mengobati ayam ngorok

Cara Mengobati Ayam Ngorok Paling Ampuh dan Mujarab

Penyakit ngorok pada ayam memang kerap terjadi, apalagi ketika keadaan cuaca yang begitu buruk. Secara fisik ayam ngorok terlihat seperti sedang menderita demam dan pilek, namun akar permasalahan dari penyakit ini ialah diakibatkan sistem pernapasan yang terganggu.

Walaupun penyakit ini sering dianggap sepele, sebagai seorang peternak anda wajib waspada dengan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit yang satu ini. Apabila dibiarkan penyakit ngorok bisa tak kunjung sembuh dan bahkan dapat menular ke ayam lainnya.

Pada dasarnya semua penyakit adalah sebuah ancaman yang dapat menghambat kelangsungan usaha para peternak. Maka dari itu sangat penting melakukan pencegahan dan segera mengobati ayam yang terserang penyakit ngorok.

 

Penyebab ayam ngorok yang wajib anda tahu

Terdapat tiga kemungkinan pasti kenapa ayam menderita penyakit ngorok, yaitu disebabkan karena keadaan suhu dan temperatur udara yang kurang baik, terinfeksi virus dan bakteri dan yang terakhir karena kesalahan perawatan.

Suhu dan Kelembapan Udara

Keadaan suhu normal untuk unggas yaitu antara 25 sampai 28 derajat celcius dan kelembapan normal untuk ayam yaitu 60-70%. Masalah yang paling sering terjadi karena keadaan suhu dan kelembaban yang tidak stabil ialah akan terganggu sistem pernafasan pada unggas.

Terinfeksi Penyakit

Penyebab ayam ngorok bisa juga disebabkan komplikasi penyakit yang menyerang ayam. Beberapa penyakit yang kemungkinan menjadi penyebab ayam ngorok diantaranya adalah CDR, Korisa, Snot, Infeksius Laryngo Tracheitis dan beberapa penyakit serupa lainnya.

Pola Perawatan

Kemudian pola perawatan yang tidak sesuai bisa juga menjadi pemicu penyakit ngorok. Misalnya saja pola ransum (pemberian pakan) yang tidak sesuai, kebersihan kandang, kurang pengendalian kenyamanan pada lingkungan sekitar kandang.

 

Baca juga  Kegunaan dan Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Bangkok

Cara Mengobati Ayam Ngorok Dengan Resep Tradisional

Mengobati ayam ngorok dengan bahan-bahan alami merupakan alternatif terbaik yang bisa anda gunakan. Obat alami memiliki tingkat keamanan lebih terjamin jika dibandingkan bahan kimia. Selain itu bahan alami lebih mudah didapatkan di lingkungan sekitar.

Racikan obat Mengkudu

Mengkudu adalah buah-buahan herbal yang kaya akan manfaat yang sering digunakan sebagai jamu dan pembuatan ramuan. ternyata mengkudu bisa digunakan sebagai obat ayam ngorok alami.

Pemberian buah mengkudu kepada ayam ngorok bisa dilakukan dengan cara di potong kecil kemudian diberikan pada ayam. Pastikan berikan buah mengkudu yang sudah matang dan tidak bergetah.

 

Racikan obat ngorok dengan bawang merah

Bawang merah sangat bermanfaat untuk ayam, terutama berguna menjaga kekebalan tubuhnya dan meningkatkan produktivitas ayam.

Pemberian bawang merah untuk ayam dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan dilolohkan secara langsung dan cara yang kedu yaitu dengan dicampur dengan air. Kemudian ketika memberikan bawang merah kepada ayam sebaiknya takaran harus disesuaikan dengan usia ayam.

 

Mengobati ayam ngorok dengan jeruk nipis

Jeruk nipis tidak hanya bisa digunakan sebagai obat manusia, jeruk nipis ternyata berkhasiat mengobati ayam ngorok. Pemberian jeruk nipis untuk obat ngorok bisa dilakukan dengan cara, pertama peras jeruk nipis lalu berikan air perasan jeruk nipis kepada ayam yang terserang penyakit ngorok.

 

Obat Ayam Ngorok yang Bisa Dibeli di Toko

Bagi sebagian orang yang tidak mau repot membuat obat ngorok tradisional mereka lebih memilih menggunakan obat-obatan kimia. Berikut ini adalah rekomendasi dari kami obat ayam ngorok yang bisa anda pakai:

  • Obat vitamin pilek,
  • Tetelo plus,
  • Tetra-chlor,
  • Trymezin botol,
  • Doxyvet 50 gr
  • dan masih banyak lagi.
Baca juga  Manfaat Amoxicilin Untuk Ayam Bangkok Aduan Serta Dosis yang Tepat

 

Untuk beberapa obat di atas saya rasa tidak perlu dijelaskan lebih rinci, karena di setiap kemasan obat tersebut pasti ada keterangan serta dosis pemakaiannya

Artikel terkait

Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *