Ayam Bangkok Magon Sebagai Aduan Super Istimewa

Ayam Bangkok Magon Sebagai Petarung Super Istimewa

Ayam bangkok magon tentu bukanlah sesuatu yang baru bagi penggemar ayam aduan. Pasalnya jenis ayam petarung yang satu ini belakangan ini semakin populer saja dan makin banyak peminatnya. Bahkan ras ayam magon termasuk kedalam ras ayam aduan modern.

Tentu saja bagi sobat yang belum tahu mengenai ayam ini pasti akan penasaran. Seperti ayam pakhoy, ternyata magon juga salah satu hasil perkawinan silang dari dua jenis ayam yang berbeda. Oke, tahan dulu, karena kali ini kita akan membahasnya secara detail dan mendalam mulai dari asal-usul, karakteristik hingga kelebihan dan kekurangan ayam bangkok magon.

 

Kilas Balik Sejarah Ayam Magon

Bila kita bicara sejarah mengenai ayam magon maka kita harus tahu dulu asal-muasal ayam ini. Memang ayam ini baru populer belakangan ini sehingga masih banyak yang belum tahu. Bahkan sebagian penggemar ayam laga masih berdebat soal asal mula ayam magon.

Sobat harus tahu, Ayam bangkok magon adalah ayam yang dihasilkan dari dua spesies ayam aduan yang berbeda, yaitu ayam burma dengan ayam saigon.

Ayam Aduan Birma

Ayam birma adalah ayam kampung asli dari Negara Myanmar yang mempunyai kelincahan dalam pertarungan. Kemampuan bertarung ayam ini sanggup mengimbangi ayam bangkok thailand. Selain itu memiliki banyak nama untuk dikenal yaitu ayam birma, pama, burma. Dari negara asalnya ayam birma dijuluki sebagai ayam penumpas setan. Kepopuleran ayam birma ternyata juga sampai ke Indonesia dan banyak botoh yang suka dengan teknik bertarung yang brutal dari ayam ini.

Ayam Aduan Saigon

Ayam saigon berasal dari Negara Vietnam, dengan ciri khas gundul. Ciri fisik yang paling menonjol dari ayam saigon ialah pada bagian leher tidak ditumbuhi oleh bulu. Ayam ini umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ayam birma. Selain itu mempunyai pertahanan terkuat sebagai ayam aduan, artinya saat tahan pukulan dan mempunyai stamina yang bagus.sejarah ayam magon

Ayam bangkok magon merupakan hasil persilangan dari kedua ayam di atas. Sehingga dia memiliki gabungan sifat dan karakter dari ayam birma dan saigon. Walaupun pada awalnya usaha budidaya persilangan ini memerlukan waktu yang panjang, namun akhir-akhir ini hasilnya sudah terbukti. Pasalnya sudah tak sedikit penggemar ayam yang mulai tertarik dengan ayam bangkok magon.

 

Ciri-ciri Ayam Bangkok Magon

Ciri ayam magon secara umum hampir mirip dengan ayam bangkok Thailand, namun secara spesifik tentu berbeda.Berikut beberapa ciri khas ayam jago magon:

Ukuran Tubuh

Bentuk tubuh ayam magon bisa dibilang ideal, hal ini karena dia mewarisi dua trah ayam aduan yakni birma dan saigon. Seperti yang kita tahu bahwa ayam birma memiliki tubuh yang sangat kecil, sedangkan ayam saigon sangat jumbo.

Berat Badan

Jika ayam burma hanya memiliki berat badan paling besar yaitu 3 kg, maka untuk ayam magon hasil persilangan bisa mencapai 4 kg lebih besar.

Warna Bulu

Ciri warna bulu pada ayam bangkok magon sebenarnya ditentukan oleh faktor keturunan. Jadi secara umum dia akan mewarisi warna dari induk ataupun jago pacek.

Ciri Lainnya

  • Memiliki kepala agak bulat karena dominan mengikuti bentuk kepala ayam saigon.
  • Bentuk kaki tidak pipih seperti ayam bangkok, melainkan berbentuk bulat.
  • Jari kaki sedikit lebih pendek.
  • Kebanyakan ayam magon mempunyai bentuk jengger tegak.

ciri ayam magon asli F1

 

Kelebihan Ayam Aduan Magon

Sesuai dengan tujuan awal budidaya persilangan dua ras ayam laga, tentu saja ayam bangkok magon memiliki kelebihan. Berikut beberapa keistimewaan ayam ini:

  • Turunan dari ayam birma dan saigon tentu saja mewarisi kelebihan dari kedua jenis ayam laga.
  • Bila ayam birma tidak tahan terhadap pukulan, maka kehadiran ayam ini bisa memberikan solusi karena lebih tahan terhadap serangan musuh.
  • Struktur tulang sangat ideal dan hampir menyerupai ayam bangkok asli.
  • Gerakan ayam ini cukup lincah dan agresif, tak jarang membuat lawan kewalahan pada saat bertanding.
  • Kita tahu bila ayam saigon memiliki teknik yang lemah, namun pernyataan itu dapat dibantah dengan kehadiran ayam magon yang memiliki variasi teknik.
  • Secara umum ayam aduan magon memiliki teknik bertarung tipe solah.

kelebihan ayam bangkok magon

 

Kekurangan Ayam Aduan Magon

Sebuah hal yang wajar apabila ayam aduan memiliki sebuah kekurangan. Biasanya kelemahan ayam magon ini dipengaruhi oleh hasil ternak yang kurang berkualitas. Misalnya saja akibat teknik yang diturunkan sang induk dan jago tidak serasi.

Jadi penting sekali pada saat melakukan perkawinan silang antara dua ras ayam aduan yang berbeda harus memperhatikan kecocokan teknik. Tujuannya agar bibit yang dihasilkan tidak cacat teknik. Beberapa kekurangan ayam magon yang gagal diantaranya:

  • Kelemahan yang paling dominan muncul yaitu kurangnya mental.
  • Kadang pula ayam magon memiliki nafas atau stamina yang buruk.
  • Tak jarang terdapat cacat pada keturunan, misal seperti kaki cengkrong, sayap bogang dan kecacatan lainnya.
  • Teknik bertarung tidak sesuai, misalnya ayam hanya bisa memukul dari satu arah saja.

kekurangan ayam aduan magon

 

Kisaran Harga Ayam Magon Terbaru

Kemudian untuk harga ayam bangkok magon cukup bervariasi, jadi tergantung usia, kualitas, dan keaslian ayam. Sobat bisa juga mengecek harga ayam ini di marketplace.

Berikut kisaran harga ayam magon terbaru update 2021:

  • Telur ayam magon Rp. 60.000
  • Anakan ayam pama x magon Rp. 100.000
  • Ayam magon lancuran Rp. 500.000
  • Induk ayam magon Rp. 700.000
  • Ayam bangkok magon F1 atau Asli Rp. 2.500.000

 

Cara Merawat Ayam Magon

Seperti yang kita ketahui bersama bila faktor perawatan dan latihan memiliki peran penting untuk membentuk kualitas ayam aduan. Berikut beberapa cara merawat ayam magon:

Makanan Bermutu

Tidak hanya ayam magon, semua jenis ayam aduan akan berkualitas apabila diberikan pakan yang bermutu. Sobat harus tahu jenis makanan ayam, waktu ransum dan tahu cara membuat racikan pakan yang kaya akan gizi.

Memandikan Ayam

Memandikan ayam secara rutin pada saat pagi hari bermanfaat untuk membuat ayam menjadi lebih segar. Selain itu berguna sekali membentuk otot serta meningkatkan stamina ayam laga supaya ketika bertanding tidak cepat lelah.

Menjemur Ayam

Menjemur adalah lanjutan dari tahap memandikan, dengan cara ini maka ayam jadi lebih fit dan bertenaga. Namun sobat perlu tahu, menjemur ayam tidak boleh terlalu lama, cukup 2-3 jam saja.

Latihan Abar

Latihan abar atau bertarung ini memiliki peran yang vital. Dari latihan ini ayam aduan akan banyak belajar dan mendapatkan pengalaman. Tapi, ketika sobat menerapkan ini, sebaiknya perhatikan durasi latihan supaya ayam tidak cedera.cara merawat ayam magon

Baca: Trik Khusus Melatih Nafas Ayam Bangkok Supaya Tidak Cepat Lelah

Bisa dikatakan bahwa ayam bangkok magon memang menjadi generasi ayam aduan yang super dan istimewa. Setelah membaca pembahasan di atas tentu sobat sudah bisa mengambil beberapa kesimpulan. Maka dari itu jangan sampai salah kaprah saat mengenali ayam aduan pama x magon ini.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *