Cara merawat ayam bangkok

Cara Merawat Ayam Bangkok Agar Jadi Petarung Handal

Setiap peternak tentu mempunyai trik khusus dan cara merawat ayam bangkok yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya tujuannya hanyalah satu, yaitu demi menciptakan ayam aduan yang berkelas dan berkualitas. Dengan demikian ayam jago yang diandalkan mampu bersaing di arena sabung ayam.

Seperti yang kita tahu bahwa ayam bangkok merupakan salah satu jenis ayam aduan yang paling populer dan banyak disukai oleh para pecinta ayam laga. Hal ini dikarenakan ras ayam yang satu ini memiliki keunggulan yang bagus saat bertarung. Di Indonesia sabung ayam sudah berkembang sejak zaman dahulu, dan bahkan sampai saat ini ayam bangkok masih tetap eksis dan banyak peminatnya.

Perawatan ayam bangkok bisa dibilang gampang-gampang susah karena kualitas ayam aduan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Untuk membentuk ayam bangkok menjadi petarung yang handal setidaknya membutuhkan beberapa tahapan, yaitu mulai dari pemilihan bibit berkualitas, tahap perawatan, hingga hasil akhir dari berbagai tahapan tersebut.

Kemudian tidak jarang dari para peternak yang telah melalui berbagai proses tersebut namun belum juga berhasil. Ini adalah sesuatu yang lumrah dan umum terjadi, maka dari itu pengalaman dan konsistensi sangat diperlukan dalam membentuk bibit unggul ayam jago bangkok. Kali ini kita akan sedikit mengulas mengenai cara merawat ayam bangkok agar jadi petarung handal secara detail dan lengkap.

Ayam Bangkok Aduan

Sebelum kita masuk ke pembahasan lebih lanjut sebaiknya kita mengulas sedikit mengenai ayam bangkok. Nah pasti kita semua sudah tahu, tapi ada beberapa hal penting yang wajib kita ketahui dari ayam bangkok aduan untuk sedikit menambah wawasan dan cara pandang kita terhadap ayam bangkok.

Ayam bangkok adalah ras ayam petarung yang berasal dari negara Thailand, jadi tidak heran bila dinamai ayam bangkok yang merupakan ibu kota dari Negeri gajah putih itu. Ayam bangkok sudah masuk ke indonesia sejak zaman dahulu dan telah banyak bukti sejarah yang mengungkapkan keberadaan ayam bangkok di negara kita.

Sebenarnya kebanyakan ayam bangkok yang berkembang di indonesia adalah ayam bangkok keturunan, yaitu dimana sudah bercampur dengan darah ayam lokal. Meskipun demikian ayam bangkok tetap saja menjadi primadona para pencinta ayam aduan di tanah air.

Jenis ayam aduan yang populer

Seiring perkembangan sabung ayam di Indonesia, terdapat banyak sekali jenis ayam aduan yang berkembang dan populer. Berikut ini adalah ayam aduan yang sering digunakan untuk sabung ayam di Indonesia:

Ayam bangkok

Ras ayam yang satu ini masih menjadi yang paling pertama dan paling diminati karena mempunyai banyak keunggulan. Teknik dan kualitas tempur yang sempurna menyebabkan ayam bangkok sulit dikalahkan oleh jenis ayam aduan lainnya.

Ayam birma

Sebenarnya perkembangan ayam birma di Indonesia beriringan dengan ayam bangkok. Ayam birma adalah ayam yang berasal dari Myanmar, ayam ini disebut dengan “penumpas setan” dimana mempunyai gaya pertarung super cepat dan begitu lincah.

Ayam saigon

Ayam saigon atau ayam gundul merupakan ayam aduan yang cukup unik dan tahan pukul. Jenis ayam yang satu ini menempati posisi ketiga sebagai ayam aduan yang digemari di Indonesia.

Ayam kampung

Berbeda dengan tiga jenis ayam aduan di atas, ayam kampung adalah ayam tertua yang digunakan sebagai ayam aduan di negara kita. Kebanyakan masyarakat kita memakai ayam ini untuk sabung taji.

Ayam pakhoy

Kemudian yang terakhir ialah ayam pakhoy atau yang saat ini populer dengan sebutan ayam aduan modern. Perkembangan ayam pakhoy di indonesia akhir-akhir ini kian meroket karena mampu bersaing dengan ayam bangkok dan birma.

Ciri ayam bangkok yang bagus

Mengetahui ciri ayam bangkok yang bagus merupakan bagian penting dalam budidaya ayam bangkok. Menilai ayam aduan berkualitas memang tidak gampang, perlu adanya pengalaman dan pengetahuan mendalam terhadap ciri fisik ayam juara. Berikut ini adalah ciri-ciri ayam bangkok yang dapat kita jadikan sebagai acuan:

Keturunan

Keturunan adalah dasar paling utama untuk mengetahui kualitas tempur ayam aduan. Jadi dalam hal ini bibit unggul menjadi patokan ketika memilih ayam, dimana induk dan jago memiliki peran penting.

Ciri fisik

Ciri fisik adalah penampilan atau bentuk tubuh ayam aduan. Kita bisa mengamati bentuk tubuh ayam bangkok mulai dari bentuk kepala hingga ujung kaki sebagai acuan. Berikut adalah ciri fisik ayam jago yang bagus

  • Memiliki kepala seperti buah pinang
  • Leher keras dan berotot sehingga tahan terhadap pukulan
  • Memiliki struktur tulang yang rapat dan kuat
  • Kemudian ukuran tubuh harus ideal.

Gaya bertarung

Selanjutnya bagian penting dalam memilih ayam aduan ialah gaya bertarung. Pasti setiap ayam aduan mempunyai gaya tarung yang berbeda-beda, mulai dari teknik kontrol, solah, kunci, teknik dobrak dan gaya tarung lainnya. Setiap gaya tarung tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Stamina dan Mental yang bagus

Ketika ayam aduan berlaga di arena, stamina dan mental jelas menjadi penentu kemenangan. Ayam bangkok yang bagus wajib memiliki stamina dan mental yang kuat. Pada dasarnya mental dan stamina ini bisa dibentuk dengan perawatan dan latihan yang benar.

Katurangan

Katurangan merupakan ciri khusus yang dimiliki oleh ayam bangkok. Ada sebagian penggemar sabung ayam menggunakan ilmu katurangan ini untuk mengetahui kemampuan ayam aduan. Beberapa katurangan yang populer diantaranya ialah sisik kaki naga temurun, ubet (naga mangsa), batu lapak, ayam suro dan masih banyak lagi.

 

Cara Merawat Ayam Bangkok

Setelah mengulas sedikit tentang jenis ayam aduan dan ciri ayam yang bagus maka kita akan masuk ke pembahasan utama yaitu cara merawat ayam bangkok. Proses perawatan ayam aduan merupakan tahapan yang panjang, dimana tujuannya ialah untuk menciptakan ayam berkualitas.

Sebaiknya untuk mencapai hasil yang memuaskan perawatan bisa dilakukan sejak ayam bangkok baru menetas hingga dewasa. Memang tidak bisa dipungkiri bila rawatan yang dilakukan sejak dini akan jauh lebih baik. Berikut ini tips merawat ayam bangkok agar jadi petarung handal di arena.

Makanan ayam bangkok

Pakan merupakan segala aspek yang bersangkutan pada pemenuhan gizi ayam bangkok. Jadi semakin baik dan berkualitas pakan yang kita berikan maka semakin bagus pula kualitas ayam bangkok. Kemudian anda perlu tahu pemberian pakan harus disesuaikan dengan umur ayam bangkok aduan.

makanan ayam bangkok

Secara umum pakan ayam adalah jagung dan kosentrat, namun untuk membentuk ayam bangkok yang berkualitas kita harus lebih cerdas dalam pola pemenuhan pakan ini. Berikut adalah pakan ayam aduan sesuai usia:

Pakan ayam umur 0-3 bulan

Pada masa awal ini pakan yang paling bagus untuk anak ayam adalah konsentrat atau voer. Kenapa voer? Alasannya ialah agar pertumbuhan tubuh ayam menjadi lebih cepat. Jagung dan beras jagung tidak cocok untuk anak ayam karena bisa menyababkan ayam menjadi bantat akibat otot-otot yang terlalu dini mengeras.

Pakan ayam umur 4-7 bulan

Memasuki usia 4 bulan ayam bangkok telah menjadi ayam remaja (ayam lancur), ini bisa dilihat dari pertumbuhan ekor jago yang telah muncul. Pada tahap ini pola pemberian makanan harus sedikit dirubah. Pakan utama masih menggunakan kosentrat, tapi perlu adanya kombinasi beras jagung dan nasi putih.

Pada masa ini nafsu makan ayam bangkok akan meningkat pesat. Nah untuk menghemat pakan perlu melakukan kombinasi ransum dengan tambahan pakan lain. Kemudian anda juga bisa menggunakan dedak padi agar lebih irit biaya.

Pakan ayam bangkok dewasa

Setelah ayam bangkok memasuki usia 8 bulan berarti sudah dianggap sebagai ayam jago. Pemberian pakan konsentrat bisa dihentikan dan mulai beralih ke pakan jagung. Pada tahap ini kita akan fokus pada pakan yang mampu menguatkan dan menjadikan otot ayam bangkok. Jagung, gabah, beras merah adalah pakan terbaik untuk ayam bangkok dewasa.

Tahapan merawat ayam bangkok aduan

Setelah ayam dewasa selanjutnya masuk ke tahapan paling penting, yaitu tahap merawat ayam bangkok aduan. Secara umum untuk mencapai kesiapan ayam aduan bertanding kita memerlukan 2-3 bulan perawatan rutin. Pada masa ini kita merawat, melatih dan membentuk mental juara ayam bangkok. Berikut perawatan rutin yang perlu anda lakukan:

Memandikan ayam bangkok

Memandikan ayam mungkin terdengar agak aneh, tapi bukan berarti ini kegiatan konyol. Anda wajib tahu memandikan ayam bangkok memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari pembentukan otot hingga penguatan stamina ayam. Selain itu rutin memandikan ayam dapat membuat ayam jadi lebih sehat dan bugar.

memandikan ayam bangkok

Kemudian waktu terbaik untuk memandikan ayam aduan ialah saat pagi hari, ketika pukul 08.00 hingga pukul 09.00. lalu pastikan juga pada cuaca dan temperatur udara yang bagus agar setelah dimandikan bulu ayam bisa cepat kering. Berikut tips memandikan ayam bangkok aduan

  • Sebaiknya gunakan air dingin
  • Pakai gabus/spon supaya lebih mudah
  • Basuh bagian penting ayam aduan hingga basah, yaitu kepala, leher, ketiak, paha dan dada ayam.
  • Kemudian lakukan pemijatan bila perlu untuk merangsang pertumbuhan otot ayam.
  • Lakukan secara rutin untuk mencapai hasil yang sempurna.

Menjemur ayam bangkok

Menjemur ayam bangkok bisa anda lakukan setelah ayam dimandikan, yaitu antara pukul 09.00 sampai 11.00. Penjemuran ini berguna untuk meningkatkan stamina ayam aduan, atau dengan istilah lain menguatkan nafas ayam bangkok. Ayam yang kurang mendapat sinar matahari pagi yang cukup akan lesu dan tidak sehat, maka dari itu penjemuran ini begitu penting.

menjemur ayam bangkok

Sebaiknya gunakan alas kandang agar ayam tidak guling-guling atau mandi kipu, karena dalam keadaan basah bulu ayam akan kotor. Lalu yang harus diperhatikan ialah durasi menjemur ayam, pastikan tidak terlalu lama. Cukup 2-3 jam saja sampai ayam terlihat kelelahan dan kemudian ayam bisa di umbar atau kembali di masukan ke kandang.

Melatih ayam bangkok

Dalam hal melatih ayam bangkok bisa diibaratkan seperti seorang petinju. Jadi agar kemampuan bertarung ayam meningkat perlu latihan yang seimbang. Ada beberapa metode latihan yang biasa diterapkan oleh para botoh diantaranya

Melatih ayam bangkok
Melatih otot

Ayam bangkok harus memiliki otot yang kuat agar mampu menahan pukulan lawan serta dapat melesatkan pukulan keras. Cukup mudah, anda hanya perlu memberikan senam ketika ayam selesai dimandikan, seperti senam leher, senam sayap, latih lompatan, push up dan lain-lain.

Melatih stamina

Stamina ayam bangkok aduan dapat dibentuk dengan berbagai latihan yaitu latihan fisik, renang, latihan abar. Kemudian penjemuran juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina atau memperpanjang nafas ayam aduan.

Melatih Mental

Walaupun mental ini ditentukan oleh keturunan, tapi kita juga bisa memupuk mental ayam aduan kesayangan kita. Tentu kita ingin memiliki ayam bangkok yang ganas dan agresif saat bertanding. Latihan abar adalah cara terbaik untuk membangkitkan mental ayam aduan, selanjutnya anda juga bisa mencoba melakukan latihan kliter. Dimana anda memasukan seekor ayam ke dalam kurungan dan kemudian ayam yang satu di letakkan di luar agar berlari mengelilingi kurungan.

Pemberian jamu

Jamu adalah obat tradisional yang di buat untuk meningkatkan kualitas ayam bangkok, baik itu menguatkan otot, stamina dan mental. Dalam prakteknya pemberian jamu ini kerap dilakukan dan sudah ada sejak zaman dahulu. Setiap botoh memiliki cara dan resep yang beragam, berikut cara meracik jamu ayam aduan

Bahan
  • Telur bebek
  • Madu
  • Kunyit
  • Gula merah
Cara membuat
  • Parut atau tumbuk kunyit hingga halus,
  • Tambahkan gula merah, kuning telur dan madu,
  • Lalu berikan pada ayam bangkok dewasa dengan cara diminumkan.

Resep di atas adalah racikan jamu ayam paling dasar yang paling sering digunakan para botoh. Pemberian jamu bisa dilakukan seminggu sekali untuk menjaga kesehatan ayam. Apabila ayam ingin diadu sebaiknya berikan 4 hari sebelum ayam turun ke arena.

Beberapa kesalahan dalam merawat ayam bangkok

Perawatan memang perlu dilakukan, tapi sebaiknya jangan sampai anda melakukan kesalahan fatal. Salah dalam mengambil tindakan bisa menyebabkan kerugian bagi diri anda sendiri. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan botoh ketika merawat dan melatih ayam bangkok

  • Memandikan ayam dengan air hangat
  • Memandikan ayam ketika belum cukup umur
  • Menjemur ayam secara berlebihan
  • Latihan fisik yang berlebihan hingga ayam sakit
  • Melatih ayam dengan mengangkat dan melemparnya ke udara
  • Melatih ayam dengan pemberat kaki atau barbel
  • Usia ayam yang belum siap abar masih tetap diabar
  • Waktu latihan abar terlalu berlebihan
  • Salah memilih lawan saat abar dan tidak seimbang
  • Kurangnya perawatan setelah ayam selesai latihan abar.

Kesimpulan

Perawatan ayam bangkok memang cukup rumit, kita harus teliti dan benar-benar telaten dalam memelihara ayam. Mulai dari pemberian pakan, perawatan, latihan hingga ke tahapan selanjutnya.

Nah pada pembahasan di atas telah dijelaskan bagaimana cara merawat ayam bangkok secara lengkap dan mendalam. Selanjutnya teman-teman tinggal mencobanya, pastikan anda tidak melakukan kesalahan yang merugikan.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *