bawang merah untuk ayam bangkok

Kegunaan dan Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Bangkok

Pemberian bawang merah untuk ayam bangkok aduan sudah menjadi resep turun-temurun bagi kalangan pecinta ayam jago di tanah air. Umumnya bawang dijadikan sebagai bumbu masakan, tapi tahukah anda ternyata kegunaan bawang merah ini baik untuk ayam bangkok aduan.

Tanaman yang satu ini bisa digunakan sebagai obat berbagai penyakit serta berkhasiat meningkatkan kesehatan. Merawat ayam aduan memang tidak mudah, sebagian botoh lebih memilih penggunaan tanaman herbal bila dibandingkan dengan obat-obatan kimia karena tingkat keamanannya yang lebih terjamin. Beberapa kandungan yang terdapat pada bawang merah:

nutris bawang merah

Tidak bisa dipungkiri, untuk membentuk ayam aduan yang berkualitas maka dalam hal perawatan kita harus melakukan upaya lebih maksimal. Pada kesempatan sebelumnya kita sudah mengulas mengenai manfaat bawang putih bagi ayam., Nah berikut ini adalah kegunaan dan manfaat bawang merah untuk ayam bangkok yang perlu anda tahu:

Sebagai obat antibiotik

Ketika ayam diadu biasanya akan mendapatkan beberapa luka, pemberian bawang merah bisa dijadikan sebagai solusi pengganti antibiotik. Bawang merah dapat mencegah infeksi pada luka dan mempercepat proses penyembuhan pada luka ayam. Caranya iris bawang merah kemudian rendam dengan air panas, kemudian gunakan air rendaman untuk mengkompres luka ayam.

Sebagai penambah energi

Ayam bangkok aduan dituntut selalu fit dan sehat. Bawang merah kaya akan energi yang berguna meningkatkan stamina dan membuat ayam menjadi lebih sehat. Dengan energi yang cukup pukulan ayam akan menjadi lebih kuat dan akurat.

Mengatasi cacingan

Cacingan adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menggangu sistem pencernaan serta dapat menghambat pertumbuhan ayam. Selain menggunakan buah jambe (pinang), anda juga bisa mengatasi cacingan dengan menggunakan bawang merah. Cara pengobatannya cukup mudah, berikan irisan atau air rendaman bawang merah kepada ayam.

Menjaga daya tahan tubuh

Percaya atau tidak ternyata bawang merah berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh ayam aduan. Jadi dengan begitu ayam kesayangan kita tidak mudah sakit dan terhindar dari serangan virus. Bawang merah kaya akan kandungan vitamin C sehingga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam bangkok.

Menguatkan tulang

Setiap 100 gram bawang merah mengandung 2% kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang ayam. Seperti yang kita tahu bahwa ayam aduan harus mempunyai struktur tulang yang kuat dan kokoh.

Melancarkan pencernaan

Nah bila ayam aduan kesayangan anda mengalami masalah pada pencernaan, pemberian bawang merah sangat efektif untuk mengatasinya. Masalah pada pencernaan bisa dilihat dari nafsu makan ayam yang menurun, ayam lesu, berak kapur dan bahkan berak darah.

Mengatasi penyakit ngorok

Ngorok adalah penyakit yang menular dan harus segera diobati. Biasanya penyakit ini menyerang unggas karena keadaan temperatur udara yang buruk serta akibat pertumbuhan bakteri. Anda bisa mengobati penyakit ngorok ini menggunakan seduhan air bawang merah, atau bisa juga dengan irisan yang diberikan langsung pada ayam.

Mengobati bubul pada ayam

Bubul adalah salah satu penyakit yang merepotkan peternak dan susah untuk disembuhkan. Cara pengobatan bubul menggunakan bawang merah cukup unik, pertama tumbuk bawang merah secukupnya, tambahkan satu sendok minyak goreng, lalu oleskan pada kaki ayam yang terkena bubul. Pengobatan ini harus rutin dilakukan hingga bubul terlepas dari kaki ayam. Memang untuk mengobati penyakit yang satu ini dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

Membentuk tubuh ayam aduan

Ayam aduan harus memiliki tubuh yang ideal, rasanya tidak bagus bila ayam aduan terlalu gemuk dan terlalu kurus. Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat pada bawang merah berkhasiat menyetabilkan bentuk tubuh ayam aduan.

Kesimpulan

Pada dasarnya bahan-bahan tradisonal jauh lebih aman bila dibandingkan dengan bahan kimia. Pemberian bawang merah untuk ayam bangkok aduan merupakan alternatif yang jauh lebih aman bila dibandingkan penggunaan obat kimia. Akhir kata dari kami, semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman pencinta ayam jago di Indonesia. Jangan lupa kunjungi situs www.mysimpletricks.com biar dapat wawasan lebih banyak.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *