Membuat Racikan Pakan Ayam Bangkok

Cara Membuat Racikan Pakan Ayam Bangkok Berprotein Tinggi

Cara Membuat Racikan Pakan Ayam Bangkok Berprotein Tinggi – Membuat racikan pakan ayam bangkok berprotein tinggi sangat penting supaya pengeluaran biaya pakan jauh lebih hemat. Bila anda beternak ayam bangkok dengan skala yang besar maka anda harus cerdas menekan biaya pengeluaran pakan tanpa mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan ayam.

Sebagai seorang peternak kita wajib tahu apa saja makanan yang dibutuhkan ayam. Pakan racikan adalah pakan yang dibuat dengan kombinasi dari berbagai pakan sebagai alternatif pakan pengganti. Biasanya dalam ilmu peternakan racikan pakan disebut dengan ransum.

Beberapa bahan yang bisa kita manfaatkan sebagai bahan pembuatan pakan diantaranya ialah voer (konsentrat), jagung, dedak, gabah serta beberapa pakan fermentasi ayam bangkok lainnya.

Apakah penting membuat pakan racikan?

Mungkin sebagian dari teman-teman ingin mengetahui alasan kenapa kita perlu membuat pakan ayam bangkok sendiri. Berikut ini beberapa keuntungan seorang peternak bila bisa membuat menu pakan ternak sendiri

  • Alternatif pakan sangat diperlukan agar peternak tidak terlalu banyak menghabiskan biaya. Dengan kata lain peran racikan pakan ayam ini bisa menghemat pengeluaran.
  • Dengan membuat pakan sendiri anda bisa tahu nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh ayam bangkok.
  • Anda bisa memanfaatkan pakan yang bermutu rendah. Jadi dengan dikombinasikan dengan pakan berkualitas maka mutu pakan ayam menjadi seimbang.
  • Kualitas ayam bangkok dilihat dari teknik bertarungnya, jadi supaya mendapatkan hasil yang maksimal perlu membuat pakan khusus.
  • Pakan ayam buatan merupakan sebuah ilmu yang sangat berharga, pasti setiap peternak memiliki cara tersendiri dalam pembuatan pakan ternak.

Kendala perawatan ayam bangkok dilihat dari segi pakan

Usaha budidaya ternak memang tidak lepas dari permasalahan dan resiko. Ini fakta, tapi kebanyakan peternak pemula sering ditimpa beberapa kendala diantaranya

  • Pertumbuhan ayam yang lambat meskipun sudah diberikan pakan dengan porsi yang banyak.
  • Kesalahan dalam pemberian makanan ayam, baik itu jenis pakan, waktu serta kombinasi pakan yang kurang sesuai.
  • Kurangnya pengetahuan akan nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam bangkok sehingga pakan yang diberikan tidak cocok.

Apa yang harus dilakukan?

Setelah mengetahui alasan membuat pakan ayam bangkok dan berbagai kendala di atas pastinya anda ingin segera mencari jalan keluar dari persoalan ini. Berikut adalah tips dari penulis yang mungkin bisa membantu anda

  • Pertama koreksi apakah pola pemberian pakan yang ada lakukan selama ini sudah benar atau masih kurang maksimal.
  • Apakah anda sudah tahu pakan apa saja yang cocok untuk ayam bangkok?., jika belum sebaiknya anda harus lebih rajin menambah wawasan dengan banyak belajar.
  • Berbagi pengetahuan antara sesama peternak ayam bangkok. Untuk sekarang tentu tidak sulit untuk mencari mentor (pembimbing). Anda bisa memanfaatkan sosial media dan bergabung dengan forum atau grup para peternak untuk menambah pengetahuan.

 

Cara Membuat Racikan Pakan Ayam Bangkok

Di bawah ini adalah cara membuat racikan pakan ayam bangkok yang sengaja kami rangkai berdasarkan umur ayam.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Umur 0-3 Bulan

Pada tahap pertama ini adalah saat paling penting dan perlu mendapat banyak perhatian. Pasalnya anak ayam yang baru menetas begitu rentan terhadap penyakit dan mudah mati.

Selain itu pertumbuhan anak ayam pada saat berusia di bawah tiga bulan akan sangat berpengaruh terhadap masa perkembangan selanjutnya.

Jadi karena tahap ini sangat rawan sekali maka peternak perlu memberikan makanan yang sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan anak ayam.

1. Kombinasi pakan dari kosentrat dengan nasi

Secara umum makanan yang cocok untuk anak ayam yang baru menetas ialah konsentrat (Voer). Namun bila kita hanya memberi voer saja pada anak ayam tentu akan menguras banyak biaya.

Penghematan pakan ini adalah cara terbaik yang bisa kita terapkan akibat tingginya harga voer yang setiap tahun mengalami kenaikan.

Nasi putih adalah salah satu pakan yang bisa dijadikan pilihan untuk dikombinasikan dengan kosentrat. Nasi sangat kaya akan karbohidrat dan bila dicampurkan dengan konsentrat akan mengembang sehingga ayam menjadi cepat kenyang.

Cara membuat olahan pakan ini begitu sederhana, pertama campur nasi dengan konsentrat dan kemudian siram dengan air panas. Dengan begitu pakan akan mengembang sehingga menjadi banyak, nah setelah dingin pakan bisa diberikan pada anak ayam.

Resep makanan ayam yang satu ini termasuk resep andalan penulis guna menghemat pakan., jadi silahkan di coba.

2. Racikan pakan konsentrat dengan berbagai bahan

Selain menggunakan nasi putih, anda juga bisa membuat olahan pakan dengan berbagai bahan. Cara ini sangat efektif bila anda ingin memperkaya nutrisi pada pakan ayam.

Beberapa bahan yang bisa anda campur dengan konsentrat diantaranya adalah dedak padi, jagung giling halus (menir), tepung ikan, dan jenis pakan lainnya.

Bahan-bahan tersebut harganya sangat murah dan terjangkau, meskipun demikian jangan meremehkan mutu dan kualitas pakan yang dihasilkan.

Intinya yang menjadi penentu bagus tidaknya hasil pembuatan racikan pakan ayam bangkok adalah keseimbangan serat yang terdapat pada pakan. Selanjutnya anda juga harus memahami kandungan gizi pada bahan yang digunakan.

 

Racikan Pakan Ayam Bangkok Muda dan Induk Ayam

Ayam bangkok muda atau ayam lancuran ialah ayam yang memasuki masa pertengahan dimana ayam telah berusia lebih dari empat bulan.

Idealnya makanan pokok untuk ayam aduan muda adalah jagung. Tapi supaya lebih irit kita juga bisa membuat kombinasi pakan yang seimbang dan sesuai kebutuhan.

Sekedar berbagi pengalaman, pada masa ini saya selalu menerapkan pola perawatan yang sama antara ayam muda dengan induk ayam.

1. Racikan ransum harian ayam bangkok

Secara bahasa ransum adalah makanan yang telah ditentukan porsinya bagi setiap orang. Jadi dengan membuat ransum harian anda bisa mengatur pola dan waktu pemberian pakan pada ayam bangkok.

Kebanyakan orang menerapkan ransum pakan ini untuk jenis ayam potong dan ayam petelur. Namun pada dasarnya cara ini juga bisa diterapkan kepada ayam bangkok aduan.

Jenis pakan yang cocok sebagai bahan pembuatan ransum ayam bangkok diantaranya jagung, gabah, singkong, kedelai, serta anda bisa memberi sedikit tambahan konsentrat.

 

2. Resep membuat pakan ayam hemat

Selain membuat ransum pakan seperti yang dijelaskan di atas, anda juga bisa mencoba alternatif dengan memasak pakan ayam.

Mungkin cara ini terdengar aneh dan jarang dilakukan peternak ayam bangkok.,

Memasak makanan ayam sendiri bisa jadi pilihan yang paling efektif untuk menghemat pakan ayam. Berikut ini cara membuatnya

  • Pembuatan pakan ini menggunakan bahan utama beras dan jagung giling,
  • Selanjutnya campurkan beras dan jagung kemudian dimasak layaknya kita memasak nasi.
  • Nah setelah matang berikan bahan tambahan seperti tepung ikan, sayuran (kubis/sawi).
  • Kemudian berikan pada ayam.

Pakan buatan ini tidak hanya cocok untuk ayam muda dan induk ayam saja, untuk ayam dewasa juga bisa diberikan olahan pakan ini.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Aduan Dewasa

Tahap terakhir dari perawatan ayam aduan ialah ketika ayam bangkok sudah siap diadu atau telah dewasa. Pada masa ini ayam membutuhkan latihan, perawatan khusus dan pakan yang berkualitas supaya bisa menjadi ayam juara.

Memang pada kenyataannya memelihara ayam dewasa lebih menguras kantong bila dibandingkan dengan ayam muda. Selain pakan kita juga perlu memberikan suplemen, jamu, vitamin agar ayam jadi kuat.

Untuk racikan pakan ayam dewasa ini tidak bisa disamakan dengan yang sebelumnya karena masa ini adalah tahap menjadikan ayam.

Jadi pakan yang paling cocok adalah jagung dan beras merah. Jagung sangat cocok untuk ayam tipe pukul, sedangkan beras merah baik untuk ayam tipe jalu.

Kemudian berikan pakan selingan guna mencukupi kebutuhan gizi ayam dengan nasi putih, gabah, sayuran, kosentrat.

Dengan pakan tersebut serta latihan yang benar ayam bangkok akan menjadi ayam aduan yang berkelas.

 

Kesimpulan

Sebenarnya untuk membuat racikan pakan ayam bangkok tidaklah sulit. Dalam hal ini tinggal tergantung kreasi para peternak itu sendiri.

Kemudian sangat dibutuhkan pengetahuan tentang unsur-unsur gizi yang terdapat pada pakan ayam sebelum anda mencoba membuatnya.

Ingat, tujuan kita membuat pakan sendiri ialah untuk menghemat biaya, tapi jangan sampai lupa perhatikan juga kebutuhan ayam.

Untuk menghasilkan ayam bangkok yang berkualitas dan bermutu tinggi memang membutuhkan modal yang cukup banyak. Namun bila berhasil memilikinya maka nilai jualnya pun akan sesuai dengan usaha yang dikorbankan.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *