bisnis konveksi

Bisnis Konveksi : Analisa Usaha dan Tips Memulai

Perkembangan di dunia bisnis menyebabkan banyak bermunculan usaha-usaha baru dan salah satunya adalah bisnis konveksi. Sudah banyak sekali orang yang mulai mengembangkan bisnis-bisnis yang awalnya tidak dilirik. Kalau kita lihat bisnis konveksi sempat meredup, namun saat ini peluang bisnis konveksi sangatlah menjanjikan.

Terlebih lagi sekarang perkembangan fashion dan teknologi menjadi semakin canggih saja. Hal ini membuat para pengembang usaha konveksi mulai melirik cara pemasaran bisnis konveksi online. Nah pemasaran online lebih berpeluang dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional.

Pengertian Bisnis Konveksi

Berdasarkan wikipedia konveksi adalah pakaian yang dibuat dalam jumlah banyak. Jadi bisnis konveksi yaitu kegiatan memproduksi pakaian dengan tenaga kerja yang banyak. Bisnis ini masuk ke dalam kategori industri skala kecil (industri rumah tangga). Umumnya pengusaha konveksi dapat memulai usaha dengan menggunakan tidak lebih dari 20 mesin jait dan mesin obras.

Bisnis konveksi bisa menghasilkan pakaian dalam jumlah yang cukup banyak, seperti celana, baju, jaket, kaos, aksesoris dan lain-lain. Sebuah usaha pembuatan pakaian bisa dikatakan sebagai bisnis konveksi jika dapat menghasilkan minimal 20 pakaian atau 1 kodi.

 

Peluang Bisnis Konveksi

Pasti diantara kita masih banya yang ragu dengan bisnis ini, apalagi bagi mereka yang memang tidak mengetahui seluk-beluk dan cara kerja bisnis ini. Untuk memulai bisnis pembuatan pakaian anda perlu memiliki keterampilan menjahit, obras, desain dan keterampilan lainnya. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar, bahkan ada sebagian orang yang tidak memiliki keahlian tersebut tetap bisa menekuni bisnis konveksi.

Sebenarnya anda dapat mengembangkan usaha ini jika memiliki modal yang cukup dengan mempekerjakan orang lain. Anda dapat mecari tenaga kerja yang ahli dalam pembuatan pakaian dan mengajak mereka untuk membangun usaha bersama.

Jika bicara peluang, bisnis konveksi memiliki potensi yang luar biasa. Anda dapat menganalisanya dengan mengamati minat dan permintaan akan kebutuhan pakaian yang semakin hari semakin meningkat. Kemudian Anda bisa melihat betapa ramainya peminat pakaian, baik itu mereka yang membeli secara konvensional ataupun mereka yang ingin membeli secara online.

 

Keuntungan Usaha Konveksi

Setiap bisnis yang dijalankan dengan sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan keuntungan, dan begitu pula usaha konveksi. Setelah memahami seluk-beluk dan peluang bisnis konveksi maka anda perlu mengetahui apa keuntungannya menekuni usaha ini. Setiap pembisnis perlu mempertimbangkan keuntungan agar mereka termotivasi untuk memulai sebuah usaha. Nah berikut ini adalah keuntungan usaha konveksi pakaian yang perlu anda tahu:

Bisnis Konveksi Adalah Usaha kreatif

Terdapat banyak sekali jenis usaha kreatif dan salah satunya adalah bisnis konveksi. Seperti yang kita ketahui kalau masyarakat indonesia sangat selektif ketika membeli pakaian, mereka menginginkan kualitas bagus dan harga murah. Ini jelas.,, dan ini sudah menjadi prinsip individu masyarakat kita.

Jadi jika tidak ingin rugi maka pengusaha konveksi harus lebih kreatif dalam membuat produk. Memperhatikan kualitas tapi tidak terlalu mematok harga tinggi, memang ini sulit., tapi ini adalah tantangan tersendiri bagi pembisnis pakaian di Indonesia.

 

Bisa Dijalankan Dengan Modal Seadanya

Bagi anda yang ingin memulai bisnis konveksi maka bagian terpenting adalah modal usaha. Kenapa penting? Karena bisnis ini membutukan alat-alat pendukung operasional seperti mesin jait, mesin obras, bahan, dan lain sebagainya.

Tapi uniknya bisnis ini bisa dijalankan dengan modal seadanya atau dengan kata lain bisa dibangun secara bertahap. Anda dapat memulainya dengan skala kecil, cukup dengan 4-5 peralatan saja. Nah setalah berjalan lacar dan menguntungkan anda dapat memperbesar skala usaha dengan menambah peralatan serta tenaga kerja.

 

Tren Fashion Di Indonesia semakin Berkembang

Alasan kenapa bisnis ini begitu potensial ialah karena perkembangan di dunia fashion semakin maju. Hal ini membuat penigkatan permintaan akan kebutuhan pakaian. Tidak hanya kebutuhan teknologi, faktanya masyarakat indonesia juga konsumerisme (selalu terarik dengan produk baru) terutama pakaian.

Jika anda termasuk orang yang kreatif tentu ini bisa dijadikan alasan untuk memulai usaha konveksi. Sangat penting untuk membuat pakaian dengan melihat trend pakaian yang ada.

 

Kemajuan Bisnis Online

Ini adalah keuntungan dari bisnis konveksi yang memiliki peluang bagus. Kemajuan bisnis online mendongkrak pemasaran barang-barang konveksi menjadi semakin meningkat. Saat ini sudah banyak sekali marketplace seperti Lazada, Bukalapak, shoopy yang memudahkan anda untuk memasarkan pakaian.

Selain itu dengan akses internet membuat jangkauan pemasaran menjadi lebih luas tidak terbatas waktu dan tempat. Bahkan sudah banyak pengusaha konveksi yang sukses dengan memanfaatkan teknologi internet.

 

Dropshiper dan Reseller

Ada sebagian pihak yang beralih profesi menjadi dropshiper dan reseller, yaitu mereka yang bekerja membeli barang dan menjualnya kembali. Bisnis dropship dan reseller ini menjadi semakin berkembang belakangan ini dan juga menguntungkan para pembisnis konveksi.

Dari sini dapat dianalisa kalau segmen pasar bisnis konveksi sangatlah banyak. Selain masyarakat umum anda dapat menjual produk kepada pemilik toko pakaian, penjual pakaian di pasar, reseller dan dropshiper.

 

Tips Memulai Bisnis Konveksi

Untuk berhasil dalam memulai bisnis konveksi anda harus memperhatikan aspek-aspek penting serta melakukan study kelayakan bisnis untuk menilai apakah usaha layak dikembangkan atau tidak. Berikut ini adalah tips untuk memulai bisnis konveksi:

Modal Usaha

Modal adalah kunci utama berlangsungnya bisnis konveksi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya kalau bisnis ini memerulkan peralatan dan perlengkapan operasional. Jadi tanpa modal bisnis tidak akan berjalan.

 

Membangun Kerja Sama

Setelah segi modal sudah terpenuhi selanjutnya adalah membangun kerja sama dengan pihak lain. Prinsip utama dari bisnis konveksi adalah usaha yang dijalankan oleh banyak orang (kelompok), jadi bukan bisnis konveksi kalau hanya anda sendiri yang mengoperasikannya. Dalam hal ini anda bisa merekrut karyawan atau mencari partner yang mau diajak bekerja sama.

 

Mendapatkan Supplier

Supplier adalah pihak yang menyediakan bahan-bahan untuk kebutuhan bisnis anda, misal kain, peralatan, alat sablon dan lain-lain. Untuk itu sebaiknya anda mencari supplier terpercaya dan terjangkau. Dalam hal ini perhatikan harga bahan-bahan agar anda dapat menjual produk anda sesuai dengan isi dompet masyarakat Indonesia.

 

Membangun Produk Anda

Bagi pengusaha baru, membangun produk bisa dibilang memperkenalkan produk kepada konsumen. Ini adalah tantangan tersulit bagi pembisnis yang baru terjun dan yang belum memiliki nama “brand belum populer”. Agar masyarakat tertarik dengan produk yang dibuat maka yang perlu dilakukan ialah meningkatkan kualitas produk dan melakukan promosi.

 

 

Bisnis konveksi memang mengalami kemajuan yang cukup pesat, apalagi saat ini sudah didukung dengan kemajuan teknologi yang memudahkan pembisnis dan konsumen. Jika dilihat dari segi peluang, bisnis ini sangat layak untuk dikembangkan.

(Visited 44 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *