Ayam Bangkok Putih Kinantan : Ciri dan Keistimewaan

Ayam Bangkok Putih Kinantan – Warna bulu ayam memang menjadi ciri fisik yang penting dalam hal menilai kualitas ayam aduan. Warna juga diyakini mempunyai kelebihan masing-masing.

Dari berbagai warna bulu ayam laga, salah satu yang populer dan banyak disukai ialah warna putih. Sebagian besar botoh menyebut ayam bangkok putih dengan sebutan kinantan.

Akan tetapi tidak semua ayam bangkok putih layak disebut dengan kinantan. Pasalnya terdapat berbagai ciri lain yang menjadi pelengkap sehingga ayam bisa disebut dengan suro kinantan.

Bagi seorang botoh pemula tentu sedikit sulit untuk mengenalinya. Pada kali ini kita akan mengulas secara mendalam untuk dijadikan referensi.

 

Ciri Ayam Bangkok Putih Kinantan

Ayam putih memang sangat banyak, namun tidak semuanya istimewa. Berikut beberapa ciri spesifik yang perlu sobat ketahui:ciri ayam bangkok putih

Warna Bulu

Ayam bangkok yang dijuluki kinantan memiliki warna bulu putih mulus pada seluruh tubuhnya. Ciri ini mewakili katuranggan yang sebenarnya.

 

Kaki ayam

Ayam aduan suro kinantan umumnya mempunyai warna tembus, mulai dari bulu hingga kaki. Warna tersebut tidak lain ialah putih. Kemudian bentuk kaki berukuran lebih besar dan dilengkapi katuranggan.kaki ayam putih

 

Ekor Ayam

Ekor menjadi ciri yang paling mencolok untuk diperhatikan. Ayam bangkok putih kinantan mempunyai dua helai bulu ekor yang panjang. Jadi tidak semua ayam putih mempunyai ekor yang demikian.

 

Mata Ayam

kemudian ciri khas ayam bangkok putih mempunyai mata warna merah raja. Mata tersebut menunjukkan wibawa yang luar biasa.

 

Jalu cantel

Kemudian ayam suro kinantan asli memiliki jenis jalu cantel. Dimana tipe jalu ini paling berbahaya dan ditakuti. Dimana jalu cantel sangat tepat sasaran dan sering mengenai mata.

Baca: Cara Merawat dan Melatih Ayam Bangkok Tipe Jalu

 

Keistimewaan Ayam Bangkok Putih

Berdasarkan berbagai pengalaman pecinta ayam laga, beredar berbagai mitos mengenai katuranggan ayam putih atau suro kinantan. Berikut beberapa kelebihan dan keunikan ayam bangkok putih kinantan:

Termasuk Ayam Suro

Seperti yang kita tahu ada beberapa jenis ayam yang dijuluki ayam suro. Dari segi kemampuan ayam bangkok suro memiliki keistimewaan tersendiri.

Sebagai ayam suro, ciri ayam putih kinantan paling sulit ditemukan. Pasalnya meskipun ada ayam berwarna putih belum tentu itu ayam kinantan. Pasalnya ciri fisik katuranggan yang satu ini dilihat dari berbagai aspek.

 

Menolak Bala

Bala atau biasa disebut oleh masyarakat dulu sebagai sumber kesialan. Memelihara ayam putih kinantan dipercaya dapat menolak bala.

Bahkan ayam yang satu ini kerap dianggap sebagai ayam bertuah karena bisa mengusir penyakit di kandang. Sisi mistis ayam ini memang begitu melekat dan hampir mirip dengan ayam cemani.

 

Ayam Berwibawa

Selain ayam wiring kuning, ternyata ayam bangkok putih memiliki wibawa yang tak kalah hebat. Memang jarang sekali orang membawa ayam berwarna putih ke arena.

Akan tetapi bila dia sudah tiba di arena akan memberikan karisma yang luar biasa. Bahkan akan membuat banyak orang melirik ke arah ayam ini.ayam suro kinantan

 

Kualitas Mental Baja

Kemudian yang menjadi kelebihan ayam jago putih kinantan diantaranya memiliki mental baja. Dia tidak akan mundur walaupun terluka parah.

Dengan begitu ayam ini sangat baik dalam pertarungan yang memakan waktu lama.

Baca: Cara Terampuh Mengatasi Ayam Aduan Lemah Mental

 

Melemahkan Mental Lawan

Salah satu keunggulan yang jarang dimiliki oleh ayam lain. Ayam suro kinantan dapat membuat lawan ketakutan sebelum bertanding. Tidak jarang lawan lari pada awal pertandingan setelah terkena beberapa pukulan.

Apalagi jika ayam ini sudah berdarah, karena warna putih yang dia miliki membuat darah terlihat jelas. Justru hal ini sering membuat lawan takut.

 

Gaya Bertarung

Dari segi gaya bertarung atau teknik, ayam bangkok putih cenderung terlihat biasa seperti ayam pada umumnya. Namun di sisi lain dia mampu melakukan pukulan kejutan yang membuat lawan pingsan

Pukulan saraf tersebut bisa membuat musuh kehilangan konsentrasi. Akibatnya gaya bertarung berubah dan menjadi tak teratur.

 

Antisipasi Pukulan yang Baik

Salah satu keunggulan yang luar biasa ialah dia dapat dengan segera mengantisipasi serangan. Ayam kinantan termasuk ayam yang peka dan mudah memahami teknik bermain lawan.

 

Membuat Panas Arena

Walaupun hanya sekedar mitos, ayam aduan putih dianggap bisa membuat kondisi arena gelanggang menjadi panas. Membuat penonton bersorak sehingga pertandingan menjadi lebih meriah.

 

Itulah beberapa ciri dan keistimewaan ayam bangkok putih kinantan yang kami dapatkan dari berbagai sumber. Faktanya katuranggan ayam yang satu ini bisa dibilang langka dan sulit ditemukan karena terdapat banyak sekali ciri pendukung. Semoga tulisan ini dapat dijadikan referensi.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *