Bounce Rate yang Bagus

Strategi Mencapai Bounce Rate yang Bagus

Bounce Rate yang Bagus

Bounce rate adalah persentase pentalan yang terjadi pada website atau blog. Sebagai seorang blogger anda perlu tahu berapa nilai bouncing yang baik serta cara menurunkannya.

Bounce rate bisa dijadikan tolak ukur berkualitas atau tidak-nya sebuah blog. Semakin berkembangnya SEO (Search Engine Optimization) menyebabkan mesin pencari lebih teliti dan selektif dalam memberikan posisi ranking pada hasil pencarian.

Pada dasarnya semakin kecil persentase bounce rate maka semakin bagus pula kualitas blog tersebut. Maka dari itu, pada tulisan kali ini saya akan sedikit menjelaskan strategi untuk mencapai bunce rate yang baik (menurunkan rasio pentalan).

 

 

Cara Cek Bounce Rate Blog Atau Website

Untuk mengetahui persentase bouncing yang terjadi pada blog, anda bisa menggunakan tools analysist online seperti Histats atau Google Analytic. Jika blog anda belum terhubung dengan histats silahkan ikuti panduan Cara Memasang Histats di Blog Dengan Langkah Praktis .

Berikut ini adalah laporan statistik histats harian salah satu blog yang saya kelolah.

cek bounce rate blog

Coba lihat gambar di atas, jika di hitung rata-rata nilai bouncing mencapai 65%, dan ni masih jauh di bawah rata-rata. Idealnya untuk blog yang sehat persentase yang bagus ialah di bawah 40%. Tapi jangang kawatir karena kita masih masih memiliki banyak kesempatan untuk memperbaikinya.

 

Penyebab Tingginya Bounce Rate

  • Bounce rate akan meningkat apabila pengunjung hanya membuka satu halaman lalu pergi meninggalkan halaman tersebut tanpa membuka halaman lain. Kemudian dipengaruhi oleh berapa lama pengunjung berada di blog anda. Rumit kan? Tapi meskipun demikian anda perlu memahami ini karena bounce rate mempengaruhi penilaian mesin pencari yang berimbas pada penempatan ranking situs anda.
  • Umumnya penyebab tingginya nilai bouncing pada blog ialah karena konten yang disajikan kurang berkualitas, sehingga pengunjung tidak membuka halaman lain di situs anda.
  • Kemudian bisa juga dipengaruhi oleh niche blog atau topik yang dibahas pada sebuah blog. Misal, Blog gado-gad0 (dengan topik umum) cenderung memiliki bounce rate yang tinggi.
  • Selain itu bounce rate bisa juga disebabkan oleh navigasi situs yang sulit dipahami pengunjung.

 

 

Cara Memperkecil dan Mengatasi Bounce Rate

Buat Konten Berkualitas

Ada banyak sekali cara yang perlu anda coba guna mengurangi tingginya nilai bouncing blog. Bagian yang paling mendasar ialah dengan membangun kepercayaan pengunjung pada situs anda, mulailah dengan membuat konten yang berkualitas agar pengunjung betah di blog anda.

Lebih Baik Memilih Niche Blog Khusus

Tidak bisa dipungkiri kalau mikro niche (topik khusus) memiliki nilai lebih bagi pembaca blog anda. Dengan niche khusus blog akan membuat blog anda lebih profesional.

Buat Navigasi Blog Sebagus Mungkin

Navigasi adalah panduan arah yang memudahkan pengunjung untuk mengakses halaman lain pada blog anda. Dalam hal ini sebaiknya tambahkan beberapa elemen penting pada blog anda, seperti:

  • Widget popular post,
  • Menggunakan related post di setiap postingan,
  • Gunakan juga widget kategori,
  • Menu yang terdapat pada blog harus jelas,
  • Usahakan tidak terdapat broken link (link rusak) pada blog anda,
  • Jika anda menggunakan Adsense, sebaiknya gunakan iklan Matched konten (konten yang sesuai).
  • Gunakan internal link di dalam artikel yang mengarah ke postingan lainnya.

 

Kesimpulan:

Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk mencapai bounce rate yang bagus itu tidaklah mudah. Bahkan hampir sebagian blogger mengalami kendala ketika mengatasi permasalahan yang satu ini. Tapi, meskipun demikian tidak ada salahnya untuk mencoba. Saya akhiri tulisan ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu yang berguna.

(Visited 144 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *