. Penyakit cacingan ini disebabkan oleh cacing yang mengganggu sistem kerja pencernaan.

Makanan yang dikonsumsi oleh ayam yang terkena cacingan tidak dapat diserap sepenuhnya oleh tubuh. Jadi tidak heran bila ayam terinfeksi penyakit ini akan kurus.

Ciri ayam cacingan:

  • Nafsu makan menurun
  • Ayam mendadak menjadi kurus
  • Bulu ayam menjadi kusam
  • Pertumbuhan menjadi sangat lambat.

Cara mengatasi penyakit ini bisa dilakukan dengan memberikan obat cacing, baik obat alami maupun obat kimia. Metode alami yang bisa dicoba yaitu dengan menggunakan buah pinang.

2. Makanan Tidak Sesuai

Kemudian salah satu penyebab ayam aduan kurus yaitu karena pemberian pakan yang tidak sesuai. Ayam bangkok aduan berbeda dengan jenis ayam lainnya, dari segi pakan ayam bangkok memerlukan makanan yang bermutu tinggi.

Ayam aduan membutuhkan tambahan gizi agar ketika berlaga bisa bertahan dalam waktu lama. Peran pakan sangatlah penting dan harus benar-benar diperhatikan, bila perlu buat pakan racikan yang berkualitas.

Beberapa makanan yang bagus diberikan diantaranya adalah jagung, beras merah, nasi putih, konsentrat, sayuran dan kombinasi pakan lainnya.

3. Darah Keturunan

Pada dasarnya setiap ayam mempunyai ukuran yang berbeda-beda, postur tubuh sangat dipengaruhi oleh faktor keturunan. Jadi apabila ayam aduan kesayangan anda kurus, mungkin ini salah satu penyebabnya,

Sebagai contoh, induk ayam dan jago pejantan kurus, bisa jadi anak-anak yang dihasilkan juga akan sama.

Sebaiknya pilih induk dan jago yang sesuai ketika ingin mengawinkan ayam supaya hasilnya bagus. Gen keturunan memiliki pengaruh yang kuat terhadap ciri fisik, gaya bertarung dan mental ayam aduan.

4. Ayam Terlalu Aktif Bergerak

Ayam susah gemuk bisa juga dikarenakan ayam terlalu aktif bergerak. Akibat terlalu banyak bergerak lemak yang membantu proses penggemukan akan habis terkuras.

Maka tidak heran kalau banyak peternak yang lebih suka memasukkan ayam ke dalam kandang bok ketika proses penggemukan.

Apalagi untuk ayam lancuran atau ayam muda, bila ditempatkan di dalam kandang dan diberi pakan secara teratur rasanya lebih cepat besar. Sangat berbeda dengan ayam yang dilepas di halaman.

5. Karena Ayam Dikawinkan

Mungkin sobat sering bingung kenapa ayam aduan yang hidup diluar kandang mendadak kurus. Anda harus tahu, ketika ayam hidup bebas, tidak jarang mereka melakukan perkawinan.

Proses perkawinan ini bisa memicu penurunan berat badan, terutama ayam pejantan. Terlebih lagi bila ayam jago masih berusia muda, jelas dampaknya bisa terlihat jelas.

Sebabnya sebagian besar botoh tidak melakukan proses perkawinan untuk ayam aduan yang sering dibawa ke arena. Bukan hanya jadi kurus, perkawinan juga bisa menurunkan kualitas tempur ayam bangkok.

6. Struktur Tulang

Secara umum ada dua macam struktur tulang pada ayam aduan yang lumrah dikenali para pecinta ayam laga. Meskipun pendapat ini masih pro kontra, tapi ini bisa dijadikan sebagai dasar kenapa ayam aduan susah gemuk.

Ayam dengan struktur tulang kecil tidak bisa atau susah gemuk, karena memang bawaan lahiriah ayam. Untuk mengetahui struktur tulang ini dapat dilakukan dengan melihat bagian kaki ayam. Bila kaki ayam merit (berukuran kecil) maka bisa disebut dengan tulang kecil.

7. Ayam Pernah Mengalami Cidera

Kemudian penyebab yang terakhir kenapa ayam aduan susah gemuk yaitu dikarenakan pernah mengalami cedera. Tidak bisa dipungkiri bila ayam yang cacat pertumbuhannya akan terhambat.

Sebagai contoh, anak ayam yang sewaktu kecil pernah terluka atau pernah patah tulang. Akibatnya ayam tidak bisa tumbuh secara optimal dan ketika dewasa pun ukuran ayam tidak banyak bertambah.

Baca Juga: 10 Rahasia Membuat Ayam Aduan Ganas dan Agresif

 

Pasti sobat botoh sekalian pernah mengalami masalah ayam aduan kurus dan susah gemuk ini. Hal ini dapat menjadi sebuah penghambat ketika memelihara ayam bangkok. Kami akhri pembahasan singkat ini, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *