Ciri Konten Blog Murahan dan Tidak Berkualitas

konten murahanKonten blog murahan dan tidak berkualitas hanya akan merusak reputasi blog, ini fakta. Kenyataannya blog yang mendapatkan visitor unik adalah blog yang benar-benar menyajikan konten yang melegenda.

Jadi apakah blog anda hingga saat ini masih sepi? Jika iya, maka anda perlu intropeksi diri dan memperbaiki cara anda membuat konten. Tulisan ini adalah tulisan yang singkat, tapi ini akan sangat berguna bagi anda untuk kedepannya.

Baca juga: Kesalahan Blogger yang Kemungkinan Menghambat Kesuksesan

Sebelum anda benar-benar terjun dan mendalami dunia blogging anda perlu mengetahui bagaimana ciri konten blog murahan dan tidak berkualitas.

 

Berikut Adalah Ciri Konten Blog Murahan dan Tidak Berkualitas

#1 Pengunjung Tidak Menemukan Apa yang Mereka Cari

Anda harus mengetahui apa dan kenapa alasan seorang pengunjung singgah pada sebuah blog. Pastinya mereka mencari jawaban atau jalan keluar atas masalah mereka, atau mencari inspirasi dan motivasi.

Lalu apakah blog anda sudah benar-benar memiliki manfaat bagi pengunjung?.., faktanya hanya 4 dari 10 pengunjung yang tetap berada dalam satu blog untuk menyelesaikan membaca keseluruhan artikel.

Sebagai contoh, saya membuat tulisan ini dengan tujuan memberikan motivasi dan inspirasi bagi pembacanya. Apa tujuan saya,? Yaitu tidak lain supaya pembaca bisa merubah cara pandangnya ketika membuat konten.

Baca Artikel: Cara Mencari Kata Kunci Blog Paling Banyak Dicari

 

#2 Tidak Dibuat Dengan Sepenuh Hati

Kemudian ciri konten yang tidak berkualitas adalah konten yang tidak dibuat dengan sepenuh hati (asal-asalan). Kebanyakan blogger hanya mengedepankan kuantitas tanpa memperhatikan kualitas. Anggapan mereka semakin banyak membuat postingan maka akan semakin cepat blog mereka menjadi populer.

Yah tapi kebenaranya tidak seperti itu, banyak blog yang hanya memiliki beberapa postingan tapi bisa mendapatkan jutaan pengunjung. Ini karena mereka benar-benar memperhatikan kualitas konten yang dibuat dan dengan sedikit bantuan strategi SEO.

Sekarang lupakan kuantitas, Ingat bahwa menjadi blogger adalah proses yang panjang. Konten yang dipublikasikan saat ini belum tentu langsung populer, bisa saja sampai berbulan-bulan baru masuk halaman pertama.

 

#3 Konten Blog Sulit Dipahami Oleh Pembaca

Konten yang sulit dipahami akan membuat pembaca langsung pergi ketika membukanya. Dampaknya adalah tingginya nilai bounce rate dan menyebabkan ranking blog menjadi merosot.

Memang benar jika menulis di blog tidak harus memakai bahasa buku, tapi setidaknya gunakan bahasa yang mudah dimengerti. Selain itu penyebab konten yang sulit dipahami bisa saja diakibatkan karena desain yang tidak sesuai. Blog yang keren bukanlah blog yang memiliki segudang pernak-pernik hiasan, melainkan memiliki segudang pengunjung dan segudang komentar.

Saya sering mereview blog-blog luar negeri yang memiliki puluhan juta pengunjung. Kemudian saya cek page speed-Nya dan ternyata sangat buruk sekali. Jadi kesimpulannya tidak masalah jika desain blog anda terlihat biasa, tapi buktikan bahwa blog anda memiliki sejuta manfaat.

 

#4 Konten Blog Tidak Bisa Dipraktekan

Terkadang ada pula beberapa orang yang membuat konten demi uang semata. Mereka hanya asal-asalan posting dan saat ada pengunjung yang mempraktekannya justru tulisan tersebut tidak memecahkan masalah.

Memang di mesin pencari ada banyak konten yang menipu, ironisnya judul dibuat sangat menarik. Akan tetapi saat ada yang membacanya ternyata tidak memberikan janji sesuai judul.

Nah sebagai seorang blogger setidaknya anda wajib membuat konten yang bisa dipraktekan. Paling tidak gunakan sumber yang mendukung baik kutipan, gambar dan video. Kemudian jika konten tersebut adalah murni ide sendiri maka anda bisa menambahkan elemen pendukung yang relevan.

 

#5 Konten Blog Hasil Copy Paste

Copy paste adalah istilah yang paling cocok bagi mereka yang suka mencuri konten orang lain. Meskipun copy paste merupakan pelanggaran hak cipta, tapi belum ada peraturan tegas yang melarangnya.

Akibat algoritma mesin pencari, saat ini konten hasil copy paste akan lebih disaring dan tidak mampu bersaing dengan konten yang unik. Kemudian bahaya bagi blog yang sering copas ialah, bukan tidak mungkin jika blog tersebut dihapus oleh google.

Bukankah lebih baik untuk membuat karya yang memang berasal dari diri sendiri. Dengan begitu, pasti anda akan mendapatkan perasaan bangga terhadap diri sendiri.

 

#6 Melupakan SEO

SEO adalah strategi yang digunakan agar blog lebih bersahabat dengan mesin pencari. Apakah SEO ini penting? Yah, jelas optimasi SEO sangat perlu dilakukan supaya konten yang dibuat muncul di halaman pertama mesin pencari.

Akan tetapi, meskipun SEO ini penting.,, ada beberapa batasan SEO yang tidak boleh dilakukan, seperti Black Hat SEO, yaitu cara optimasi curang dan akan berdampak buruk bagi blog.

Jadi sebaiknya anda melakukan strategi SEO yang wajar, kemudian utamakan keunikan konten anda. Selain itu jika ingin blog anda cepat populer maka anda harus lebih serius dan konsisten membangun blog.

Lihat Tulisan: Postingan Muncul di Halaman Pertama Google Dalam 1 Hari

Nah, setelah anda mengetahui ciri konten blog murahan dan tidak berkualitas di atas, pasti anda langsung bisa mengintropeksi diri. Jujur, untuk membuat konten berkualitas memang tidak mudah dan butuh kerja keras. Tapi sebagai seorang blogger tidak ada cara yang lebih baik selain belajar dan terus belajar.

Artikel Terkait

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *