Burung Pleci Malas Bunyi

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Pleci Malas Bunyi

Semua pasti berharap burung yang dipelihara memiliki suara kicau yang bagus. Akan tetapi tidak jarang pula burung pleci justru malas bunyi. Makanya dalam hal perawatan kita harus sabar.

Ada berbagai penyebab kenapa burung pleci yang tidak mau buka paruh atau malas bunyi. Misalnya saja dari segi perawatan seperti pakan, menjemur, memaster dan faktor lainnya.

Macet bunyi bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kurangnya pemberian pakan yang berkualitas dengan nilai gizi yang cukup.

Ketika hidup di alam liar, burung pleci mencari makan sendiri, mengkonsumsi banyak jenis makanan untuk memenuhi asupan gizi, makanya dia lebih aktif bergerak dan juga rajin gacor.

Namun, ketika burung di pelihara di dalam sangkar, kita sebagai pemilik sering tidak peka dengan apa yang dia butuhkan. Terutama dari segi kebutuhan gizi yang sangat penting yang seharusnya terpenuhi.

Banyak dari kita yang berharap burung pleci selalu berbunyi namun melakukan banyak kesalahan dalam hal perawatan. Maka dari itu untuk kedepannya kita harus lebih memperhatikan burung kesayangan kita.

 

Penyebab Burung Pleci Malas Bunyi

Selain kurangnya pemberian pakan yang berkualitas, ada beberapa hal yang menjadi permasalahan yang membuat burung menjadi macet bunyi, seperti :

  • Burung dalam keadaan mabung atau ganti bulu.
  • Burung pleci dalam keadaan kurang fit atau sedang sakit.
  • Burung stres karena selalu berada di tempat yang hening dan sepi.
  • Sangkar pernah jatuh dan mengakibatkan burung cemas.
  • Burung pleci trauma dari hewan predator, atau keberadaan hewan lain.

 

Cara Mengatasi Burung pleci Malas Bunyi

Agar membuat pleci menjadi rajin gacor kembali, maka membutuhkan perubahan dalam merawatnya, adapun caranya dengan perawatan harian dan melakukan terapi.

Memandikan dan menjemur

Pada pagi hari burung dimandikan dengan menggunakan air yang dingin yang di ambil dari kulkas, atau juga di ambil dari air yang telah disiapkan sebelumnya yang disimpan di luar pada malam hari. Setelah itu jemur burung hingga bulu pleci kering kembali, sambil memberikan kroto 2 sampai 3 butir.

 

Pakan dan Suplemen

Selain memberikan pakan dari kroto pada pagi hari, burung pleci juga di berikan pakan dari buah-buahan untuk memenuhi nutrisi burung. Di alam liar sebenarnya burung pleci hanya memakan buah.
Kemudian peran vitamin juga sangat vital bagi burung peliharaan. sobat bisa membelinya di toko hewan peliharaan tergantung kebutuhan.

 

Terapi Burung Pleci

Terapi merupakan cara terbaik untuk membuat pleci jadi lebih bersuara. Caranya cukup beragam, sobat bisa meletakkan burung di ruang yang sepi kemudian membunyikan MP3 atau audio burung pleci gacor untuk melatihnya.

Sebaiknya untuk pleci yang masih bahan jangan melakukannya secara berlebihan. Pertama berikan rekaman suara yang sederhana yang mudah diikuti oleh burung.

Apabila sobat langsung menggunakan suara burung yang sudah bagus malah bisa-bisa menyebabkan burung pleci jadi lemah mental. Bahkan ironisnya dia justru tambah macet bunyi.

 

Perawatan Harian Burung Pleci

Tidak bisa dipungkiri bila pola perawatan menjadi bagian paling penting agar burung kicau jadi lebih gacor dan rajin bunyi. Berikut beberapa cara merawat burung pleci:

  • Lakukan pengembunan pada burung setiap pagi hari antara pukul 6-7 pagi.
  • Setelah itu burung dimandikan dan dijemur di bawah terik matahari pagi sampai jam 10.
  • Sobat harus rutin menjaga kebersihan kandang.
  • Berikan EF atau ekstrafooding untuk burung pleci agar tingkat birahi burung lebih optimal.
  • Lalu burung perlu diberikan vitamin dan suplemen agar lebih prima dan kesehatannya terjaga.
  • Lakukan masteran dengan suara MP3 atau lebih bagus dengan burung untulan.
  • Jika sobat memiliki waktu luang, coba sesekali biarkan pleci sedikit lebih bebas pada kandang umbaran.

Baca: Paling Akurat, Cara Membedakan Burung Pleci Jantan Betina

 

Memelihara burung pleci yang malas bunyi tentu sangat membosankan, akan tetapi beberapa penyebabnya bisa saja dikarenakan cara perawatan yang sobat lakukan. Nah apabila sobat merasa melakukan kesalahan maka sebaiknya segerah mengoreksinya. Itulah sedikit tips dari kami, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Memberikan solusi dan informasi bagi pengunjung situs ini., Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *