Babon Bangkok Berkualitas

Ciri Babon Bangkok Berkualitas Super Cocok Untuk Indukan

Ayam bangkok adalah salah satu jenis ras ayam aduan yang paling populer hampir di seluruh Dunia. Dalam memelihara ayam aduan babon mempunyai peran yang sangat penting. Faktor keturunan menjadi poin penting yang harus dipertimbangkan oleh para peternak ayam bangkok agar bisa menghasilkan bibit ayam bangkok juara.

babon ayam bangkok superSebagian besar botoh memiliki pemahaman babon ayam bangkok yang bagus dapat menghasilkan keturunan yang bagus. Jadi tidak heran kalau banyak pecinta ayam bangkok yang nekat menghabiskan banyak uang untuk membeli ayam bangkok asli dari Thailand. Berikut ini adalah ciri babon bangkok berkualitas super yang cocok untuk indukan:

Keturunan

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kualitas ayam dipengaruhi oleh faktor keturunan. Dalam hal ini anak ayam bangkok akan mewarisi sebagian atau keseluruhan unsur genetik dari sang induk. Misalnya saja mental, stamina dan teknik bertarung. Jadi sangatlah penting mengetahui silsilah keturunan babon ayam ketika anda ingin melakukan pengembangbiakan.

 

Gaya Bertarung

Tidka hanya ayam bangkok jantan yang memiliki gaya bertarung, ternyata ayam betina juga memiliki teknik bertarung yang hampir sama dengan ayam jago. Untuk melihat kualitas babon ayam bangkok ada sebagian botoh yang menggunakan metode abar, yaitu dengan mengadu induk ayam bangkok. Jajal tanding ini bisa dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan bertarung yang kemungkinan akan diwariskan pada keturunannya.

 

Ciri Fisik

Biasanya babon bangkok berkualitas super memiliki ciri fisik yang bagus. Agar dapat mengenali ciri fisik ayam aduan bagus dibutuhkan ketelitian, biasanya mereka yang sudah lama berkecimpung dalam dunia ayam aduan akan dapat dengan mudah mengetahui kriteria ayam yang ideal. Berikut ini adalah beberapa acuan yang dapat dijadikan pertimbangan dalam menilai ciri fisik babon ayam bangkok:

  • Pastikan babon produktif alias tidak mandul.
  • Kepala ayam berbentuk pipih seperti layaknya kepala ular.
  • Jari kaki merit dan lurus dan haruslah kering.
  • Bola mata bersih dan cekung kedalam.
  • Sehat dan tidak pernah sakit sejak menetas
  • Warna paruh, mata dan kaki harus nyambung.
  • Bulu ayam bersih dan mengkilap.
  • Sisik kaki ayam rapi
  • Tidak memiliki cacat pada tulang.
Baca juga  Manfaat Bawang Putih untuk Ayam Aduan Jadi FIT

 

Mental Bertarung

Walaupun babon ayam memiliki gaya tarung dan fisik yang baik, jika tidak diimbangi dengan mental yang bagus maka hasilnya sama saja. Mental bertarung ayam bangkok haruslah bagus agar bisa menjadi juara di arena gelanggang. Babon yang mentalnya lemah kemungkinan akan mempengaruhi keturunannya.

 

Memang ketika memilih babon bangkok berkualitas super tidak semudah kelihatannya. Pasti setelah membaca artikel ini paling tidak anda tahu bagaimana cara memilih babon ayam bangkok yang ideal. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Artikel terkait

Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *