ayam bangkok f1 asli super

Ciri Ayam Bangkok F1 Super Berkualitas

Bagi penggemar ayam laga masih banyak yang kurang paham mengenai ayam bangkok F1 yang unggul ini. Dalam hal menilai kualitas ayam memang dibutuhkan kemampuan dan pemahaman khusus.

Bahkan banyak pula dijumpai penjual ayam bangkok yang mengaku bahwa ayam yang dijual adalah F1, padahal tidak. Seperti yang kita tahu bahwa untuk menemukan di Indonesia ayam bangkok F1 sangat tidak mudah. Bahkan sebagian besar ayam sudah memiliki darah campuran.

Maka dari itu ketika ingin membeli ayam sebaiknya sobat bisa mengenali ciri dan karakter ayam yang bagus. Rasanya akan percuma jika sudah membeli mahal tapi ternyata hanya ayam bangkok biasa.

 

Lalu Apa yang Dimaksud Ayam Bangkok F1?

F1 adalah istilah yang sering digunakan dalam bahasa buku ternak yang memiliki arti keturunan pertama atau turunan asli.

Sebagai contoh, ada seorang peternak yang memiliki induk dan jago ayam bangkok asli dari Thailand, kemudian dia membudidayakan sehingga menghasilkan keturunan.

Jadi untuk keturunan yang pertama bisa disebut dengan F1 (filial).

Apabila anak keturunan kemudian dikawinkan lagi dengan ayam lainnya maka menghasilkan f2 dan seterusnya.

Maka dari itu sobat perlu tahu ini, bahkan sebagian dari kita banyak yang tidak mengetahui ilmu dasar untuk mengenali darah keturunan ayam.

 

Perubahan Status Ayam Bangkok F1

Kemudian sobat perlu memahami bahwa status F1 bisa berubah. Jadi apabila dua ayam F1 dikawinkan maka akan menghasilkan F2.

Nah lalu, misal sobat membeli anak ayam F1 secara impor lalu di ternak sendiri maka statusnya pun akan berubah. Ayam yang tadinya F1 akan berganti status menjadi P (induk), kemudian untuk keturunan pertama bisa disebut dengan F1 dan seterusnya.

Memang pada dasarnya untuk istilah ini statusnya bisa berubah sesuai dengan induk dan jago yang di gunakan. Jadi kesimpulannya ayam F1 adalah keturunan pertama.

 

Lalu Bagaimana F1 yang Ada Di Indonesia

Ini tentu berbeda lagi dan memiliki cakupan lebih luas. Faktanya pemahaman F1 di indonesia sering dipakai untuk menyebut keturunan pertama dari ayam juara.

Misal si budi adalah peternak ayam bangkok yang memiliki ayam juara, lalu dia ingin menjual keturunan pertama dari ayam tersebut. Maka bisa diartikan bahwa anak pertama disebut sebagai ayam bangkok F1.

Jadi jangan salah, tidak semua yang dikatakan F1 adalah ayam bangkok import, istilah ini hanya digunakan untuk menyebut dara keturunan. Namun pada dasarnya ayam F1 tetap merujuk pada ayam bangkok import dari Thailand,

 

Ciri Ayam Bangkok F1 Asli Super

Untuk mengenali perbedaan ayam bangkok F1 dengan hasil persilangan butuh ketelitian yang mendalam. Berikut beberapa cara untuk mengenali ayam F1 asli:

1  Warna Bulu

Warna bulu bisa menjadi tolak ukur yang paling sederhana untuk mengetahui ciri ayam bangkok F1. Pasalnya bulu ayam bangkok asli berbeda dengan ayam lokal yang sudah hasil dari persilangan.

Walaupun warana bulu pada ayam jago impor dan lokal tidak jauh berbeda, namun terdapat ciri spesifik untuk membedakannya. Ayam jago import secara umum mempunyai bulu dasar berwarna kuning di balik bulu utama.

Jadi apabila ayam memiliki warna merah, sobat bisa membelah dan melihat lapisan bulu dalam pada ayam. Jika warna kulit dan bulu dasar agak kekuningan maka bisa disebut asli.

 

2. Bentuk Tulang

Struktur tulang pada ayam bangkok menjadi bagian penting karena berpengaruh pada kualitas, baik itu mental dan teknik bertarung.

Ayam jago F1 mempunyai susunan tulang yang rapat dan kuat. Kemudian bila dipegang akan terasa bulat seperti botol, sedangkan ayam lokal banyak yang beronggal terutama pada bagian tulang di bawah perut.

Struktur tulang ayam bangkok yang bagus

  • Kondisi tulang bagus dan tidak ada yang menonjol.
  • Pada sambungan leher tulang lebih rapat.
  • Tulang bagian bahu, leher dan kepala tidak renggang.
  • Mempunyai sayap panjang dan lebar.

 

3. Mental Ayam Bangkok

Selanjutnya sobat bisa mengamati mental ayam dengan cara berlatih bertarung. Kualitas mental dan keberanian ayam Thailand asli memang tidak perlu diragukan lagi, dia akan bertarung meskipun mempertaruhkan nyawa.

Cobalah untuk melakukan abar hingga dua ronde, apabila ayam tidak lari dalam kurun waktu tersebut maka bisa dikatakan kualitas mental ayam sangat baik.

 

4. Teknik Bertarung

Tentu saja setiap ayam punya teknik dan gaya yang berbeda, mereka memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Namun perlu sobat pahami bila sebagian besar ayam bangkok F1 diunggulkan dengan teknik kontrol yang rapi.

Memiliki pukulan yang akurat dan tidak sembarangan melesatkan pukulan kepada lawan. Jadi bisa dikatakan gerakan ayam cukup efektif dan efisien saat berhadapan dengan musuh.

 

Harga Ayam Bangkok f1

Bagi sobat yang ingin memelihara dan membudidayakan ayam bangkok kualitas unggul harus tahu hargnya. Biasa dikatakan hara untuk ayam kualitas utama ini sangat mahal, apalagi bila sobat membelinya langsung dengan cara impor.

  • Harga ayam jago (bahan) F1 antara 1.000.000 s/d 1.500.000
  • Harga ayam betina F1 antara 500.000 s/d 700.000
  • Harga anak ayam F1 antara 200.000 s/d 400.000

 

Tips Membeli Ayam Bangkok F1 Asli

Banyak dari kita yang sering tertipu ketika membeli ayam bangkok asli keturunan pertama ini. Maka dari itu kita harus lebih hati-hati dan cerdas. Berikut beberapa tips dari kami:

  • Jangan langsung tergiur dengan promosi penjual yang berkata bahwa ayam yang dijual berkualitas.
  • Sebaiknya membeli ayam kepada orang yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.
  • Untuk pembelian online sebaiknya meminta video terlebih dahulu.
  • Melakukan pertimbangan harga sesuai dengan kualitas ayam jago.
  • Lebih baik sobat membeli langsung dengan mengunjungi kandang peternakan untuk meminimalkan resiko.

Baca: Mau Bisnis Ayam? Berikut Cara Pemasaran Ayam Bangkok Efektif

 

Pengetahuan dalam mengetahui ciri dan kualitas ayam bangkok asli F1 memang sangat dibutuhkan. Apalagi bila anda adalah penggemar ayam dan pengkoleksi ayam laga.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *