ayam pakhoy betina yang bagus

Begini Ciri Ayam Pakhoy Betina yang Bagus Buat Induk

Ayam pakhoy betina memang mempunyai peran penting untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas. Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan sifat induk lebih dominan mempengaruhi keturunannya. Jadi tidaklah heran apabila ayam aduan bermutu berasal dari induk yang super.

Belakangan ini kualitas tempur ayam aduan pakhoy telah terbukti kemampuannya, sehingga banyak pecinta ayam mulai melirik untuk memilikinya. Mulai dari mereka yang ingin sebagai koleksi hingga mereka yang ingin mencoba memperoleh keturunan dengan budidaya ayam pakhoy.

Saat ini ras pakhoy telah menjadi salah satu ayam aduan terbaik yang mampu bersaing dengan ayam bangkok dan birma. Konon katanya ayam ini merupakan hasil perkawinan silang antara dua jenis ayam, yaitu ayam bangkok dengan ayam ujung malaysia. Namun di sisi lain kepastian asal usul ayam pakhoy masih menjadi perdebatan.

 

Mengenal Lebih Jauh Ayam Pakhoy

Sesuai dengan perkembangan sabung ayam, ada banyak sekali bermunculan jenis ayam aduan. Ada ayam yang memang merupakan keturunan murni hingga ayam jago hasil persilangan. Bahkan sekarang sudah banyak peternak yang mulai melakukan perkawinan silang pada ayam untuk menghasilkan ayam aduan bermutu.

Perkembangan ayam pakhoy di indonesia mulai ramai sejak belakangan tahun terakhir. Ayam ini begitu populer dan disebut sebagai ayam Thailand Selatan, yaitu dimana tempat ayam ini diperkenalkan

Untuk ayam aduan pakhoy F1 atau kualitas pertama bisa di impor langsung dari Thailand. Sebabnya sekarang telah banyak yang sudah memiliki ayam ini meskipun bukan kualitas utama, yakni beberapa keturunan dari F1.

 

Ciri Ayam Pakhoy Betina yang Bagus Untuk Induk

Dalam hal memilih induk untuk ayam aduan memang tidak gampang, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melihat ciri fisik dan juga gaya bertarung. Berikut beberapa ciri umum ayam pakhoy betina yang berkualitas:

Ciri-ciri Fisik

Bagi seorang pemula yang tidak terlalu paham dengan ayam pasti akan kesulitan untuk membedakan ayam yang bagus. Di bawah ini bisa sobat jadikan pedoman dalam memilih induk ayam:

  • Mempunyai bentuk tubuh yang bagus supaya anak yang dihasilkan tidak kecil.
  • Memiliki badan yang panjang dimana syarat agar pukulan ayam lebih kuat.
  • Kepala babon yang bagus yaitu agak gepeng seperti kepala ular.
  • Pada bagian tulang sampit udang terasa rapat bila dipegang.
  • Kemudian pastikan sobat memilih induk yang memiliki warna selaras mulai dari warna bulu, mata, kaki dan paruh.
  • Sangat disarankan memiliki babon yang mempunyai katuranggan tertentu.
  • Selanjutnya induk harus produktif dan bisa menetaskan telur dengan sempurna.

ciri ayam pakhoy betina

Teknik Bertarung

Jika ciri fisik yang diamati kurang meyakinkan, maka sobat bisa mengukur kualitas induk dengan cara di abar. Walaupun ayam betina tidak di bawa ke arena gelanggang, namun pada saat memilih induk kita bisa menjajal kemampuannya lewat latihan bertanding.

Faktanya lebih dari 70% gaya bertarung ayam laga dipengaruhi oleh induk. Sedangkan ayam jago tidak begitu dominan mempengaruhi.

Jadi bila ragu, cara menilai teknik bertarung memang yang paling efektif dan efisien. Akan tetapi saat melakukan uji coba sobat harus hati-hati agar ayam tidak cedera.

 

Mental Juara

Ayam aduan harus memiliki mental juara supaya dia mampu memenangkan pertandingan. Ayam aduan pakhoy dikenal sebagai ayam dengan mental yang bagus, namun ada pula sebagian yang lemah mental.

Sebabnya ketika memilih ayam pakhoy betina untuk dikembangkan sebaiknya lebih selektif. Penting sekali untuk menilai mental yang dimiliki.

Biasanya mental ayam betina jauh lebih besar saat dia bertarung, bahkan tidak sedikit ayam betina yang bertarung sampai mati. Baca: 10 Rahasia Membuat Ayam Aduan Ganas dan Agresif

 

Stamina Ayam

Selanjutnya ketika sobat memilih induk jangan sampai lupa mengamati stamina yang dia miliki. Walaupun stamina dipengaruhi oleh faktor perawatan dan latihan, namun peran keturunan juga berperan aktif.

Tentu nafas atau stamina ayam yang pendek akan menjadi penghambat saat dia bertanding. Karena mudah lelah dapat menyebabkan ayam tidak bertenaga sehingga pukulan jadi lemah bahkan mudah sekali diserang.

Trik Khusus Melatih Nafas Ayam Bangkok Supaya Tidak Cepat Lelah

 

Keturunan yang Jelas

Saat ingin budidaya ayam aduan memang harus memperhatikan darah keturunan. Pasti sobat tidak mau kan bila hasil ternak tidak bagus? makanya penting sekali mengetahui silsilah keturunan ayam betina.

Cara termudah agar tidak salah yaitu membeli induk pakhoy dengan orang yang sobat kenal. Atau bisa juga impor dari Thailand untuk mendapatkan induk F1.

Baca: Ayam Bangkok Magon Sebagai Petarung Super Istimewa

babon pakhoy juara

Budidaya ayam pakhoy tidak jauh berbeda dengan ayam bangkok, akan tetapi sobat harus mengetahui ciri ayam pakhoy betina yang bagus untuk induk. Setelah itu tinggal memilih ayam jago yang sudah pernah menang di arena. Dengan demikian syarat untuk menghasilkan keturunan ayam aduan berkualitas sudah terpenuhi.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *