Babon Unggul dan Babon Cetak Ayam Bangkok

Mengungkap Babon Unggul dan Babon Cetak Ayam Bangkok Aduan

Mengungkap Babon Unggul dan Babon Cetak Ayam Bangkok Aduan – Bagi seorang peternak Induk ayam merupakan bagian paling utama guna menciptakan ayam aduan juara. Memang tidak bisa dipungkiri kalau induk atau babon terkadang memiliki andil besar dalam menghasilkan keturunan. Maka dari itu kita wajib tahu ciri babon berkualitas yang cocok dijadikan sebagai induk ternak.

Salah satu yang sering menjadi bahan pembicaraan para pecinta ayam laga ialah topik seputar babon cetak dan babon unggul ayam bangkok aduan. Jadi jenis babon ayam aduan di bagi ke dalam dua tipe sesuai dengan fungsinya, yaitu babon cetak dan babon unggul. Nah mungkin teman-teman masih banyak yang kebingungan ketika membedakan babon cetak dengan babon unggul ini.

Babon Unggul Ayam Aduan

Babon unggul merupakan yang lebih memiliki peran lebih dominan dalam menghasilkan keturunan. Jadi babon unggul akan lebih banyak mewariskan sifat dan ciri kepada anak-anaknya bila dibandingkan ayam pejantan.

Biasanya anak dari babon induk memiliki ciri fisik, teknik, dan mental yang tidak jauh berbeda dengan sang induk. Selain itu kebanyakan para peternak lebih suka dengan babon unggul daripada babon cetak karena kualitasnya lebih terjamin.

Cara mengetahui ciri babon unggul ayam bangkok aduan

Babon unggul dan babon cetak adalah induk ayam aduan yang sudah terbukti kualitasnya. Jadi untuk mengetahui dan membedakannya dibutuhkan waktu yang panjang dari proses bertelur hingga hasil ternak bisa diberikan penilaian.

Cara paling mudah untuk mengenali ciri babon unggul ialah dengan memperhatikan hasil keturunannya, bila anak ayam lebih dominan mirip dengan induk maka bisa dibilang induk ayam termasuk babon unggul. Kemudian bila ayam belum memiliki keturunan bisa di lihat tekniknya dengan mengadunya dengan induk lain.

Kelebihan babon unggul

  • Mudah dikenali ciri-cirinya,
  • Hasil keturunan lebih terjamin kualitasnya,
  • Tidak perlu memiliki pejantan yang bagus karena teknik akan mengikuti sang induk,
  • Lebih mengutamakan darah keturunan.

Kekurangan babon unggul

  • Bila memiliki jago juara akan sangat sulit mendapatkan keturunan yang menyerupai sang jago bila menggunakan babon unggul,
  • Jadi sangat sulit bila ingin mengambil keturunan yang sama persis dengan pejantan.

Babon unggul adalah pilihan terbaik untuk membudidayakan ayam bangkok aduan karena sangat sulit sekali menemukan babon cetak yang sempurna.

Mengenal Babon Cetak Ayam Aduan

Setelah anda membaca penjelasan mengenai babon unggul di atas pasti anda sudah bisa mengambil kesimpulan. Babon cetak ayam aduan adalah kebalikan dari babon tipe unggul, yakni dimana babon cetak akan menghasilkan keturunan yang sama persis dengan pejantan atau jago.

Sesuai dengan namanya, jenis induk ini dapat mencetak atau meng-Copy ciri fisik, gaya bertarung, mental, stamina dari pejantan. Babon cetak sangatlah spesial dan sulit ditemui, dan memiliki harga yang sangat fantastis.

Beberapa macam babon cetak ayam bangkok

Sangat susah sekali untuk menemukan babon cetak yang sempurna, maka dari itu para pecinta ayam aduan membagi kelas babon cetak sesuai dengan tingkatannya.

  • Babon cetak sempurna: yaitu induk ayam yang bisa menghasilkan keturunan sama persis dengan pejantan, baik itu teknik, bentuk fisik hingga warna bulu.
  • Babon cetak teknik: Hanya bisa mewariskan teknik pejantan kepada keturunannya,
  • Babon cetak fisik: Hanya bisa mewariskan bentuk fisik pejantan, yakni bentuk tubuh, warna bulu, dan katurangan.

Cara mengetahui babon cetak ayam aduan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk bisa mengetahui apakah induk ayam benar-benar babon cetak memerlukan proses yang panjang. Bila hasil keturunan dominan sama dengan pejantan maka kemungkinan besar adalah babon cetak.

Kelebihan Babon Cetak

  • Mampu menghasilkan keturunan yang sama persis dengan pejantan,
  • Babon bisa menjadi aset yang sangat berharga bagi peternak ayam aduan,
  • Babon cetak sangat langka dan pasti harganya juga mahal.

Kekurangan Babon Cetak

  • Butuh proses panjang untuk mengetahui apakah induk ayam benar-benar tipe babon cetak,
  • Tidak jarang peternak harus kecewa karena ternyata induk yang dianggap babon cetak ternyata tidak sempurna atau cacat,
  • Pasti kita harus menunggu anak ayam hingga dewasa hingga kita bisa mengambil kesimpulan,


Kesimpulan

Faktanya untuk membedakan babon cetak dan babon unggul tidaklah semudah kelihatannya. Akan tetapi sebagai seorang peternak kita wajib belajar dan terus belajar guna menambah wawasan serta pengalaman. Dengan demikian akan membuka jalan pikiran kita menuju ke arah yang lebih baik. Kami akhiri pembahasan kali ini dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *