Jenis Ayam Aduan Terbaik

Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Populer Saat Ini

Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Populer Saat IniSeperti yang kita ketahui bersama bahwa perkembangan sabung ayam di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu. Ada beragam jenis ayam aduan yang populer dan paling sering digunakan oleh para pecinta ayam aduan. Setiap jenis ayam aduan memiliki nama-nama dan julukan tersendiri beserta keunggulan bertarung yang dimiliki.

Walaupun saat ini kita telah memasuki zaman yang modern, namun perkembangan sabung ayam masih tetap eksis dan banyak peminatnya. Selain itu pemasaran ayam aduan juga tidak pernah menurun sehingga menjadi target bisnis para peternak ayam.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa jenis ayam aduan yang paling sering digunakan oleh pecinta sabung ayam. Nah ini bisa kita artikan sebagai trend ayam aduan yang semakin maju.

Jenis Ayam Aduan Terbaik yang Sering Dipakai di Indonesia

1. Ayam Bangkok

Ayam bangkok merupakan salah satu ras ayam aduan yang berasal dari negara Thailand. Jadi sesuai dengan namanya “Bangkok”, yakni diambil dari nama ibukota negara Thailand itu sendiri.

ayam bangkok

Bisa di bilang kepopuleran ayam bangkok di Indonesia menempati posisi pertama sebagai ayam aduan yang paling disukai dan paling banyak dipelihara. Nah walaupun ayam bangkok adalah ayam import, tapi di negara kita sudah ada dan berkembang sejak zaman dahulu.

Ayam bangkok terkenal dengan teknik bertarung yang bagus dan apik sehingga banyak orang tertarik pada ayam aduan jenis bangkok ini. Dari segi pertahanan dan serangan ayam ini jauh lebih tajam dibandingkan jenis ayam lain.

2. Ayam Birma

Kemudian jenis ayam aduan terbaik dan populer saat ini ialah ayam birma. Ayam birma atau ayam pama merupakan jenis ayam kampung asli yang berasal dari Negara Myanmar. Di tempat asalnya ayam ini dikenal dengan penumpas iblis karena mempunyai teknik bertarung super ganas di arena.

ayam birma

Ayam birma memiliki pukulan dan gerakan paling cepat dibandingkan ras ayam aduan lainnya. Ayam burma ini mampu mengimbangi dan mengungguli kemampuan ayam bangkok walaupun memiliki ukuran tubuh jauh lebih kecil dari ayam bangkok.

Belakangan ini ayam birma telah menjadi trend sabung ayam di Indonesia. Sudah banyak para pecinta ayam mencoba kemampuan ayam birma di dalam kontes maupun di arena gelanggang. Kemudian banyak juga peternak yang mencoba menciptakan bibit ayam petarung dari hasil kawin silang ayam birma dengan jenis ayam lainnya.

3. Ayam Saigon

Awalnya kebanyakan orang di Indonesia menganggap ayam saigon sebagai ayam asli yang negara kita, tapi kenyataannya tidak. Ayam saigon memang sudah ada sejak zaman dahulu, dan ternyata jenis ayam aduan yang satu ini berasal dari negara Vietnam yang pada awalnya dibawa para pedagang ketika masa kerajaan dulu.

ayam saigon

Kepopuleran ayam saigon sebagai ayam aduan terbaik baru melesat beberapa tahun belakangan ini. Dulunya malah ayam saigon hanya dianggap sebagai ayam kampung yang Cuma dimanfaatkan dagingnya.

Jika dilihat dari gaya bertarungnya, ayam saigon adalah ayam yang tidak terlalu aktif. Akan tetapi jenis ayam yang satu ini mempunyai daya tahan tubuh paling bagus dan siap menerima berbagai pukulan. Tidak jarang malah membuat lawan lari karena kelelahan bertarung.

4. Ayam Pakhoy

Ayam Pakhoy adalah jenis ayam aduan yang memiliki sebutan ayam modern. Sampai saat ini asal usul ayam pakhoy masih menjadi misteri, ada yang bilang ayam ini berasal dari malaysia dan ada yang beranggapan ayam merupakan hasil persilangan berbagai ras ayam aduan.

ayam pakhoy

Kepopuleran ayam pakhoy menjadi sangat dikenal ketika banyak peternak di Thailand mulai memenangkan kontes sabung ayam dengan ras ayam yang satu ini. Selain itu ada pula orang indonesia yang sempat menjadi juara adu ayam di Thailand dengan membawa ayam pakhoy, yaitu peternakan Java-toya Rich Farm dengan ayamnya yang bernama “Dragon Killer”.

5. Ayam Kampung Indonesia

Selanjutnya yang menempati posisi terakhir untuk ayam aduan yang paling sering digunakan di Indonesia adalah ayam kampung. Kebanyakan pecinta ayam memilih ayam kampung untuk ajang sabung taji, yakni pertarungan ayam dengan pisau kecil. Sehingga pertarungan ayam kampung akan berakhir sampai ada yang mati.

ayam kampung asli

Peminat ayam aduan akan tetap eksis walaupun sabung ayam dianggap sebagai hobi yang kuno. Kalau adu ayam kampung malah biasa dianggap sebagai kebudayaan masyarakat dan masih sering dilakukan oleh penduduk pribumi Indonesia.


Nah itulah beberapa jenis ayam aduan yang populer saat ini dan paling sering digunakan untuk sabung ayam di Indonesia. Kami akhiri tulisan ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *