Ciri Kelinci Hamil

Ini Dia 11 Ciri Kelinci Hamil yang Wajib Anda Ketahui

Sebagai seorang peternak kita harus tahu dan bisa mengenali ciri-ciri kelinci sedang hamil. Dengan mengetahui keadaan kelinci yang hamil maka kita bisa memberikan perawatan yang lebih khusus.

Secara umum kelinci yang sedang hamil mempunyai ciri yang menunjukkan perbedaan dari biasanya. Kadang para peternak pemula masih kesulitan dalam mengenali ciri-ciri kelinci hamil.

Bahkan kadang salah dan menganggap kelinci sudah hamil tua tapi sebenarnya kelinci hanya hamil palsu. Nah maka dari itu pada kesempatan ini kita akan sedikit membahasnya. Baiklah, langsung saja ke intinya.

 

Begini Ciri-ciri Kelinci yang Benar-benar hamil, jadi jangan sampai salah tanggapan

Umumnya kita dapat mengamati 11 perbedaan yang terjadi pada kelinci yang sedang hamil. Dengan demikian dapat dijadikan dasar agar kita tidak keliru. Berikut ciri kelinci hamil yang perlu anda ketahui

1. Telah Melakukan Proses Perkawinan

Salah satu cara mengenali tanda kelinci hamil ialah dengan mengamati perbedaannya setelah dikawinkan. Sebagian kelinci tidak langsung hamil begitu dikawinkan, kadang butuh lebih dari satu kali baru kelinci akan hamil.Proses Perkawinan Kelinci

Biasanya ciri-ciri kelinci yang hamil akan terlihat setelah tujuh hari setelah proses kawin. Maka dari itu proses perkawinan kelinci harus dilakukan dengan benar.

Tips mengawinkan kelinci supaya cepat hamil

  • Sebelum dikawinkan pastikan induk kelinci sudah cukup umur dan telah siap dikawinkan.
  • Sebaiknya perkawinan dilakukan ketika pagi hari dengan memasukkan induk kelinci ke kandang pejantan.
  • Gunakan pejantan dewasa yang telah berpengalaman.
  • Lakukan proses perkawinan saat pagi hari supaya hasilnya lebih maksimal.

 

2. Kelinci Tidak Mau Kawin

Kebanyakan peternak mengamati kelinci yang telah hamil dengan cara melakukan proses perkawinan berulang kali. Bila kita menggunakan pejantan yang berpengalaman memang proses kawin akan terjadi berulang-ulang.

Jadi dengan demikian kita bisa mengamati kelinci betina. Apabila si betina sudah tidak mau kawin lagi bisa jadi sudah hamil.

Seperti yang kita tahu bahwa satu ekor pejantan mampu memproduktifkan tiga sampai lima betina. Ketika betina sudah tidak mau melakukan proses perkawinan sebaiknya dipindahkan dan digantikan dengan betina lainnya.

 

3. Perubahan Pada Perut Induk Kelinci

Kelinci adalah hewan ternak yang paling cepat masa kehamilannya, biasanya dalam waktu dua minggu perut kelinci sudah terlihat membesar.Perut Induk Kelinci

Kita dapat mengetahui kelinci hamil dengan meraba bagian perutnya. Apabila ada bulatan kecil-kecil pada bagian perut maka sudah dipastikan bahwa itu adalah janin kelinci.

Kelinci dapat mengandung anak yang banyak, jadi apabila kita meraba perutnya akan terasa ada lebih dari satu bulatan. Seiring berjalannya waktu janin kelinci akan semakin membesar dan semakin nampak seperti bayi kelinci.

 

4. Bibir Induk Kelinci yang Kemerahan

Warna bibir kelinci biasanya berwarna pink atau merah pucat. Tapi setelah dua minggu hamil maka perbedaan pada bibir kelinci dapat terlihat jelas.

Kelinci yang sedang mengandung bibirnya menjadi kemerahan dan menjadi lebih cerah. Sebagian peternak yang belum tahu akan hal ini sering menganggapnya sebagai penyakit.

Pada dasarnya perubahan ciri fisik pada induk kelinci yang hamil merupakan hal yang wajar. Justru inilah yang bisa dijadikan bahan analisa.

 

5. Nafsu Makan Kelinci Meningkat

Hampir semua makhluk hidup yang mengalami kehamilan akan membutuhkan banyak makanan. Maka dari itu tidak heran bila kelinci yang mengandung nafsu makannya meningkat.

Nafsu Makan Kelinci MeningkatKetika hamil kelinci membutuhkan asupan gizi yang cukup besar. Selain itu dengan banyak makan janin kelinci akan sehat dan cepat tumbuh besar.

Sebaliknya bila nafsu makan kelinci menurun ketika hamil, maka bisa berdampak buruk. Apabila ini terjadi, sebaiknya peternak segera mengambil tindakan dengan memberikan vitamin dan obat penambah nafsu makan.

 

6. Kelinci Menjadi Ganas dan Agresif

Pada kenyataannya kelinci mempunyai sifat kanibal dan kadang sering memakan sesamanya. Karena hal ini umumnya induk kelinci yang hamil menjadi lebih ganas dan agresif.

Kelinci akan menjadi lebih sensitif terutama kepada lawan jenisnya. Jadi secara tidak langsung naluri melindungi anak terdapat pada kelinci yang sedang hamil.

Nah bagi anda yang suka membiarkan kelinci betina dan pejantan hidup berdampingan. Maka setelah si betina sudah terlihat agak sensitif sebaiknya dipindahkan dan hindarkan dari kelinci jantan.Kelinci Menjadi Ganas dan Agresif

 

7. Mencoba Membuat Lubang

Pada habitatnya di alam bebas kelinci biasa membuat lubang ketika ingin melahirkan. Lubang ini merupakan sarang atau tempat perlindungan bagi bayi kelinci.

Hal ini juga akan terjadi pada kelinci yang hidup di dalam kandang. Tidak sedikit induk kelinci yang menggali lantai kandang seakan menggali lubang.

Apabila ciri ini sudah terlihat pada induk kelinci maka sudah dipastikan kalau positif hamil. Jadi anda tinggal memberikan perawatan dan lebih diberikan perhatian khusus.

 

8. Bulu Kelinci Rontok

Bulu rontok pada kelinci betina adalah hal yang wajar mengingat bulu kelinci dijadikan sebagai sarang saat melahirkan. Bulu kelinci akan rontok saat mendekati masa kelahiran.

Bulu Kelinci RontokBila ciri-ciri ini sudah nampak maka segera masukan kotak ke dalam kandang kelinci betina. Nantinya kotak akan berguna sebagai sarang melahirkan bayi kelinci.

Anda bisa membuat kotak ini dengan papan, atau bisa juga menggunakan kardus. Tapi bila memakai kardus takutnya akan habis dimakan oleh induk kelinci.

 

9. Kelinci Menjadi Gelisah

Ciri kelinci hamil yang bisa kita amati dengan melihat tingkat stres pada induk kelinci. Secara umum kelinci yang sedang hamil akan terlihat lebih gelisah pada waktu-waktu tertentu.

Tiba-tiba kelinci lari, bersembunyi dan berputar tidak karuan, ini sesuatu yang wajar mengingat kelinci sedang hamil.

Terlebih untuk induk kelinci yang mendekati masa kelahiran, tingkat stres akan mendadak meningkat.

 

10. Seperti Tidak Nyaman

Kelinci yang sedang hamil sering merasa tidak nyaman dan lebih sering menjauh dari kelinci lainnya. Jadi bisa dikatakan kelinci menjadi lebih waspada dari gangguan makhluk lain.

Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan menempatkan induk kelinci pada kandang terpisah. Dengan begitu tingkat stres kelinci akan menurun dan akan merasa lebih aman.

 

11. Cenderung Membuat Sarang

Terkadang pada masa pertengahan kehamilan kelinci sering membuat sarang seolah akan melahirkan. Tidak jarang hal ini menyebabkan peternak terkejut dan menganggap kelinci akan segera melahirkan.

sarang kelinciSebagian orang sering menganggap fase ini adalah kelinci yang pura-pura hamil. Justru ada juga yang malah mencoba mengawinkan kembali induk kelinci.

Baca juga: Peluang Usaha Ternak Kelinci Menguntungkan 2019

 

Pengetahuan yang paling dasar untuk sukses menjalankan budidaya ialah bisa mengetahui tanda atau ciri-ciri kelinci yang sedang hamil. Dengan mengetahui ini tentu peternak dapat memberikan perawatan khusus terhadap induk kelinci.

Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *