Vaksin Ayam Bangkok Bermutu

Jenis Vaksin Ayam Bangkok Bermutu Tinggi

Pemberian vaksin kepada ayam bangkok sangat diperlukan dan tidak boleh terlewatkan. Ayam bangkok merupakan jenis ayam yang dipelihara untuk dijadikan sebagai ayam aduan. Jadi ayam harus memiliki kualitas yang bagus agar bisa meraih juara. Disamping itu harga ayam sangat dipengaruhi oleh mutu ayam itu sendiri.

Sebagai seorang peternak kita wajib merawat dan melatih ayam supaya nanti bisa dijual dengan harga mahal. Perawatan yang wajib dilakukan sejak dini ialah pemberian vaksin, dimana bertujuan untuk menjaga kesehatan ayam. Dengan demikian maka ayam memiliki kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Sebagian dari sobat mungkin banyak yang belum tahu terkait hal vaksinasi ini. Nah pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas beberapa macam vaksin ayam bangkok serta cara pemberiannya.

 

Jenis Vaksin Ayam Bangkok Aduan Supaya Sehat

Ayam yang diberikan vaksin jelas berbeda dengan ayam yang sama sekali tidak dikasih vitamin atau vaksin. Perbedaan yang paling terlihat biasanya yaitu dari segi kesehatan dan pertumbuhan ayam. Ada banyak sekali jenis vaksin mulai dari yang tetes, vaksin alami, hingga yang dicampurkan air minum. Berikut ini jenis vaksin yang dapat sobat berikan kepada ayam:

1. Vaksin AI

Pertama adalah vaksin AI, ini adalah yang paling populer dan sering digunakan oleh peternak unggas. Pertama kali vaksin AI muncul untuk mengatasi virus flu burung yang pernah menggemparkan dunia.

Vaksin AI merupakan jenis yang bisa diberikan kepada semua jenis unggas untuk mencegah flu burung. Namun, tidak hanya itu saja, sebenarnya vaksin ini juga bermanfaat untuk pencegahan penyakit lainnya. Jenis vaksin AI H5N1 adalah yang terbanyak dipakai oleh peternak ayam.

 

2. Vaksin ND

Kita kerap menyebut penyakit ini ND atau Newcaste Disease yang merupakan penyakit berbahaya bagi unggas yang menular. Ayam yang terserang penyakit ND akan mengalami gangguan pada pernafasan, jika diabaikan bisa menimbulkan kematian.

Umumnya Vaksin ND ini diberikan pada anak ayam yang baru menetas dengan dikombinasikan vaksin AI. Tujuannya untuk lakukan pencegahan penyakit, terutama flu burung dan ND (Newcastle Disease).

Baca: Bodrex Flu dan Batuk Untuk Ayam Ngorok Terbukti Ampuh

 

3. Vaksin Marek

Vaksin marek ini berguna mengatasi penyakit marek yang kerap menyerang ayam muda. Artinya sangat rawan sekali menginfeksi anak ayam. Marek ialah jenis virus neoplastik yang berbahaya bagi unggas yang dapat memicu kematian.

Tidak bisa dipungkiri bila anak ayam sangat mudah terserang penyakit, jadi sebagai peternak kita wajib memberikan vaksin ayam bangkok. Jika tidak dilakukan bisa menyebabkan kerugian apabila hasil ternak banyak yang mati.

 

4. Vaksin IB

Fungsi vaksin IB bagi ayam ialah untuk pencegahan penyakit pernafasan seperti infeksi pada bronchitis. Walaupun terlihat remeh, penyakit pernafasan bisa berakibat buruk terhadap ayam kesayangan kita. Apalagi biasanya penyakit ini dapat menular dan menyebar dengan cepat.

Bagi ayam aduan yang terkena gangguan pernafasan tentu dapat menurunkan performa saat bertanding. Cara penggunaan vaksin IB ini sangat mudah, cukup campurkan dengan air minum ayam.

 

5. Vaksin Coryza

Kemudian sobat harus tahu vaksin ayam bangkok yang satu ini. Meskipun tidak sering digunakan, sebenarnya vaksin Coryza ini begitu efektif untuk mencegah dan mengatasi penyakit snot. Banyak dari rekan-rekan botoh yang sering mengeluh karena ayam nya terkena penyakit snot.

Cara pemakaian vaksin coryza yaitu melalui injeksi intramuskular pada dada atau paha ayam bangkok aduan. Langkah pencegahan tentu jauh lebih disarankan sebelum ayam benar-benar terkena penyakit.

 

6. Vaksin lainnya

Terdapat beberapa vaksin lain yang bermanfaat bagi ayam seperti vaksin ILT untuk mencegah infeksi pada saluran laringotracheal. Kemudian vaksin fowl pox sebagai pencegah penyakit cacar, lalu vaksin gumboro yang dapat sobat berikan dengan dicampurkan air minum.

Baca: Pemberian Madu dan Telur Untuk Ayam Bangkok Aduan

 

Pemberian vaksin bagi ayam bangkok aduan wajib dilakukan, namun sebagian dari kita banyak yang mengabaikan ini. Pasalnya peternak ayam bangkok kerap menganggap ayam bangkok berbeda dengan ayam lainnya dan tidak butuh vaksin. Sebenarnya ini pendapatan yang salah, manfaat vaksin sangat banyak, jadi jangan sampai dilupakan.

 

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *