bisnis e-commerce

7 Bisnis E-Commerce Paling Sukses dan Ramai di Indonesia

Saat ini kita sudah memasuki era digital, yaitu dimana aktivitas manusia tidak terlepas dari pengaruh teknologi terutama internet. Bisnis E-Commerce atau yang sering disebut dengan bisnis internet mengalami perkembangan yang sangat pesat sekali. Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang internet telah menjadi kebutuhan penting bagi kita dan kita tidak bisa terlepas olehnya, sehingga harus selalu mengikuti arus perkembangan teknologi.

E-Commerce adalah terobosan terbaru dalam dunia bisnis yang memiliki potensi luar biasa. Kenapa tidak, fakta perkembangannya tidak bisa dibantah dan kita sendiri adalah bagian dari kemajuan E-Commerce. Kita bisa bertransaksi jual beli lewat internet, menyewa jasa, melakukan pembayaran dan masih banyak lagi dampak positif perkembangan E-Commerce yang bisa kita rasakan.

Akibat kemajuan yang positif ini semua orang di seluruh dunia telah merasakan dan menikmati perkembangan E-Commerce, salah satunya Indonesia sendiri. Berikut ini adalah bisnis E-Commerce paling sukses di Indonesia:

1 OLX

Berbicara bisnis E-Commerce yang sukses di tanah air kita memang ada banyak sekali, diantaranya adalah OLX yang pada awalnya hanya sebagai situs iklan baris.karena cepat dikenal oleh masyarakat membuat banyak orang tahu dan mencoba menjual dan membeli barang lewat OLX, baik barang bekas atau barang baru.

Awal perkembangannya OLX dikenal dengan sebutan Tokobagus dan Berniaga.com. hingga saat ini OLX masih tetap sukses dan berjaya dengan model “Jual Barang Cepat dan Tepat”.

2 Kaskus

Perkembangan Kaskus beriringan dengan OLX yang merupakan forum dengan fitur jual beli yang begitu dikenal. Tidak hanya itu, kaskus juga termasuk forum diskusi online paling ramai di indonesia, jadi anda bisa melakukan diskusi berbagai topik pada forum ini.

Selain itu pihak kaskus tidak terlalu bertanggung jawab terhadap transaksi yang terjadi, jika di OLX transaksi bisa dilakukan dengan ATM bersama, tapi jika di Kaskus anda harus mandiri dan resiko ditanggung sendiri. Walaupun demikian Kaskus bisa dianggap bisnis E-Commerce yang sukses di Indonesia.

Baca juga  7 Peluang Usaha 2019 Modal Kecil yang Menguntungkan

3 Tokopedia

Tokopedia merupakan marketplace ternama yang sering kita jumpai iklannya di televisi dan bahkan dimanapun. Tokopedia adalah jenis E-Commerce C2C (Customer to Customer) yang menjadi wadah bertemunya orang-orang yang ingin bertransaksi jual beli. Jadi bisa dibilang tokopedia hanya sebatas fasilitator bagi orang-orang yang ada di dalamnya baik itu penjual ataupun pembeli.

Tokopedia terpilih Digital Economy Award tahun 2016 sebagai perusahaan Customer industri terbaik. Hal ini karena skema transaksi pada Tokopedia begitu bagus, pembeli membeli barang dan membayar kepada Tokopedia dan kemudian disalurkan kepada penjual setelah barang sampai tujuan. Selain itu marketplace ini juga memberikan lapangan pekerjaan bagi pengusaha kecil terutama penjual.

4 Bukalapak

Bukalapak adalah marketplace jenis E-Commerce C2C (Customer to Customer) yang juga mengalami perkembangan cukup pesat. Sama dengan Tokopedia yang merupakan perantara antara dua belah pihak, pembeli diwajibkan membayar langsung atas transaksinya kemudian barang akan dikirim dan setelah sampai baru pihak Bukalapak memberikan pembayaran pada penjual.

Dengan adanya fasilitas marketplace yang semakin mendukung membuat aktivitas bisnis online menjadi lebih mudah dan teratur.

5 Blanja.com

Belanja.com juga termasuk bisnis E-Commerce yang booming dan cukup dikenal banyak kalangan. Situs belanja.com adalah situs marketplace jenis Customer to Customer yang didirikan pada tahun 2012. Sama saja dengan Tokopedia dan Bukalapak yang menyediakan fasilitas bagi orang-orang yang ada di dalamnya untuk bertransaksi. Selain itu situs belanja.com juga menyediakan jasa promosi produk-produk secara online dan sudah banyak sekali perusahaan yang menjadi mitra marketplace yang satu ini.

6 Blibli

Kemudian bisnis E-Commerce yang juga berkembang di Indonesia ialah Blibli. Pada situs transaksi online ini para penjual harus memiliki produk ternama atau brand yang dikenal banyak orang. Dibandingkan dengan situs E-Commerce yang disebutkan di atas, Blibli jauh lebih ketat ketika melakukan seleksi pihak yang ingin menjual produk di situs ini. Maka dari itu Blibli sering merupakan bisnis dengan model bisnis Shooping mall online.

Baca juga  Mau Bisnis Pampers? Begini Cara Terbaik Untuk Memulainya

7 Tiket.com

Tiket.com merupakan bisnis pelayanan online atau bisnis b2c (business to customer). Situs yang satu ini memang sangat simpel, anda hanya perlu membuat website di tiket.com dan kemudian sudah bisa menjalankan usaha penjualan online. Selain itu tiket.com juga menyediakan berbagai layanan jasa seperti pembayaran tiket pesawat, hotel, transaksi wisata dan jasa-jasa lainnya.

Berdasarkan penjelasan mengenai beberapa bisnis E-commerce yang sukses di Indonesia di atas maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar bisnis online yang maju adalah jenis c2c (customer to customer). Pastinya dengan kepopuleran brand yang telah dikenal luas di masyarakat akan mempermudah pemasaran produk, nah apakah anda tertarik untuk coba bertransaksi online? Silahkan dicoba karena sudah terjamin keamanannya.

Artikel terkait

Gambar Gravatar
Memberikan solusi dan informasi bagi pengunjung situs ini., Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *