cara menggemukan ayam aduan

Cara Cepat Menggemukan Badan Ayam Bangkok Aduan

Ayam aduan yang terlalu kurus pasti tidak diuntungkan saat bertanding di arena. Maka dari itu berbagai upaya dapat dilakukan untuk menggemukan badan ayam bangkok secara cepat dan instan.

Ayam bangkok aduan harus mempunyai bentuk tubuh ideal supaya bisa menang saat bertanding. Jadi dalam hal ini ayam tidak kurus dan tidak pula terlalu gemuk.

Ayam yang kurus memiliki kelebihan dari segi kelincahan tapi tidak tahan terhadap pukulan lawan. Kemudian ayam yang terlalu gemuk pasti lebih tahan pukul namun gerakannya lambat.menambah berat badan ayam

Untuk itu kondisi ayam aduan yang bagus yakni mempunyai bentuk tubuh ideal. Bila ayam terlalu kurus maka sobat harus menambah berat badan ayam dan sebaliknya bila ayam kegemukan.

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas bagaimana cara cepat menggemukan ayam bangkok aduan. Nah sobat perlu tahu bahwa setiap ayam memiliki ukuran ideal berdasarkan keturunan.

Selain itu ada pula faktor lain yang bisa menjadi pemicu ayam susah gemuk. Sobat bisa membaca tulisan sebelumnya mengenai penyebab ayam bangkok kurus.

 

Beberapa Cara Menggemukan dan Menambah Berat Badan Ayam Aduan

Bagian paling penting yang perlu diperhatikan ialah pakan, nutrisi yang cukup akan mempercepat pertumbuhan ayam. Kemudian mengurangi aktivitas fisik pada ayam pada tahap menambah berat badan. Berikut beberapa langkah yang dapat sobat tempuh:

1. Berikan Obat Cacing

Kemungkinan yang bisa saja terjadi sehingga ayam kurus ialah terkena penyakit cacingan. Jadi sobat bisa lebih dulu memberikan obat cacing pada ayam.

Obat cacing mudah ditemukan di apotik terdekat, atau sobat bisa membuat sendiri menggunakan bahan alami.

 

2. Pemberian Daun Pepaya

Manfaat daun pepaya bagi ayam bangkok aduan sangat banyak. Dimana bisa meningkatkan nafsu makan dan mempercepat metabolisme pada ayam.

Pemberian daun pepaya secara rutin sangat bagus untuk menjaga kesehatan ayam aduan.

 

3. Pemberian voer

Cara menambah berat badan ayam yang paling efektif yaitu dengan pemberian pakan voer atau kosentrat. Langkah ini sangat cocok untuk menggemukan ayam bangkok muda.

Tapi ingat, voer tidak bagus untuk ayam dewasa karena dapat melemahkan otot ayam. Dengan begitu otot ayam menjadi lembek sehingga tidak keras.

 

4. Pemberian Nasi

Pada saat menambah berat badan ayam kita bisa memberikan pakan tambahan nasi putih. Karbohidrat yang terkandung di dalamnya sangat berguna untuk ayam.

Nasi putih lebih bagus karena tidak membuat lembek otot ayam. Jadi lebih bagus untuk ayam dewasa apabila dibandingkan voer.

Baca: Manfaat Luar Biasa Nasi Putih Untuk Ayam Bangkok

 

5. Beras Merah

Selanjutnya sobat dapat memberikan beras merah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada ayam. Nah bila sobat takut ayam jadi kegemukan maka bisa memberinya beras merah.

Protein yang terkandung di dalamnya bagus untuk menjaga kadar otot pada ayam.

Baca: Manfaat Pemberian Beras Merah Untuk Ayam Aduan

 

6. Telur Puyuh atau Telur Bebek

Tahukah sobat kalau ternyata kandungan protein ada pada telur puyuh dan juga telur bebek termasuk yang paling tinggi. Makanya sangat baik diberikan pada ayam aduan agar kualitasnya jauh lebih baik.

Fungsi telur juga berguna untuk menambah berat badan ayam sekaligus untuk pembentukan otot ayam.

 

7. Buah dan Sayuran

Kemudian gizi yang tidak kalah penting dan sangat dibutuhkan oleh ayam yaitu yang bersumber dari buah dan sayur. Sobat bisa melihat artikel daftar buah untuk ayam aduan.

Buah dan sayur kaya akan serat dan protein nabati sehingga sangat bagus untuk menambah bobot ayam bangkok jadi berisi dan kekar.

 

8. Mengurangi Aktivitas Pada Ayam

Menggemukan ayam bangkok aduan tidak hanya bergantung pada makanan yang diberikan saja. Selain itu cara perawatan juga patut diperhatikan, misalnya dengan mengurangi aktivitas pada ayam.

Ayam yang terlalu aktif melakukan aktivitas bisa menjadi penyebab kenapa ayam jadi kurus dan susah gemuk. Maka dari itu pada saat menambah berat badan ayam harus dimasukkan ke kandang pribadi.

 

Rekomendasi:

 

Beberapa makanan ayam aduan di atas bisa membantu menggemukan badan ayam bangkok aduan. Agar hasil maksimal ayam tidak harus di kurung, jadi sekali-kali perlu diberikan latihan fisik supaya otot ayam tidak lembek.

Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *