ayam bangkok jalak wido

Ayam Bangkok Jalak : Ciri, Jenis dan Kelebihan

Ayam bangkok wido atau jalak memang menjadi salah satu yang disukai oleh para penggemar ayam aduan. Ada bermacam warna bulu ayam yang cukup populer dan dijadikan pilihan.

Tentu saja, setiap warna pada bulu ayam memang menjadi ciri khas yang patut diperhitungkan. Selain itu warna ayam juga memiliki berbagai mitos dan ternyata dipercaya punya kelebihan.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar ayam bangkok wido jalak yang kerap diperbincangkan.

 

Ciri Ayam Bangkok Wido Jalak

Untuk mengenali karakter ayam jalak tidak terlalu sulit bila dibandingkan jenis warna lainnya. Berikut ciri-ciri ayam bangkok jalak:ciri ayam jalak

  • Secara umum warna utama ayam jalak adalah hitam dengan warna rawis yang berbeda.
  • Kemudian untuk warna rawis bisa berwarna putih (jalak putih) ataupun berwarna emas (jalak emas).
  • Memiliki jengger tigan, yaitu berbentuk kecil dan menguncup.
  • Lalu warna mata sangat jernih dan sesuai dengan warna rawis.
  • Biasanya ayam jalak mempunyai warna tembus, yakni mulai dari rawis, mata, paruh dan kaki.
  • Mempunyai tipe jalu cantel yang mematikan.

 

Jenis Ayam Wido Jalak

Bagi sobat yang tidak terlalu paham dengan warna jalak tentu akan sulit mengenali ayam ini. Ayam jalak terdiri dari dua jenis, yaitu:

Ayam jalak putih, memiliki warna dasar hitam dengan bulu rawis putih agak hijau. Jenis ini tidak terlalu populer dan sebagian orang malah menganggapnya ayam kampung.jenis ayam aduan jalak

Ayam jalak emas, memiliki warna dasar hitam dengan rawis emas. Biasanya pada bagian paruh, mata dan kaki memiliki warna yang sama yaitu kuning keemasan sehingga disebut ayam bangkok jalak emas tembus.

 

Kelebihan Ayam Bangkok Jalak Wido

Katuranggan jalak memang menyimpan sejuta misteri. Sebagian botoh kerap meremehkan ayam yang satu ini, akan tetapi banyak pula yang menyeganinya. Berikut beberapa kelebihan ayam jalak:

  • Ayam ini diyakini memiliki kemampuan tersembunyi, tidak jarang dia awalnya terlihat kalah dan kemudian bangkit lalu memenangkan pertandingan.
  • Dari segi fisik memang banyak sekali ayam kampung berwarna jalak, tapi jangan salah. Meskipun begitu di Thailand ada banyak sekali ayam dengan warna tersebut yang jadi juara.
  • Keunggulan yang paling terlihat dari ayam ini ialah kekuatan dan stamina yang bagus. Dia bisa bertahan pada durasi pertarungan yang lama.
  • Selain itu ayam aduan wido biasanya memiliki mental yang kuat. Dia tidak takut kepada lawan saat sudah bertarung, bahkan dia rela mati daripada harus kalah.

 

Baca: Ayam Bangkok Blorok :Ciri, Mitos dan Kelebihannya

Ayam bangkok wido atau jalak memang kurang populer, akan tetapi sobat jangan meremehkan kekuatannya. Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua ayam dengan katuranggan yang dianggap tidak bagus itu mainnya buruk. Justru kita harus waspada kepada setiap lawan yang sudah di bawa ke arena.

Orang yang sudah berani membawa ayam ke gelanggang tentu mereka sudah yakin dengan kemampuan yang dimiliki oleh ayam jago. Nah bagi sobat yang memelihara ayam jalak jangan ragu, bagian terpenting dalam merawat ayam ialah pola latihan. Jadi bukan tidak mungkin ayam jago kesayangan bisa menjadi juara.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *