ayam bangkok blorok

Ayam Bangkok Blorok :Ciri, Mitos dan Kelebihannya

Ayam bangkok aduan dengan warna blorok memang termasuk yang populer dan banyak disukai oleh pecinta ayam. Warna bulu ayam yang satu ini cukup unik dengan ciri khas yang menarik, kemudian juga memiliki kemampuan yang bagus saat bertanding.

Para penggemar ayam aduan menganggap bahwa ayam blorok mempunyai banyak keunggulan. Fakta di lapangan pun membuktikan dimana tidak sedikit ayam bangkok warna blorok sering menjadi juara.

Bila kita berbicara soal mitos katuranggan, warna bulu menjadi salah satu yang paling fenomenal untuk memahami ciri fisik ayam aduan yang berkualitas. Maka tidaklah heran apabila ingin memilih ayam jago kita perlu mempertimbangkan warna bulu.

 

Mengenal Ayam Bangkok Blorok

Banyak dari kita yang terpikat saat melihat warna bulu pada ayam tersebut. Pertama karena keunikan, lalu karena banyak yang bilang bahwa ayam ini punya sisi mistis dan mitos akan kelebihannya. Kemudian banyak pula botoh yang memelihara ayam blorok untuk diadu ataupun sebagai koleksi.

Ada beberapa jenis ayam blorok dengan penampilan yang mempunyai perbedaan. Pertama ayam bangkok blorok hitam putih adalah yang paling mudah ditemukan. Secara umum ayam tersebut memiliki kombinasi blorok atau trotol berwarna putih dan hitam.ayam bangkok blorok madu

Selanjutnya ayam blorok madu, yaitu mempunyai kombinasi warna yang menawan dan indah. Akan tetapi saat ini warna blorok madu bisa dibilang langka sehingga sulit ditemukan.

Semakin tembus warna bulu yang dimiliki oleh ayam maka semakin bagus pula kemampuannya, Begitupun bagi ayam jago blorok. Kemudian sobat harus bisa membedakan antara ayam blorok dan jali, pasalnya banyak dari kita yang sering salah memahaminya. Perbedaan yang paling terlihat pada ayam jali ialah pola bulu berbentuk garis dan sedangkan blorok berbentuk trotol.

 

Mitos Ayam Jago Blorok

Hobi sabung ayam tidak terlepas dari mitos dan hal-hal ghoib sehingga memunculkan berbagai pendapat yang beragam. Dipercaya bahwa ayam bangkok blorok mempunyai kelebihan dalam pukulan mematikan, selain itu dia juga memiliki wibawa yang tinggi.ayam blorok hitam putih

Bisa dibilang kalau ayam ini termasuk ayam kelas atas yang cukup populer. Bahkan ayam ini banyak dibudidayakan di negara Thailand yang perkembangan sabung ayam cukup maju. Kemudian untuk ayam bangkok blorok madu sekarang ini menjadi incaran karena banyak yang yakin bila ayam ini bisa membawa keberuntungan bagi sang pemilik.

 

Ciri Ayam Aduan Blorok

  • Dilihat dari ciri fisik ayam blorok tidak jauh berbeda dengan ayam bangkok pada umumnya.
  • Ciri yang paling nyata dari ayam ini adalah pada warna bulu yang mempunyai kombinasi trotol.
  • Untuk ayam blorok hitam putih biasanya memiliki warna dasar hitam kemudian dengan trotol bulu putih, dan sebaliknya.
  • Kemudian untuk blorok madu lebih cenderung memiliki trotol dengan perpaduan warna kuning jagung.
  • Biasanya kombinasi warna antara bulu, kaki, mata dan paruh sama atau dikatakan nyambung.
  • Memiliki ciri khas gaya bertarung tenang (full kontrol) dengan pukulan yang akurat mengarah pada bagian vital lawan.

 

Kelebihan Ayam Aduan Blorok

  • Warna bulu unik sehingga banyak orang yang menyukainya.
  • Ayam ini tergolong kelas atas dan diyakini mempunyai mitos katuranggan.
  • Ayam petarung yang tenang namun pasti dalam memukul dan mengantisipasi serangan lawan.
  • Memiliki mental juara sehingga tak jarang ayam ini menjadi pemenang kontes ayam laga.
  • Dipercaya apabila kita memelihara ayam blorok madu maka bisa menghalangi penyakit dan virus yang kemungkinan menyerang kandang ternak.

 

Kekurangan Ayam Bangkok Blorok Madu

  • Sebagian besar botoh sering mengeluh dengan kualitas stamina yang dimiliki oleh ayam blorok.
  • Ayam jarang bisa bertanding dengan durasi yang lama.
  • Mempunyai banyak pantangan saat memilih melawan ayam dengan warna bulu yang tidak sesuai primbon.

Baca: Ayam Bangkok Hitam : Mitos, Ciri, Kelebihan serta Kekurangan

 

Bicara soal ayam bangkok blorok memang sangat menyenangkan, pasalnya ayam ini mempunyai banyak sekali kelebihan. Nah apakah sobat juga suka dengan warna bulu ayam yang satu ini? jika demikian silahkan berikan tanggapan pada kolom komentar.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *