15 Cara Meningkatkan CPC Adsense Agar Tidak Rugi

Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan blogger di Indonesia memperoleh penghasilan dengan menjadi publisher Google Adsense. Yah memang faktanya memang begitu, saya rasa 80% blogger memang memanfaatkan Adsense sebagai pilihan terbaik. Apalagi bagi seorang blogger personal yang menekuni aktivitas blogging untuk sekedar berbagi informasi dengan pengguna internet lainnya. Nah saya ucapkan selamat bagi anda yang sudah berhasil diterima Adsense, semoga selalu sukses kedepannya.

Namun ketika menjadi penayang iklan Google Adsense ada beberapa hal yang sering menjadi kendala para blogger. Salah satu permasalahan itu adalah kecilnya bayaran per klik iklan adsense atau yang sering disebut CPC (Cost per Click). Memang sih pada dasarnya CPC Adsense untuk setiap akun tidaklah sama, dan pihak Google juga tidak menetapkan berapa bayaran klik iklan yang akan diterima oleh para publisher.

Sesuai dengan judul artikel ini, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan cara meningkatkan CPC adsense. Mungkin judulnya agak aneh, karena terdapat kata “rugi”, tanpa disadari memang nilai klik iklan yang kecil akan sangat merugikan.

 

Kerugian jika CPC Adsense Kecil

  • Pertama akan berdampak terhadap penghasilan, ini sangat jelas karena iklan banyak yang klik tapi bayarannya murah.
  • Bagi pemilik blog yang menggunakan jasa hosting, nah bagaimana bisa bayar sewa hosting dan domain kalau tidak dapat penghasilan?.
  • Rugi waktu, sudah konsisten membangun blog dan blog sudah dibanjiri pengunjung tapi penghasilan kecil.
  • Akibat CPC yang rendah banyak blogger yang frustasi dan kehilangan semangat untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

 

Cara Meningkatkan CPC Adsense Agar Tidak Rugi

Apakah cpc adsense anda kecil? Saya yakin iya karena anda masih tetap melanjutkan membaca sampai bawah. Oke langsung saja ke inti pembahasanya yaitu cara meningkatkan cpc adsense blog anda agar bisa cepat gajian.

1. Membangun Niche Blog Mahal

Cara paling ampuh untuk meningkatkan CPC adsense adalah dengan membangun blog niche yang memiliki potensi harga mahal. Niche adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebutkan topik bahasan dari sebuah blog.

Sebagai contoh, blog Nandatrio merupakan situs niche blogging dan teknologi, jadi isi konten blog ini khusus membahas seputar teknologi dan tutorial blogging.

Niche blog adalah pilar dasar untuk meningkatkan nilai klik adsense anda. Saya sempat membangun blog dengan niche yang memiliki bayaran rendah, yah memang jika dibandingkan blog ini pengunjungnya jauh lebih banyak, pengunjung blog ini hanya 30% jika dibandingkan blog satunya.

Akan tetapi karena niche yang dipilih memiliki potensi iklan yang kurang bagus akhirnya penghasilannya tidak jauh berbeda dengan blog ini. Kesimpulannya adalah sebelum anda membuat blog pastikan memilih topik (niche) dengan bayaran mahal. Silahkan baca The Best Niche Blog Adsense Bayaran Tinggi dan Ramai Pengunjung

 

2. Pahami HPK (High Paying Keyword) Adsense

High paying keyword (HPK) adalah kata kunci yang memiliki CPC tinggi. Dengan kata kunci mahal ini dapat mendongkrak CPC adsense blog anda. jadi yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan riset kata kunci sebelum anda membuat postingan. Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk riset keyword, misal dengan google trend, GKP (google keyword planner), dan tool lainnya.

Untuk mengetahui besar kecilnya CPC adsense saya sarankan anda memaikai Add On Keyword Everywhere di browser anda. ini lebih mudah jika dibandingkan cara yang lain. Silahkan lihat contoh di bawah, yaitu saran kata kunci dari keyword “membuat blog:keyword everywhere

Gambar di atas adalah hasil kata kunci yang disarankan oleh keyword everywhere, dimana di sana terdapat jumlah volume pencarian dan juga nilai CPC dari kata kunci.

Riset keyword memang sangat penting, semakin bagus kata kunci yang dibidik maka semakin bagus pula persaingannya di hasil pencarian. Selain itu pahami juga bagaimana cara penempatan kata kunci di postingan yang anda buat.

 

3. Target Negara

Saya memposisikan target negara menjadi faktor penting untuk meningkatkan pendapatan adsense. Google adsense membagi beberapa negara, dimana beberapa negara premium yang mempunyai harga klik iklan (CPC) yang menakjubkan. Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Arab, dan negara khusus lainnya.

Rata-rata CPC di negara premium sangat berbeda dengan Indonesia, kalau di negara kita rata-ratanya hanya nol koma sekian $. Nah untuk mereka negara premiun CPC maksimal bisa di atas $5.

Banyak suhu blogger yang bilang “kalau mau kaya dari Adsense buat blog bule”, hal ini memang benar adanya. Selisih biaya per klik (BPK) memang sangat jauh sekali. Alasan yang paling masuk akal kenapa CPC di Indonesia begitu kecil yaitu karena memang pengiklan yang menggunkan jasa Google tidak berani membayar lebih mahal, berbeda dengan adverister luar negeri yang memang gila-gilaan membayar Google Adsense.

 

4. Lakukan Review Iklan

Pihak google adsense mengizinkan publishernya untuk mereview iklan yang ditampilkan. Jadi dengan begitu anda bisa mengizinkan atau tidak menizinkan iklan yang akan ditampilan.

Mengizinkan kategori iklan

  • Masuk ke akun adsense lalu pilih Blocking Control lalu pilih situs anda.
  • Kemudian pilih General Categories, nah silahkan pilih kategori yang ingin diizinkan atau diblok.
  • Pilih Allowed untuk mengizinkan, dan pilih blocked untuk memblokir kategori iklan.kategori iklan adsense

Review iklan anda

Selanjutnya untuk mengizinkan situs iklan silahkan menuju Ad review center. Silahkan pilih iklan yang ingin ditampilkan dan yang berpotensi memiliki bayaran klik mahal. Pada bagian Unreviewed silahkan klik tanda centang untuk mengizinkan iklan.ad review center adsense

 

5. Blokir iklan CPC rendah

Ada banyak sekali iklan yang ditayangkan adsense dan ternyata memiliki bayaran sangat rendah. Bahkan ironisnya beberapa iklan tersebut sungguh membuat pengunjung tidak nyaman.

Jadi dalam hal ini anda bisa menggunakan fitur pemblokiran iklan adsense. Pihak Google adsense mengizinkan kita untuk memblokir iklan yang tidak diinginkan. Misalnya saa iklan judi, obat kuat dan iklan-iklan yang tidak berfaedah lainnya. Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara memblokir iklan CPC rendah, jadi silahkan ikuti panduannya.

 

6. Jenis iklan atau format iklan

Jenis iklan atau format iklan juga berpengaruh terhadap besarnya harga klik adsense. Sesuai dengan pengalaman bahwa iklan teks memiliki CPC yang lebih kecil jika dibandingkan dengan iklan gambar.

Namun meskipun begitu hal ini tidak terlalu penting, intinya iklan adsense akan mahal jika konten blog dengan iklan yang tampil sangat relevan. Contohnya anda memiliki blog yang membahas seputar teknologi dan iklan yang muncul di blog anda adalah beberapa produk teknologi sehingga relevansi iklan yang tampil sangat bagus.

Untuk mengetahui format iklan yang memberikan performa terbaik silahkan lihat cara dibawah:

  • Masuk ke akun Adsense
  • Buka Report (laporan) => pilih Creative Size
  • Nah silahkan dilihat format iklan yang memberikan pengasilan terbaik bagi blog anda. Selanjutnya gunakan format tersebut untuk meningkatkan CPC Adsense.ukuran iklan adsense terbaik

 

7. Tata letak iklan dan jumlah iklan

Tata letak adalah penempatan posisi iklan di dalam blog. Terdapat berbagai format iklan yang disediakan oleh Google Adsense dan anda bebas menggunakannya. Posisi penempatan iklan yang tepat akan memperbesar kemungkinan pengunjung untuk melakukan klik iklan. Tapi anda harus di ingat, sebaiknya iklan yang dipasang tidak mengganggu pengunjung blog anda, apalagi sampai iklan menutupi konten blog.

Selanjutnya jumlah iklan, entah kenapa semakin banyak iklan yang dipasang justru CPC akan semakin rendah. Silahkan saja kalau tidak percaya anda dapat mengujinya sendiri. Untuk itu saya menyarankan anda tidak terlalu berlebihan dalam membuat unit iklan.

 

8. Kecepetan loading blog

Kecepatan loading blog (page speed) memiliki peran vital bagi sebuah blog, meningkatkan nilai SEO, serta membuat blog lebih human friendly. Pada dasarnya iklan adsense akan sedikit mempengaruhi kecepatan loading blog. Silahkan di cek melalui Google Pagespeed Insign, anda bisa melihat perbedaan blog sebelum dan setelah dipasang iklan.

Nah karena blog yang dipasangi iklan akan mengurangi kecepatan loading maka anda harus melakukan optimasi agar blog menjadi lebih cepat. Semakin baik kecepatannya, semakin cepat pula iklan akan tampil dan kemungkinan mendapat klik jauh lebih besar. baca juga cara mempercepat loading iklan adsense.

 

9. Tingkatkan penghasilan Adsense dengan AMP

AMP (Accelerated Mobile Pages) merupakan project terbaru yang dibuat oleh Google. Hal ini dikarenakan pengguna internet mobile (seluler) jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan pengguna internet versi dekstop. AMP memudahkan penelusuran dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna seluler.

Kemudian Google Adsense juga meluncurkan fitur terbaru yaitu dimana iklan adsense yang mendukung versi AMP.

Fakta yang harus anda ketahui sebagai publisher adsense:

  • CPC adsense yang di klik lewat seluler jauh lebih kecil dibandingkan klik yang menggunakan dekstop.
  • Meskipun template yang dipakai responsive, belum tentu dapat memberikan performa iklan terbaik bagi pengguna seluler.
  • Iklan pada Blog dengan versi AMP lebih relevan.

Selain itu banyak sekali kelebihan yang diberikan bagi pengguna AMP, diantaranya adalah blog akan lebih SEO friendly. Saat ini versi AMP sangat disarankan oleh Google dan memang blog AMP lebih mendominasi persaingan search engine.

 

10. Menggunakan Ad Balance

Sesuai dengan namanya, ad balance adalah fitur yang dapat digunakan untuk menyeimbangkan iklan pada blog anda. Ad balance membandingkan antara estimasi pendapatan dengan jumlah iklan yang ditampilkan.
Jadi anda bisa membatasi iklan yang ditampilkan tanpa mengurangi estimasi pendapatan. Sebagai contoh, saya mengurangi jumlah tawaran iklan hingga 76% dan tetap membiarkan estimasi pendapatan di angka 100%.ad balance adsense

Nah ini juga akan berguna supaya iklan yang muncul di blog menjadi lebih relevan.

 

11. Memasang Ads Txt Adsense

Ads Txt (Authorized Digital Sellers) Adsense adalah fitur yang diberikan oleh pihak adsense untuk melindungi para adverister dari kerugian. Jadi bisa dibilang kalau Ads Txt ini merupakan alat keamanan bagi dua belah pihak, yaitu penayang dan pengiklan. Bagi yang diterima adsense di tahun 2018 ini biasanya akan diwajibkan menggunakan ads txt. Nah jika tidak segera dipasang maka iklan tidak bisa ditayangkan karena dianggap merugikan pihak lain. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel cara memasang ads txt adsense.

 

12. Membuat saluran khusus Adsense

Selanjutnya cara untuk meningkatkan cpc adsense bisa dengan membuat saluran khusus atau custom channel. Saluran khusus adalah langkah untuk memperkenalkan kata kunci blog kita kepada adsense. Jadi dengan begitu iklan yang tampil menjadi lebih cocok dengan niche blog anda.

Pada kesempatan sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan bagaimana cara membuat saluran khusus adsense. Jadi kali ini saya tidak perlu menjelaskan nya lagi. Bagi yang belum paham silahkan baca kembali artikel membuat saluran khusus (custom channel) adsense.

 

13. Jaringan iklan pihak ketiga

Pada dasarnya adsense tidak menampilkan iklannya sendiri, dalam hal ini Google bekerja sama dengan pihak lain dan sama-sama menyangkan iklan pada akun publisher.

Masalahnya jaringan iklan pihak ketiga ini memiliki harga klik iklan yang bervariasi dan bahkan ada yang sangat murah sekali. Silahkan buka Laporan pada akun anda lalu pilih jaringan iklan. Nah di sana terdapat laporan pendapatan dari iklan pihak ketiga dari adsense.iklan pihak ketiga adsense

Sebagai contoh, gambar di atas menunjukan beberapa jaringan iklan pihak ketiga. Agar CPC menjadi besar maka anda bisa menonaktifkan beberapa jaringan iklan yang memiliki impresi tinggi tapi CPC nya begitu rendah. Impresi yang tinggi menunjukan bahwa iklan tersebut lebih sering ditampilkan, jadi percuma saja kalau iklan sering muncul dan banyak yang klik tapi CPC nya murah.

 

14. Menggunakan template high CTR

Faktanya tampilan visual sebuah blog akan menarik perhatian pengunjng. Nah ada berbagai macam jenis template dan salah satunya adalah template high CTR. Memang tempalte high CTR sangat baik untuk monetize adsense karena memang template ini sengaja didesain untuk meningkatkan rasio klik.

Ada banyak sekali template high CTR yang bagus, misalnya template bro sense, evo mags, vio mags, template buatan mbak arlina. Kemdian untuk wordpress ada theme super fast, adsense theme, newspaper dan masih banyak lagi.

Template high CTR biasanya didesain sangat sederhana dan tidak terlalu banyak embel-embel. Para pembuatnya lebih fokus untuk mengutamakan nilai responsive dan nilai SEO temlplate.

 

15. Tingkatkan pengunjung situs

Apabila beberapa cara di atas sudah dilakukan tapi tetap saja cpc adsense rendah maka yang harus dilakukan adalah meningkatkan jumlah pengunjung. Logikanya begini, misal biaya per klik hanya 400 rupiah, jika pengunjung yang melakukan klik sebanyak 100 pastinya penghasilan juga akan meningkat.

Blog dengan 7000 pengunjung tentunya sudah bisa mendapatkan lebih dari 100 klik. Selain itu CPC andsense juga setiap hari tidak selalu sama, jadi ada kalanya bayaran klik iklan bisa mencapai angka yang fantastis.

 

Kesimpulan

Untuk meningkatkan CPC adsense sebarnya tidak terlalu sulit, iya memang benar!!!,.. Ada tiga bagian dasar yang sebenarnya sangat berpengaruh terhadap biaya per klik adsense, yaitu niche, high paying keyword, dan target negara. Tips dari saya kalau mau CPC maknyus sebaiknya buat blog dengan niche yang mahal plus kata kunci mahal. Nah bagi anda yang bisa membuat konten bahasa inggris, ini adalah kesempatan untuk mendapatkan CPC hot dari Google Adsense. Saya akhiri tulisan ini dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

(Visited 54 times, 1 visits today)

Related Posts

About The Author

Add Comment