ciri ayam bangkok yang bagus

10 Ciri Ayam Bangkok yang Bagus dan Bermutu Juara

Ayam bangkok adalah jenis ayam laga yang berasal dari Thailand. Tentu bagi pecinta ayam aduan sudah sangat dikenal. Terlepas dari itu memang sejarah ayam aduan telah melalui proses yang panjang. Hingga sekarang peminat ayam aduan masih banyak dan begitu populer.

Setiap pemilik pasti ingin mempunyai ayam bangkok yang bagus dan berkualitas. Semakin bermutu maka harga jual menjadi semakin mahal.

Pecinta sabung ayam wajib tahu ciri ayam bangkok yang bagus dan bermutu. Apalagi ketika sobat ingin memilih ayam untuk di ternak. Selain itu penting juga ketika memilih lawan di arena gelanggang.

Nah bagi sobat yang masih bingung, Kali ini kita akan membahas bagaimana ciri ayam bangkok yang bagus.

 

Ciri Ayam Bangkok yang Bagus dan Berkualitas

Memilih ayam untuk dipelihara memang tidak mudah, perlu teliti untuk mengenalnya. Di bawah ini beberapa ciri yang harus dimiliki ayam bangkok:

1. Keturunan Ayam Bangkok

keturunan ayam bangkokDalam hal memilih ayam harus mengetahui asal usul keturunan. Pasalnya semakin bagus ayam kemungkinan keturunannya akan bagus pula.

Makanya sebelum memilih ayam sebaiknya sobat tahu lebih jelas mengenai keturunan ayam.

Lebih bagus bila ayam berasal dari ayam yang pernah juara. Kemudian dihasilkan oleh induk berkualitas.

 

2. Ukuran Tubuh Ayam

ukuran ayam bangkok aduanSaat ingin membeli ayam maka yang pertama dilihat adalah ukuran ayam bangkok. Ukuran dapat dijadikan pertimbangan, pastikan ayam tidak kurus. Selain itu ukuran ayam menentukan kelas ayam laga. Berikut ukuran ideal ayam aduan:

  • Ayam yang bagus mempunyai bentuk tubuh kekar dan tegap.
  • Ketika dia berdiri memiliki sudut kemiringan 90 derajat.
  • Memiliki otot tubuh lentur yang memudahkan dia bergerak.
  • Bentuk tubuh panjang berbentuk botol.
  • Tulangan ayam kekar dan terlihat gagah perkasa.

Mengetahui Ukuran dan Kelas Ayam Bangkok

 

3. Warna Bulu Ayam Aduan

Warna Bulu Ayam Bangkok AduanAda banyak sekali jenis warna ayam bangkok yang memiliki ciri khas unik. Konon katanya warna bulu merupakan katuranggan yang diyakini memiliki keunggulan.

Pasti setiap penggemar ayam memiliki warna kesukaannya. Beberapa yang populer di kalangan botoh yaitu warna wiring, wangkas, blorok, kelabu, jalak, hitam dan putih.

Menentukan warna bulu juga bisa menjadi referensi untuk menilai bagus tidaknya ayam bangkok.

Warna Bulu Ayam Paling Disegani

 

4. Memiliki Leher Kuat

leher ayamLeher adalah bagian vital pada tubuh ayam yang digunakan untuk menyerang maupun menerima pukulan. Ciri leher yang bagus yaitu panjang dan berotot.

Kemudian yang terpenting tulang sambungan antara leher dan kepala tidak menonjol.

Biasanya bila terlihat menonjok ayam tidak tahan terhadap pukulan. Hasilnya akan lebih mudah terkena pukulan saraf.

Baca, Cara Menguatkan Leher Ayam Aduan

 

5. Bentuk Jengger Ayam

Jengger ayam seperti mahkota yang menjadi ciri khas ayam. Bagi ayam bangkok jengger bisa mewakili sifat, gaya bertarung dan mental ayam dalam bertarung.

Ciri jengger yang paling populer dan disukai adalah yang berbentuk belangkon. Bagi sebagian botoh yang yakin dengan mitos katuranggan percaya bahwa setiap bentuk jengger memiliki keunggulan dan kelemahan.

 

6. Bentuk Kaki Ayam

kaki ayam bangkokKemudian ayam bangkok yang bagus juga bisa dilihat dari bentuk kaki. Setiap kaki ayam memiliki ciri unik yang disebut dengan katuranggan sisik.

Untuk mitos katuranggan sisik ada banyak sekali. Misal seperti naga temurun, ubed, batu lapak, batu karang dan masih banyak lagi.

Pada bagian kaki menjadi yang paling diamati. Sisik kaki dapat mewakili keseluruhan kualitas ayam aduan. Selain itu warna kaki patut dipertimbangkan.

Cara Mengeraskan Kaki Ayam

 

7. Paruh Ayam Aduan

Paruh atau patuk ayam memang cukup bervariasi. Ada yang panjang, pendek, melengkung dan lurus. Setiap bentuk itu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Mau seperti apa bentuknya, yang penting paruh ayam harus tebal dan kuat. Bila tidak akan mudah patah ketika bertanding.

Kemudian paruh ayam yang bagus harus memiliki warna yang nyambung dengan warna kaki dan mata. Ini jangan dianggap remeh, karena memang memiliki pengaruh kuat.

 

8. Kepala Ayam Bangkok

bentuk kepala ayam bangkokBagian kepala ayam dapat menggambarkan gaya bertarung ayam aduan. Misal kepala lonjong maka ayam cenderung memiliki gaya kontrol. Sedangkan bulat maka biasanya mempunyai gaya solah atau lock.

Umumnya kepala seperti buah pinang ialah yang paling disukai. Kemudian memiliki kulit wajah yang tebal.

 

9. Warna Mata Ayam

bentuk mata ayam bangkokBagian tubuh yang juga menunjukkan ciri bertarung ayam diantaranya ialah mata. Pilih ayam dengan warna mata tembus dan memiliki kornea bening.

Tembus yaitu warna mata sama dengan warna kaki dan paruh ayam. Makanya hampir semua botoh selalu mengamati mata ayam aduan.

Ketahui Jenis-jenis Katuranggan Ayam Aduan

 

10. Susunan Tulang Ayam

struktur tulang ayam bangkokSusunan tulang menjadi dasar kekuatan ayam saat bertarung. Memang struktur tulang ayam ini adalah bawaan sejak lahir.

Maka dari itu pilihlah ayam dengan tulang yang kuat dan rapat. Dengan begitu pukulan ayam dipastikan kuat.

 

Ayam Bangkok menjadi salah satu ayam yang diminati dan biasa dipakai untuk bertarung. Memahami karakteristik dan ciri ayam bangkok yang bagus sebaiknya sobat bisa mengetahui sejak umur ayam kecil. Penjelasan di atas dapat dijadikan referensi serta bahan pertimbangan ketika memilih ayam aduan.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *