6 Tips Dasar Menulis Postingan Blog Agar Disukai Pembaca

dasar menulis postingan blogMenulis postingan memang tidak semudah kelihatnya. Dibandingkan dengan membaca, menulis memiliki tinggkat kesulitan yang lebih berat. Apalagi ketika anda memutuskan untuk membuat tulisan yang berasal dari ide yang murni dari diri anda.

Salah satu kunci terpenting kesuksesan blogger adalah dengan menyediakan tulisan yang disukai oleh pembaca. Menulis adalah sebuah keterampilan yang didapatkan dari pengalaman. jadi anda dapat membuat tulisan yang baik jika anda sudah terbiasa menuangkan ide anda dalam bentuk tulisan dan anda sudah terbiasa.

Baca juga: Tips Membuat Postingan Blog dengan 5 Langkah Mudah

Apakah anda baru dalam dunia blogging? Apakah anda belum memahami bagaimana menulis postingan blog yang baik?. Jika memang begitu anda perlu membaca 6  Tips Dasar Menulis Postingan Blog di bawah ini.

 

6 Tips Dasar Menulis Postingan Blog Agar Disukai Pembaca

1 Temukan ide menulis

Untuk menulis postingan blog hal pertama yang harus dipikirkan adalah ide. Ide adalah bentuk rancangan pikiran yang nantinya akan dijadikan dasar tulisan yang akan dibuat. Pertama, cari apa yang ingin anda tulis, kemudian kembangkan ide-ide dalam pikiran anda ke dalam bentuk tulisan yang luar biasa. Tapi ingat, saat menulis postingan blog usahakan jangan Copas (Copy dan Paste) atau mencuri ide orang lain.

 

2 Gunakan bahasa yang baik

Setelah anda menemukan ide tulisan, maka selanjutnya adalah merubahnya menjadi tulisan yang unik. Untuk dasar menulis postingan blog anda harus lebih memperhatikan gaya bahasa yang akan anda gunakan. Pasti anda sudah memikirkan target siapa nantinya yang akan membaca tulisan anda,. Jadi dengan ini bahasa dapat disesuaikan dengan target yang dituju.

Misal, target pembacanya adalah anak muda, anda dapat membuat tulisan dengan bahasa yang santai dan sedikit homoris. Kemudian jika targetnya adalah orang dewasa, maka anda bisa menggunakan bahasa yang lebih serius dan tidak bertele-tele.

 

3 Menulislah dengan jujur

Tulisan yang dibuat dengan kejujuran akan menunjukan karakter asli dari penulisnya dan membuat pembaca tahu siapa yang menuisnya. Selain itu hal ini akan menjadi nilai lebih untuk tulisan yang anda buat. Anda harus tahu kalau tulisan yang unik lebih disukai pembaca dan mesin pencari. Sebagai contoh, anda ingin membuat tulisan tentang “cara memasak ayam” tapi anda tidak pernah mempraktekannya. Sudah pasti hal ini akan berpengaruh pada tulisan yang dibuat, selain itu anda bisa menambahkan elemen pendukung tulisan seperti gambar/video. Tujuannya supaya pembaca lebih yakin bahwa anda benar-benar orang yang membuat tulisan.

 

4 Jangan menulis postingan yang hanya berisi daftar link

Ada sebagian blogger yang sengaja membuat tulisan yang hanya berisi sekumpulan link. Karena dirasa menulis postingan akan memakan waktu yang lama, mereka lebih suka membagikan link situs lain. Jika memang ingin memcantumkan link, sebaiknya gunakan link yang benar-benar relevan yang mengarah ke postingan blog anda yang lainnya. Menulis postingan yang hanya berisi daftar link memang dulunya terasa lebih mudah, tapi untuk saat ini cara ini sudah ketinggalan jaman dan tidak efektif.

 

5 Wajib Memberikan Sumber

Ada banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi, untuk itu anda harus lebih berhati-hati ketika menekuni bidang blogging. Jangan sampai anda melakukan pelanggaran hak cipta, plagiasi atau mencuri konten orang lain, Misal gambar, kutipan, video dan lain-lain. Sebaiknya gunakan sumber jika anda ingin mengutip atau mengambil sedikit konten dari situs lain. Hal ini akan memilimalisir resiko terjadinya pelanggaran hak cipta dan dengan memberikan sumber akan membuat anda lebih menghargai karya orang lain. Anda bisa menerapkan ini dengan cara memberikan link kembali (backlink) ke sumber aslinya.

 

6 Tambahkan nilai lebih

Kemudian tahap akhir untuk menulis postingan blog yang disukai pemaca adalah dengan memberikan nilai lebih di dalamnya. Nilai lebih ini akan menjadi pembeda tulisan anda dengan yang lainnya. Caranya dengan menambahkan daya tarik visual seperti gambar, video dan beberapa contoh yang relevan. Kemudian anda bisa juga menerapkan penulisan paragraf pendek pada postingan anda. Paragraf pendek (tidak lebih dari 2-3 kalimat), dengan begini akan memudahkan pembaca tulisan anda untuk menemukan apa yang mereka cari.

Ingat bahwa tulisan blog tidak sama dengan tulisan buku. Mungkin jika pada buku pola paragraf akan jauh lebih rapi dan sesuai dengan standar penulisan.. Akan tetapi hal itu justru tidak berguna ketika anda terapkan untuk membuat tulisan blog. Faktanya 70% pengguna internet lebih suka dengan tulisan singkat yang informatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *