Cara Membuat Sitemap Agar Website Muncul Di Pencarian

Hello teman-teman blogger,, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat sitemap agar website atau blog muncul di pencarian (search engine). Mungkin bagi kalian yang sudah paham dengan sitemap tidak perlu lagi membaca artikel ini, tapi bagi anda yang belum paham jelas artikel ini jangan sampai dilewatkan.

Setelah membuat sebuah blog, selanjutnya yang harus dilakukan adalah mendaftarkan blog ke mesin pencari dan membuat Sitemap agar blog bisa diindex. Langkah ini sama halnya dengan memberitahukan keberadaan blog anda kepada mesin pencari supaya dirayapi.

Kesimpulannya: dengan membuat sitemap/peta situs maka blog anda akan muncul di hasil pencarian.

Baca juga:

 

Perbedaan Sitemap Dengan Daftar isi

Kebanyakan blogger salah kaprah dan menganggap sitemap sama dengan daftar isi. Dalam hal ini saya ingin meluruskan pendapat ini bahwa sitemap (peta situs) berbeda dengan daftar isi.

Sitemap

Mudahnya sitemap dapat diartikan sebuah data dengan format XML yang berisikan alamat (url) sebuah situs web. Sitemap berfungsi untuk memudahkan mesin pencari melakukan crawl (merayapi) sebuah situs.

Daftar Isi

Kemudian daftar isi, yaitu sebuah halaman web yang berisikan link yang mengarah ke halaman lain nya. Fungsi utama dari daftar isi adalah untuk memudahkan pengunjung situs menemukan apa yang mereka cari, atau dengan kata lain mempermudah navigasi situs.
Nah.,, dari penjelasan di atas pastinya anda sudah tahu perbedaan sitemap dengan daftar isi, jadi jangan sampai salah membedakannya.

 

Cara Membuat Sitemap Blog yang Mudah Dipahami Mesin Pencari

Pastikan anda sudah mendaftarkan blog anda ke Google Webmaster, dengan begitu anda bisa mengirimkan peta situs anda supaya blog bisa langsung dirayapi. Bagi mesin pencari, hanya ada 4 jenis peta situs (sitemap) yang bisa dirayapi., yaitu : XML RSS, mRSS, dan Atom, Teks, Situs Google.

Contoh Sitemap yang Bisa diguanakan di semua platform

Anda bisa menambahkan sitemap dengan melakukan add sitemap pada webmaster, sebagai contoh: http://namadomain.com/sitemap.xml

  • sitemap.xml
  • atom.xml

Sitemap.xml adalah peta situs standar yang bisa digunakan untuk semua platform. Dalam hal ini sitemap ini paling ideal dan mudah untuk digunakan.

Saya sarankan untuk memakai kedua sitemap di atas, tapi jika terjadi masalah atau sitemap error maka anda bisa mencoba alternatif lain.

Contoh Sitemap lain yang bisa dijadikan alternatif

  • Sitemap_index.xml (sitemap khusus untuk WordPress Self Hosting)
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 (jika postingan lebih dari 500)
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1001&max-results=500 (jika postingan lebih dari 1000)
  • feeds/posts/default (bonus)
  • feeds/posts/default?alt=rss (bonus)

Nah itulah beberapa sittemap yang bisa anda gunakan. Jika tidak terjadi error, saya rasa format sitemap.xml sudah cukup untuk membuat mesin pencari merayapi situs anda.

 

Kesimpulan

Dengan membuat sitemap maka website anda akan muncul pada pencarian dan bisa langsung bersaing dengan situs lainnya. Biasanya indeks mesin pencari hanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari, jadi anda bisa langsung mengecek blog anda apakah sudah muncul di pencarian atau belum.

(Visited 137 times, 1 visits today)

Related Posts

About The Author

Add Comment