Mencari Kata Kunci Blog

Cara Mencari Kata Kunci Blog Paling Banyak Dicari

Mencari Kata Kunci Blog

Hello Blogger,, pasti anda sedang membutuhkan petunjuk tentang bagaimana cara mencari kata kunci blog yang paling banyak dicari di Google. Nah, mungkin untuk masalah riset kata kunci sudah sangat sering dibahas pada situs lain. Tapi itu tidak masalah karena tips dari saya ini adalah yang paling mudah untuk dipraktekan, bahkan oleh pemula sekalipun.

Jadi begini, banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mencari kata kunci, tapi tidak semua cara tersebut mudah untuk dilakukan. Bahkan ada beberapa tutorial yang memberikan cara yang sebenarnya sulit dipahami oleh pemula. Ingat kawan, menjadi blogger itu fleksibel..,, Jadi tulis saja apa yang ingin anda tulis sesuai dengan keahlian anda.

Baca Juga Artikel: Cara Mudah Agar Postingan Cepat Terindex Google

Oke langsung saja,, saya akan menjelaskan to the poin saja. Pada dasarnya banyak tools yang bisa anda pakai untuk mencari kata kunci blog yang paling banyak dicari orang, seperti Keywords Planner, Ubersuggest dan KerwordTools. Tapi saya hanya akan menjelaskan cara mencari kata kunci blog dengan menggunakan google auto suggest.

 

Apa itu Google Auto Suggest?

Google Auto Suggest adalah fitur Google yang merekomendasikan pengunjung untuk menggunakan kata kunci ekor panjang (long tail keyword). Fitur ini bisa anda gunakan untuk riset dan mencari kata kunci yang lagi populer di pencarian google. Jika dibandingkan dengan tools lain Google Auto Suggest lebih mudah untuk digunakan. Bahkan anda bisa mencari kata kunci dalam waktu 5 menit saja.

Perlu anda ketahui jika rekomendasi kata kunci dari Google Auto Suggest memiliki potensi untuk membawa blog anda pada halaman pertama Google. Hal ini dikarenakan Google Auto Suggest memberikan banyak pilihan kata kunci baru yang belum digunakan oleh blog lain. saya sendiri lebih suka menggunakan fitur ini dibandingkan mencari kata kunci dengan cara yang ribet.

 

Berikut Adalah Cara Mencari Kata Kunci Blog Paling Banyak Dicari

Perhatikan dengan benar panduan di bawah ini,, saya akan menggunakan banyak gambar untuk contoh praktek. Jadi benar-benar dibaca, jangan lupa berdo’a sebelum mencari/riset kata kunci blog agar postingan bisa berada di halaman pertama google.

Langkah #1

Pertama masuk ke Google dengan mengetikan kata kunci. Sebagai contoh saya akan membuat postingan tentang “Mencari Kata Kunci Blog”. Itu adalah kata kunci yang saya targetkan, setelah itu Google akan merekomendasikan beberapa kata kunci ekor panjang.Mencari Kata Kunci Blog

Lihat ada tiga saran dari google yang bisa dipilih. kemudian copy atau salin tulisan tersebut pada notepad. Nah itu adalah kata kunci turunan yang bisa anda pakai saat anda mulai menulis postingan nantinya.

Baca Juga: Bahaya Smart Pricing Adsense dan Cara Mengatasinya

Langkah #2

Kemudian scroll ke bawah dan lihat saran dari google yang ada pada penelusuran terkait. Selanjutnya pilih kata kunci yang memiliki keterkaitan dengan postingan yang akan dibuat. Dalam hal ini saya mengambil tiga kata kunci yang menurut saya berhubungan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah.Mencari Kata Kunci Blog

Dari beberapa kata kunci yang diarankan saya mendapatkan banyak sekali ide dari kata kunci dasar “mencari kata kunci blog”. Jadi dari kata kunci tersebut saya sudah mendapatkan kata kunci utama dan kata kunci turunan.

 

Langkah #3

Dari penjelasan nomor dua kemudian saya tertarik untuk membuat tulisan “mencari kata kunci terbanyak di google” sesuai dengan penelusuran yang disarankan oleh Google. Setelah itu saya mengkliknya dan melihat seberapa sulit tingkat persaingan untuk kata kunci tersebut.Mencari Kata Kunci Blog

Gambar di atas menunjukan bahwa persaingan untuk kata kunci tersebut sangatlah sulit. Dilihat dari hasil pencarian dan menyebabkan saya tidak yakin bisa berada di page one. Jadi saya sedikit melakukan beberapa upaya untuk ini.

Untuk melihat persaingan yang sebenarnya, kemudian saya coba menggunakan SEOquake. Anda bisa memasang SEOquake dengan menambahkannya pada extension browser yang anda pakai. Add on ini sangat membantu untuk melihat persaingan pada mesin pencari.

Setelah saya mengakifkan SEOquake maka persaingan kata kunci terlihat sangat jelas. Pada gambar di atas menunjukan bahwa tinggat kesulitan kata kunci adalah 46% dan blog pesaing sangat kuat.

 

Langkah #4

Karena tinggat persaingan sangat ketat kemudian saya mencoba meminta saran lagi kepada google dengan mengetikan kata kunci dasar “Cara Mencari Kata Kunci Blog”. Lalu kemudian saya mendapatkan beberapa rekomendasi dan saya memilih kata kunci ekor panjang dengan menambahkan“Paling Banyak Dicari”, lihat pada gambar di bawah.mencari long tail keyword

Kemudian setelah saya klik kata kunci tersebut ternyata tingkat kesulitan dan persaingannya tidak terlalu berat, yaitu 27% untuk keyword difficulty. Jadi semakin kecil keyword difficulty maka semakin besar peluang postingan untuk berada di page one.

Kesimpulannya saya menemukan ide untuk menggabungkan kombinasi dari kata kunci utama dan kata kunci turunun. Akhirnya saya tertarik untuk membuat postingan tentang “Cara Mencari Kata Kunci Blog Paling Banyak Dicari”.

Baca Juga: 15 Penyebab Kegagalan Mengelolah Blog yang Perlu Dihindari

 

Ingat.,, sebelum membuat postingan anda perlu menyisipkan kata kunci pendukung yang sudah anda salin pada notepad. Kemudian anda juga perlu memahami tentang Optimasi SEO on Page,.. ini sangat penting agar postingan anda lebih disukai mesin pencari. Anda perlu tahu untuk bisa page one anda tidak bisa hanya mengandalkan kata kunci, tapi ada beberapa faktor lain yang mempengaruhinya.

(Visited 388 times, 1 visits today)

2 thoughts on “Cara Mencari Kata Kunci Blog Paling Banyak Dicari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *