mencari long tail keyword

Begini Cara Mencari Long Tail Keyword Paling Mudah

mencari long tail keyword

Kali ini kita akan sedikit mengulas bagaiman cara mencari long tail keyword untuk blog. Sebagai seorang blogger kita harus lebih jelih saat melakukan riset kata kunci. Dalam hal ini anda perlu memikirkan strategi SEO yang akurat supaya konten yang dibuat bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari.

Long tail keyword adalah kata kunci ekor panjang atau yang biasa disebut kata kunci turunan. Kata kunci ini terdiri dari beberapa kata, jika kata kunci utama hanya berisikan 2-3 kata maka untuk long tail keyword bisa sampai 4-8 kata.

 

Alasan Menggunakan Long Tail Keyword

Hampir semua blogger yang mengenal SEO lebih memilih menggunakan kata kunci turunan (long tail) dibandingkan membidik short keyword. Ini alasanya:

Tingkat persaingan rendah

Umumnya long tail keyword cenderung memiliki tingkat persaingan yang rendah (low competition). Sehingga dengan memilih long tail keyword kesempatan bersaing pada mesin pencari menjadi lebih besar.

Bagus untuk blog baru

Apabila blog yang baru dibangun membidik kata kunci pendek pastinya akan sulit untuk berada dihalaman pertama. Alasan yang paling masuk akal ialah karena kata kunci pendek sudah dikuasai oleh blog-blog yang sudah berumur.

Long tail keyword bisa saja populer

Jika anda beranggapan kalau kata kunci turunan volume pencariannya minim dan tidak bagus untuk mengundang pengunjung maka anda harus merubah pola pikir anda. Ingat bahwa trend pencarian di internet selalu berubah-ubah, kata kunci yang sekarang tidak menarik bisa jadi akan populer di masa depan.

Baca Juga: 

 

Begini Cara Mencari Long Tail Keyword Paling Mudah

Mungkin sebagian dari anda masih bingung ketika mencari long tail keyword dan cenderung menghabiskan waktu lama untuk riset kata kunci. Jangan kauatir karena dibawah ini saya akan menjelaskan metode sederhana dan cepat untuk menemukan kata kunci.

Mencari Long Tail Keyword Menggnakan Google

Ini adalah cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Anda tinggal mengetikan beberapa kata dan google akan menyarankan kata kunci turunannya (long tail). Sebagai contoh, saya tertarik membidik kata kunci “makanan ringan”, maka akan ada beberapa pilihan kata kunci yang ditampilkan oleh Google.mencari long tail keyword

Selanjutnya anda bisa juga melihat kata kunci turunan pada hasil penelusuran yang terkait. Caranya scroll ke bagian bawah dan lihat hasil kata kunci yang saling berkaitan.kata kunci turunan yang terkait

Selanjutnya anda tinggal memilih dan memodifikasi kumpulan kata kunci yang anda dapatkan. Karena saya menggunakan ADD On Keyword Everiwhere”, jadi lebih mudah untuk mengetahui volume pencarian bulanan dan CPC kata kunci.

 

Mencari Long Tail Keyword Menggunakan Keyword Tool

Alat yang paling mudah untuk mencari long tail keyword diantaranya adalah Keywordtool.io . Silahkan Klik Di sini untuk mengunjungi situsnya.

Kemudian ketikan kata kunci yang ingin anda riset turunannya, misal “optimasi gambar”. Maka keyword tool akan menampilkan hasil berupa long tail keyword seperti gambar di bawah.keyword tool

Setelah anda selesai mencari long tail keyword maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan analisis untuk membuat judul postingan. Kemudian jika anda sudah menemukan ide judul postingan yang bagus selanjutnya tinggal membuat konten/postingan. Jangan lupa pahami bagaimana cara membuat judul postingan berkualitas SEO dan juga pelajari cara menempatkan kata kunci pada postingan.

Sebenarnya cara mencari long tail keyword di atas sangatlah mudah untuk dilakukan. Saya selalu menggunakan cara ini dengan alasan mudah dan sederhana.

(Visited 248 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *