cara merawat ayam jalu

Cara Merawat dan Melatih Ayam Bangkok Tipe Jalu

Cara merawat ayam jalu – Ayam Bangkok adalah ayam dari Thailand dan biasanya digunakan sebagai ayam laga pada pertempuran gamecoock. Di Indonesia, ayam ini telah dibudidayakan untuk waktu yang lama, bahkan pada era Kerajaan.

Popularitas ayam Bangkok sebagai ayam petarung tidak akan pernah hilang, bahkan di tengah-tengah kemajuan yang sangat modern, seperti sekarang. terbukti masih banyak penggemar ayam aduan.

Selain itu, sekarang tidak hanya ayam Bangkok saja, ada beberapa macam ayam aduan modern yang tidak kalah populer, seperti ayam Burma, Saigon, Pakhoy serta berbagai ras ayam hasil perkawinan silang.

 

Tipe Gaya Bertarung Ayam

Secara umum, ada dua jenis gaya atau teknik ayam, yaitu jenis jalu dan jenis pukul. Ayam Jalu berkonsentrasi lebih banyak pada serangan jalu atau taji. Sementara ayam teknik pukul memberikan prioritas pada kekuatan pukulannya.

Tentu saja dalam hal perawatan ayam gaya bertarung tidak sama, jadi pada kesempatan sebelumnya kita telah mengulas cara melatih ayam muda, lalu pada sekarang ini kita akan membahas bagaimana cara merawat ayam bangkok aduan tipe jalu.

 

Cara Merawat Ayam Bangkok super Jalu Agar Jadi Juara

Sebagian besar pecinta ayam suka dengan jenis jalu, karena mereka memiliki banyak keuntungan, Karena ayam tipe jalu bisa menang lebih cepat, lebih ganas ketika dia menyerang. Tetapi semua ini akan direalisasikan jika Anda menerapkan latihan dan perawatan yang baik.

1. Makanan Ayam Bangkok Super Jalu

Makanan ayam Bangkok adalah jagung, tetapi ketika itu ayam perlu diberikan makanan lain. Tentu saja anda harus memberikan kombinasi makanan yang baik. Peran makanan adalah dasar dari kualitas ayam jago kita.

Makanan yang paling cocok dengan jenis ayam jalu adalah kombinasi jagung, gabah dan beras merah. Beberapa botoh memprioritaskan beras merah dan biji-bijian untuk pakan ayam jalu guna meningkatkan kelincahan ketika bertarung.

 

2. Memandikan Ayam Bangkok

Memandikan ayam adalah perlakuan rutin yang perlu dibuat untuk membentuk otot ayam. Ayam jago dewasa harus dimandikan secara teratur. Selain membentuk otot, cara ini juga akan berguna untuk memperkuat daya tahan dan memperkuat nafas ayam.

Lalu kapan waktu mandi ayam Bangkok yang bagus? Nah, ketika dilihat dari kebiasaan Botoh, mereka lebih dominan melakukannya saat pagi hari dan beberapa dari mereka melakukannya ketika malam hari. Sesuai dengan pengalaman penulis, waktu terbaik adalah ketika di pagi hari karena ayam dapat segera dikeringkan.

 

3. Latihan Fisik

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membentuk ayam, contohnya senam ringan, senam leher, senam sayap, push-up dan latihan melompat. Tentu saja latihan fisik sangat diperlukan untuk merangsang perkembangan otot pada ayam bangkok aduan.

Latihan cocok sekali ketika di pagi hari, yaitu sebelum atau setelah ayam dimandikan. Durasi latihan ini harus mematuhi kapasitas ayam Anda, usahakan jangan berlebihan sehingga membebani ayam andalan kita. .

 

4. Menjemur Ayam Bangkok

Menjemur ayam adalah cara yang tidak kalah pentingnya untuk menambah mutu ayam aduan. Setelah mandi dan latihan, ayam perlu dijemur di bawah terik matahari panas. Keuntungan dari latihan ini ialah meningkatkan daya tahan ayam.

Ketika ayam bersaing di arena, daya tahan dan ketahanan tubuh menjadi faktor yang menentukan kemenangan. Biasanya ayam yang kurang dijemur akan cepat kelelahan sehingga tidak mampu bertahan.

Tetapi Anda harus paham bagaimana cara menjemur ayam yang baik dan bagus. Jadi waktu terbaik yaitu pada jam 8 hingga 10 pagi. Usahakan jangan menjemur ayam seharian penuh.

 

5. Umbar Ayam Bangkok

Mengumbar ayam bisa disebut “melepaskan ayam di alam liar”. Jadi ayam Bangkok tidak selalu di dalam kandang. Dia juga perlu dibiarkan bebas dan merasakan bebas di lingkungan. Tujuannya yaitu untuk mengurangi stres pada ayam.

Biarkan ayam bebas sehingga dia bisa merilekskan otot yang kaku. Waktu yang tepat melakukannya adalah saat sore hari, pada jam 3 sampai 5 sore. Tapi perhatikan ayam, jangan sampai dia melakukan perkawinan dengan ayam betina.

 

6. Berikan Jamu Kepada Ayam

Pemberian ramuan herbal tradisional fenomena baru bagi para penggemar ayam aduan. Jamu memiliki banyak manfaat untuk ayam Bangkok, dimana akan memperkuat daya tahan, menjaga kesehatan serta memperkuat nafas ayam bangkok.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membuat dan meracik jamu ayam Bangkok. Kita bisa memanfaatkan bahan-bahan sederhana hingga bahan-bahan khusus lainnya. Pasti setiap pemilik ayam punya rahasia tersendiri dalam hal membuat jamu ayam.

Tapi di sisi lain banyak pula yang tidak mengerti cara mencampur ramuan herbal sehingga menjadi jamu ayam yang bagus.

 

7. Berikan Vitamin Kepada Ayam

Vitamin sangat berguna untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan kekebalan tubuh ayam bangkok. Ada banyak sekali vitamin yang dapat diberikan pada ayam, baik itu vitamin yang berasal dari bahan alami maupun vitamin yang dibeli di toko.

Beberapa multivitamin yang bagus untuk ayam:

  • Amoxicilin
  • Vitaplek (vitamin B Compleks)
  • Pil Kalk untuk menguatkan tulang
  • Super Top untuk stamina ayam
  • Dan masih banyak lagi.

 

8. Latihan Abar

Penerapan latihan Abar diperlukan untuk menunjang kualitas ayam laga. Abar adalah istilah yang umum untuk menyebut latihan bertanding dua ekor ayam jago.

Kita bisa mengevaluasi kualitas pertarungan ayam, jika masih kurang maka ayam perlu perawatan lagi. Sedangkan apabila sudah siap adu maka bisa langsung di bawa ke arena.

Dalam menerapkan latihan ini jalu ayam harus dibungkus supaya tidak membahayakan mata. Selain itu jalu yang terbungkus akan mengurangi resiko ayam cedera. Kemudian untuk durasi abar dapat diadaptasi pada usia dan kematangan ayam.

Baca: Agar Jalu Ayam Cepat Panjang, Begini Rahasianya !!!

 

Cara merawat dan melatih ayam bangkok jenis jalu memang agak rumit. Selain itu sobat harus memahami cara menseting jalu agar lebih tepat sasaran saat menyerang. Demikian sedikit penjelasan dari kami, semoga bisa dijadikan pengetahuan yang bermanfaat.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *