Bodrex Flu dan Batuk Untuk Ayam

Bodrex Flu dan Batuk Untuk Ayam Ngorok Terbukti Ampuh

Banyak teman-teman penghobi ayam yang bertanya apakah bodrex flu dan batuk bermanfaat untuk ayam aduan

Ternyata bodrex flu dan batuk bisa sobat gunakan untuk berbagai penyakit pada ayam. Misalnya seperti penyakit ngorok, radang dan juga flu.

Seperti yang kita tahu merawat ayam bangkok aduan mungkin terlihat mudah, tapi sebenarnya tidaklah demikian.

Ayam aduan membutuhkan perawatan khusus. Pasalnya, nilai dari unggas yang satu ini ialah kualitasnya dalam bertarung. Jadi semakin bagus maka semakin tinggi pula nilainya.

Apabila ayam terserang penyakit tentu akan sangat menyusahkan peternak. Beberapa penyakit yang sering menginfeksi ayan diantaranya seperti tetelo, Newcastle Disease (ND), radang, flu, ngorok dan masih banyak lagi.

Nah jika diabaikan pasti akan berdampak buruk bagi ayam sehingga bisa menyebabkan kematian. Secara umum penyakit bisa saja dipengaruhi oleh faktor cuaca, perkembangan virus dan mikroba.

 

Beragam Manfaat Bodrex Flu dan Batuk Bagi Ayam

1. Mengobati penyakit ngorok

Penyakit ngorok kerap dianggap sepele, tapi sebenarnya sangat berbahaya. Pada fase awal mungkin hanya menginfeksi beberapa ekor ayam, namun akan terus bertambah bila tidak segera ditangani.

Penyakit ngorok pada ayam sifatnya menular. Ciri yang paling jelas yaitu ayam mengeluarkan suara (mendengkur) saat bernapas.

Cara mengatasinya sobat bisa berikan satu butir pil bodrek flu dan batuk. Pemberian dapat diberikan langsung pada ayam dengan di lolohkan, atau bisa juga dengan dihaluskan lalu dicampurkan pada pakan ayam.

 

2. Menyembuhkan flu pada ayam

Sesuai dengan namanya, Bodrex flu dan batuk cukup berkhasiat sebagai obat flu untuk ayam bangkok.

Tidak hanya manusia, unggas juga sering terkena penyakit flu. Bahkan yang paling mengenaskan ialah flu burung yang mematikan.

Ayam yang sakit flu akan menunjukkan gejala seperti warna kulit menjadi pucat, mata berbusa, hidung mengeluarkan lendir.

 

3. Mengobati pencernaan

Meskipun bodrex flu dan batuk umumnya dipakai untuk obat flu, tapi nyatanya juga bagus untuk menyehatkan pencernaan ayam.

Terkadang ayam aduan bisa saja terserang penyakit berak kapur maupun berak darah. Pemberian obat ini cukup efektif untuk mengatasinya.

 

Tips Agar Ayam Bangkok Aduan Tidak Mudah Sakit

Bicara soal penyakit ayam memang tidak ada habisnya. Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan oleh peternak ialah pencegahan. Berikut ini beberapa tips agar ayam tidak mudah sakit:

Makanan bergizi

Supaya daya tahan tubuh ayam jadi kuat maka perlu diberikan pakan bergizi. Ayam aduan perlu tambahan pakan yang beragam seperti jagung, nasi, gabah, beras merah dan lain-lain.

Untuk itu gizi ayam aduan wajib terpenuhi supaya ayam tidak gampang sakit. Selain itu pakan yang berkualitas akan mempercepat perkembangan ayam.

 

Jamu ayam aduan

Ayam aduan tidak sama dengan jenis ayam lainnya. Pemberian jamu sangat diperlukan agar kualitas ayam jadi lebih baik.

Selain meningkatkan mutu, jamu bermanfaat sebagai ramuan pencegah penyakit serta menambah kesehatan ayam laga.

 

Perawatan rutin

Memelihara ayam aduan memang sedikit rumit dan perlu perawatan lebih. Misalnya seperti memandikan, menjemur ayam, melatih, dan sebagainya.

Apabila ayam hanya berada di dalam kandang pasti tidak sehat. Jadi ayam membutuhkan aktivitas setiap hari.

Baca: Cara Merawat Ayam Bangkok Agar Jadi Petarung Handal

 

Pemberian bodrex flu dan batuk bagi ayam termasuk cara yang efektif mengobati berbagai penyakit. Tapi sobat harus memperhatikan dosis yang sesuai. Utamakan menentukan dosis berdasarkan umur ayam.

Bodrex termasuk obat kimia, makanya perlu hati-hati dan jangan sembarangan. Sobat tentu tahu kalau efek samping obat kimia jauh lebih besar dibandingkan obat alami.

Nah itulah pembahasan seputar manfaat bodrex flu dan batuk guna mengatasi ngorok dan radang pada ayam. Semoga tulisan ini bermanfaat, salam satu hobi…

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *