Buah-buahan ini Sangat Bermanfaat Bagi Ayam Aduan

7 Buah-buahan ini Sangat Bermanfaat Bagi Ayam Aduan

Ternyata pemberian buah-buahan sangat bermanfaat bagi ayam bangkok aduan. Memang untuk memenuhi kebutuhan gizi ayam supaya jadi berkualitas maka perlu diberikan buah-buahan. Seperti yang kita tahu bahwa merawat ayam bangkok aduan terbilang unik dan berbeda dengan jenis ayam lain.

Memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin pada ayam merupakan bagian penting yang tidak boleh dianggap remeh. Jadi agar ayam aduan jadi berkualitas memang sangat diperlukan perawatan khusus.

Pemberian pakan, jamu, binatang hidup dan buah-buahan kepada ayam bangkok aduan dapat membuat ayam jadi kuat sehingga layak menjadi juara.

Intinya tidak hanya latihan saja, agar hasil ternak lebih bagus maka harus didukung dengan pemberian nutrisi seimbang. Makanya ayam bisa lebih cepat jadi apabila diberikan perawatan yang sesuai.

Di sekitar kita ada berbagai jenis buah-buahan yang bermanfaat bagi ayam bangkok aduan namun banyak dari kita yang tidak tahu. Nah untuk itu kali ini kita akan membahasnya pada topik artikel ini.

 

Buah yang Bermanfaat Bagi Ayam Bangkok Aduan

Berbagai jenis buah bisa diberikan langsung kepada ayam, namun sebagian perlu dibuat menjadi jamu atau perlu tambahan bahan lainnya. Berikut ini beberapa buah yang baik diberikan pada ayam aduan:

1. Buah Mengkudu

Mengkudu termasuk buah yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan jamu dan ramuan herbal. Pada berbagai daerah buah yang satu ini memiliki banyak sebutan yakni mengkudu dan buah pace.

Ciri buah mengkudu yaitu berbentuk lonjong dan berwarna hijau, apabila buah sudah tua akan berwarna agak kuning.

Bagi ayam aduan buah mengkudu mempunyai berbagai khasiat, diantaranya sebagai jamu dan obat luka luar pada ayam. Selain itu buah mengkudu bagus diberikan secara rutin pada ayam untuk menjaga kekebalan tubuh ayam.

 

2. Buah Tomat

Pemberian tomat sudah menjadi kebiasaan umum para penggemar ayam laga. Terdapat banyak sekali khasiat dan manfaat tomat bagi ayam bangkok aduan.

Tomat kerap kita anggap sebagai sayuran, namun pada hakikatnya adalah jenis buah-buahan. Nah di dalamnya terkandung banyak sekali nutrisi dan yang paling utama yakni kaya akan vitamin A yang tinggi.

Tomat sangat baik untuk sistem pencernaan ayam, menjaga daya tahan tubuh dan mengandung serat yang tinggi. Selain itu bisa dijadikan obat berbagai penyakit ayam seperti penyakit ngorok dan menurunkan berat badan ayam yang terlalu gemuk.

 

3. Buah Pinang

Manfaat buah pinang atau jambe bagi ayam bangkok aduan sangat banyak sekali. Salah satunya ialah sebagai obat dan mencegah ayam agar tidak terkena penyakit cacingan.

Selain itu biji pinang baik diberikan pada ayam agar pencernaan dan sistem kekebalan tubuhnya terjaga.

Ramuan buah jambe sudah dipercaya berkhasiat bagi ayam sejak zaman dulu dan telah menjadi resep turun-temurun.

 

4. Buah Pisang

Mungkin sobat banyak yang belum mengetahui bahwa buah pisang bermanfaat bagi ayam bangkok.

Pisang termasuk salah satu buah yang kaya akan gizi dan mengandung serat sehingga baik bagi makhluk hidup.

Pemberian pisang pada ayam bisa dijadikan alternatif pengganti sayuran guna menjaga pencernaan ayam supaya selalu sehat. Kemudian buah ini juga baik untuk sirkulasi darah.

 

5. Pepaya

Buah pepaya atau yang kerap disebut kates mengandung vitamin A dan E yang begitu tinggi. Bagi peternak unggas pepaya dapat dijadikan tambahan pakan yang baik untuk menghemat pengeluaran pakan ternak.

Pepaya cocok sekali dikombinasikan dengan konsentrat, dedak dan nasi lalu diberikan sebagai racikan pakan ayam.

Buah pepaya bagus sekali untuk tahap pertumbuhan unggas, memperlancar pencernaan dan meningkatkan reproduksi hewan ternak.

 

6. Buah Naga

Mungkin pemberian buah naga pada ayam masih jarang dilakukan, namun sebagian peternak memberikan buah naga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada unggas.

Tahukah sobat bahwa buah naga mengandung Vitamin B1 dan B2 yang tinggi sehingga baik untuk meningkatkan stamina ayam laga.

Jadi buah naga cocok sekali sebagai pakan tambahan bagi ayam yang mudah lelah atau memiliki stamina kurang bagus.

 

7. Sawit

Pada daerah sekitar perkebunan, biasanya peternak memanfaatkan limbah hasil pengolahan sawit sebagai makanan hewan ternak.

Selain itu banyak sekali penelitian yang membahas bahwa sawit sangat bagus untuk makanan ternak.

Sawit memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi sehingga bisa menjadi pengganti karbohidrat sebagai penambah energi bagi ayam bangkok aduan.

 

 

Untuk meningkatkan mutu ayam bangkok aduan perlu diberikan buah-buahan guna memenuhi kebutuhan gizi nya.

Pasti sobat ingin ayam kesayangan yang dipelihara memiliki kualitas bagus sehingga layak menjadi juara.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *