bisnis budidaya unik

Terbukti, 11 Bisnis Budidaya Unik Langka yang Menguntungkan

Ingin memulai usaha tapi masih bingung? Salah satu bidang usaha yang cukup menjanjikan dan layak dicoba adalah usaha ternak atau budidaya. Ada banyak sekali pilihan ide bisnis budidaya yang unik sehingga terbilang masih sangat langka.

Membangun usaha budidaya memang tidaklah mudah, tapi dengan memulai bisnis yang masih minim pesaing pasti bisa memperoleh banyak keuntungan. Kita bisa melihat contoh di sekitar kita, bisnis yang pada awalnya terlihat remeh namun perlahan-lahan menjadi ramai sehingga menjadi ladang usaha.

Bisnis pada bidang budidaya dapat kita bagi menjadi dua bagian, pertama budidaya ternak dan yang kedua budidaya tanaman. Tentu saja dari kedua bagian itu memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dari sudut pandangnya.

Peluang Bisnis Budidaya Unik yang masih terbilang langka dan minim pesaing. Nah ketika ingin memulai usaha maka memilih bidang yang minim pesaing akan memberikan peluang jauh lebih besar daripada bisnis yang sudah banyak ditekuni. Berikut ini beberapa peluang bisnis budidaya unik yang layak dicoba:

1. Budidaya Kroto

budidaya krotoMungkin masih banyak yang belum tahu soal kroto. Kroto adalah nama lain dari telur semut rangrang. Ini bisa jadi peluang bisnis budidaya yang unik dan pesaingnya masih sedikit.

Saat ini budidaya kroto memang menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Dari segi peminat, kroto semakin dicari dan dibutuhkan. Pada awalnya target penjualan kroto hanya para pemilik burung kicau dan ikan hias. Tapi sekarang peminatnya jadi tambah ramai.

Peluang Usaha Ternak di Lahan Sempit

 

2. Budidaya Jangkrik

budidaya jangkrikBudidaya jangkrik sekarang semakin dilirik oleh banyak pengusaha mandiri. Jangkrik kerap dianggap hama perusak tanaman oleh semua petani, tapi saat ini justru dikembangkan. Harga jangkrik terkesan cukup mahal, kisaran 80-100 per kilo nya.

Peluang budidaya jangkrik menjadi sangat potensial belakangan ini diakibatkan berbagai faktor. Jangkrik bisa digunakan sebagai pakan ternak seperti burung dan ikan. Tapi di sisi lain hewan yang satu ini mempunyai berbagai manfaat sehingga dijadikan sebagai olahan makanan.

 

3. Budidaya Tikus

budidaya tikusKemudian peluang bisnis budidaya yang cukup unik yaitu ternak tikus. Hampir sama dengan jangkrik, tikus termasuk hama yang merusak ladang dan merugikan. Tapi di sisi lain budidaya tikus memiliki prospek cerah untuk masa depan.

Umumnya jenis tikus yang bisa dikembangkan ialah tikus putih. Artinya tidak sembarangan tikus. Permintaan tikus semakin meningkat karena memiliki berbagai fungsi.

Tikus bisa dijadikan makanan hewan reptil. Nah bagi anda yang memelihara reptil pasti membutuhkannya. Kemudian tidak jarang hewan yang satu ini juga digunakan sebagai bahan praktek ilmu sains. Jadi jangan salah, memang ternak tikus cukup menjanjikan untuk dicoba.

 

4. Budidaya Cacing

budidaya cacingProspek budidaya cacing sudah banyak dibuktikan dan terbukti cukup potensial. Karena kebutuhan akan cacing semakin meningkat membuat bisnis budidaya unik yang satu ini layak dicoba.

Bila dilihat dari modal, bisnis ini cukup murah dan terjangkau untuk dikembangkan oleh siapapun. Bahkan menariknya bisa dijalankan pada lahan sempit sekalipun. Untuk menekuni bidang ini anda perlu belajar bagaimana cara pengolahan tanah atau media ternak cacing supaya tidak rugi.

 

5. Budidaya Lintah

budidaya lintahSejumlah orang tidak menyukai binatang yang satu ini karena dianggap menjijikkan dan berbahaya. Namun pada dasarnya lintah cukup berguna dan bila dibudidayakan bisa memperoleh keuntungan yang berlipat. Budidaya unik ini terbilang cukup langka dan memiliki tingkat pesaing yang sedikit.

Lintah dapat dijadikan sebagai obat berbagai penyakit, bahkan sangat dibutuhkan para ahli kesehatan. Buktinya hewan ini ampuh untuk mengobati penyakit darah tinggi, kolesterol, stroke, diabetes dan penyakit lainnya.

 

6. Budidaya Lobster Air Tawar

budidaya lobster air tawarBanyak yang menganggap kalau lobster hanya bisa hidup di laut, padahal ada spesies lobster air tawar yang bisa dengan mudah dibudidayakan. Ini bisa menjadi peluang bisnis unik yang potensial untuk dicoba, apalagi bagi anda yang suka bisnis bidang perikanan.

Lobster termasuk binatang air yang memiliki rasa lezat dan bergizi. Selain itu harga jualnya cukup tinggi sehingga mampu memberikan keuntungan bagi mereka yang membudidayakannya. Pemasok lobster untuk kebutuhan kuliner masih sangat sedikit, nah apakah anda tertarik dengan bisnis ini?

7 Usaha Ternak Paling Mudah dan Menghasilkan Cocok Bagi Pemula

 

7. Budidaya Tokek Hias

bisnis budidaya unik tokekTahukah anda bahwa belakangan ini jenis tokek hias semakin populer dan banyak dipelihara. Spesies tokek Leopard Gecko menjadi hewan yang unik dan terlihat menggemaskan. Dengan ciri khas warna yang bervariasi dan bintik-bintik pada tubuhnya yang indah.

Karena ini bisnis unik tokek berwarna ini bisa jadi ladang usaha bagi anda yang tertarik. Pasalnya pesanan untuk hewan ini tiap hari selalu mengalami peningkatan pesat.

 

8. Budidaya Keong Mas

bisnis budidaya unik keong masBidang usaha budidaya yang layak untuk anda coba salah satunya yaitu ternak keong mas. Bahkan dari bisnis yang satu ini sudah banyak yang meraih kesuksesan. Walaupun pada awalnya binatang ini dianggap sebagai hama, tapi saat ini peminatnya cukup banyak.

Para pengepul keong mas biasanya menjual untuk pakan binatang ternak dan juga dapat dijual untuk olahan makanan. Cita rasa keong mas ternyata sangat lezat, selain itu mengandung gizi yang sangat besar. Bisnis ini cocok sekali bagi anda yang tinggal di desa.

 

9. Budidaya Belut

ternak belutBelut bisa dibilang termasuk ikan air tawar yang unik. Belut memiliki ciri khas tubuh berbentuk mirip ular dan mempunyai kulit licin. Hewan ini biasanya hidup di rawa atau kolam lumpur.

Sebagian besar orang memelihara belut di sawah dan kolam lumpur. Peluang budidaya ini sangat bagus prospeknya mengingat harga daging belut sangat mahal. Belakangan ini sudah banyak yang berhasil melakukan budidaya belut dengan tong plastik dan juga kolam terpal. Nah bagi anda yang tertarik maka bisa mencobanya.

 

10. Budidaya Reptil

usaha budidaya reptilBeranekaragam reptil semakin populer dan dijadikan hewan peliharaan yang unik. Maka tak heran bila peluang budidaya reptil begitu menggiurkan dan menjanjikan.

Berasal dari hobi, sekarang ternak reptil bisa menjadi ladang usaha. Pasalnya peminatnya kian bertambah sehingga reptil jadi begitu laris. Beberapa yang lagi trend yaitu iguana, kura-kura mini, tokek hias, ular dan masih banyak lagi.

 

11. Budidaya Belatung

bisnis budidaya belatung unikBudidaya belatung? pasti banyak yang menganggap ini ide bisnis yang gila. Akan tetapi jangan salah, bisnis budidaya unik maggot atau belatung ini bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Faktanya belatung bisa jadi obat yang mujarab untuk berbagai penyakit. Selain itu hewan ini dapat digunakan untuk terapi kesehatan.

Hal ini menyebabkan peternak belatung mendapatkan banyak pesanan. Makanya ini bisa dijadikan ide bisnis yang menguntungkan dan pesaingnya masih sedikit.

Mau Bisnis Ayam? Berikut Cara Pemasaran Ayam Bangkok Efektif

 

Peluang bisnis budidaya unik bisa anda jadikan referensi untuk menemukan ide usaha yang tepat. Memang sekarang ini lapangan pekerjaan susah sekali didapatkan. Maka dari itu kenapa tidak memulai usaha baru dengan prospek yang menjanjikan.

 

Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *