Istilah Dalam Google Adsense

Istilah Dalam Google Adsense yang Wajib Anda Pahami

Istilah Dalam Google Adsense

Google AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. … Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Mungkin sebagian dari anda masih bingung ketika pertama kali menggunakan akun google adsense. Yah mungkin banyak kata-kata atau istilah yang terdengar asing dan tentunya belum anda pahami. Memang setelah diterima adsense, langkah selanjutnya adalah memasang unit iklan. Akan tetapi sebuah pemahaman terkait adsense harus anda miliki supaya tidak salah kaprah nantinya.

 

Kenapa harus memahami istilah-istilah pada google adsense?,, Alasanya:

  • Ini sangat penting karena anda adalah seorang publisher,
  • Untuk mempermudah memahami isi laporan dari adsense,.
  • Mempermudah meningkatkan kinerja adsense anda,
  • Menghindari kemungkinan terburuk akibat kurangnya pengetahuan,

 

Berikut adalah Istilah Google Adsense Dalam Google Adsense yang Wajib Anda Pahami

  • Akun Adsense

Akun adalah tempat yang disediakan untuk mendapatkan fasilitas dari situs penyedia akun tersebut. Jadi akun adsense merupakan akses bagi anda agar bisa menggunakan fasilitas adsense.

  • Publisher

Publisher adalah aplikasi yang hebat untuk membuat publikasi yang kaya dan terlihat profesional secara visual tanpa menginvestasikan banyak uang dan waktu pada aplikasi penerbitan desktop yang rumit.

  • Ads Unit (iklan)

Unit iklan adalah suatu iklan yang terdiri dari beberapa jenis iklan beserta ukurannya. Pada adsense ada berbagai macam ukuran untuk unit iklan dan 3 jenis iklan, yaitu iklan gambar, teks, gambar & teks.

  • Iklan Ditangguhkan

Yaitu iklan dari google tidak bisa dimunculkan pada situs/akun youtube publisher akibat beberapa hal. Misalnya saldo sudah melewati $100 dan anda belum melakukan verifikasi PIN. Atau bisa juga karena akun anda terkena pinalti google, dengan kata lain terkena suspend.

  • Penghsilan Tertaksir

Adalah keseluruhan jumlah/nominal dari pendapatan yang diperoleh oleh publisher dalam waktu satu bulan. Biasanya akan ditampilkan dalam laporan berdasarkan hari ini, kemarin, 7 hari yang lalu dan bulanan.

  • Saldo Adsense

Saldo adsense adalah keseluruhan dari penghasilan yang telah dijumlahkan. Tapi dalam hal ini penghasilan tertaksir belum di hitung dan dimasukan ke dalam saldo sebelum akhir bulan.

  • Verifikasi PIN

Verifikasi PIN adsense adalah dimana publisher mengklaim hak atas kepemilikan akun adsense. Setiap publisher pasti akan melewati tahap ini, dimana Google akan mengirimkan PIN lewat kantor pos setelah saldo mencapai $10.

  • Pembayaran Ditangguhkan

Pembayaran ditangguhkan adsense akan terjadi apabila publisher belum melakukan verifikasi PIN atau saldo yang didapat belum cukup. Pembayaran adsense akan bisa berjalan jika publisher sudah memverifikasi pin dan saldonya telah mencapai $100.

  • Akun Suspended

Akun Adsense di Suspend oleh pihak google karena beberapa alasan. Hal ini dapat terjadi karena publisher melakukan pelanggaran atau kecurangan ketika menayangkan iklan. Sebagai contoh, akun di nonaktifkan sementara karena invalid click selama satu bulan dan biasanya pubilsher akan langsung mendapat peringtan.

  • BPK/CPC Adsense

BPK adsense adalah biaya per klik dari iklan yang ditayangkan. Dalam hal ini BPK untuk pemilik akun adsense sangat beragam. Ada yang tinggi dan ada pula yang rendah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor.

  • Cakupan

Cakupan adalah perhitungan persentase permintaan iklan terhadap satu unit iklan atau lebih. Cakupan ini sangat berguna bagi anda untuk mengukur tingkat kesuksesan iklan yang tertarget. Misal anda memasang 3 unit iklan maka anda bisa melihat cakupan dan melihat persentase unit iklan yang paling memberikan keuntungan.

  • Klik

Klik adalah jumlah iklan yang dibuka oleh pengunjung. Setiap publisher adsense tentunya mengharapkan mendapat klik yang banyak, dengan begitu penghasilan yang didapatkan pun akan meningkat.

  • Tayangan

Tayangan adalah laporan yang begitu penting dan harus anda pahami. Dalam hal ini, tayangan akan menunjukan jumlah pengunjung yang datang ke blog anda. Kemudian untuk tayangan iklan adalah laporan terkait jumlah pengunjung yang melihat iklan pada blog anda.

  • Bounce Rate

Adalah rata-rata presentase antara tingkat kunjungan blog dengan page view dalam jangka waktu tertentu.Misal Ada pengunjung perhari sebanyak 100 pengujung dengan pageview 150, Maka rumus hitungnya : 100 / 150 = 66,66%.

  • Smart Pricing

Smart pricing atau harga pintar adalah harga klik iklan yang diberikan oleh pihak google guna melindungi pengiklan dari kerugian. Dalam hal ini, akun adsense yang terkena smart pricing akan mengalami rendahnya CPC/BPK.

  • Invalid Click

Invalid klik merupakan klik yang tidak diakui oleh pihak adsense, sehinga anda tidak mendapatkan penghasilan dari invalid klik. Contohnya klik iklan yang dilakukan secara curang dan bertujuan untuk membohongi Google Adsense. Atau ketika ada pengunjung yang melakukan klik iklan dan kemudian menutup halaman iklan sebelum loadingnya selesai. Anda harus berhati-hati dengan invalid klik karena hal ini dapat memicu akun anda dinonaktifkan.

  • Banned Adsense

Dalam hal ini akun adsense Artinya akun adsense dinonaktifkan. Atau bahasa simplenya dipecat dari status publisher adsense. Penyebabnya bermacam-macam yang intinya publisher melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh google adsense. Jika sudah dinonaktifkan maka semua iklan yang ada di website atau blog sobat tidak akan tampil. Dan penghasilan yang sudah masuk di akun adsense tidak akan cair.

  • Payment Out (PO)

Artinya gajian, positif cair dari google adsense. Batas minimal PO adalah $100. kalau kurs nilai rupiah sekarang Rp. 13.000,- maka minimal PO dari adsense sebesar Rp. 1.300.000,-. Ada 2 metode pembayaran yang bisa diterima publishser Indonesia yaitu melalui WU (western union) di kantor pos dan Bank lokal seperti BCA, BNI, Mandiri dan BRI.

(Visited 70 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *