kesalahan blogger

Kesalahan Blogger yang Kemungkinan Menghambat Kesuksesan

Menjadi seorang blogger tidak terlepas dari berbagai kendala dan kesalahan yang terkadang sengaja atau tidak sengaja dilakuan. Iya, memang sebagai manusia kita pasti sering melakukan kesalahan.

 

Ingat bahwa tujuan utama menjadi blogger adalah untuk mencapai kesuksesan. Dalam hal ini sukses tidak selau berkaitan dengan hal-hal yang bersifat materi saja, tapi sukses menyangkut semua aspek yang ada dalam linggkup dunia blogging. Blog mendapatkan banyak pengunjung, meski tidak mendapat uang tapi sudah bisa masuk ke dalam sukses mendapatkan pengunjung.

 

Saat menjalankan aktivitas blogging terkadang kita melakukan berbagai kesalahan yang kemungkinan besar akan berakibat fatal terhadap kelanjutan blog kedepannya. Pastinya kamu tidak mau kan jika aktivitas blogging yang sudah kamu tekuni akhirnya menjadi sia-sia? Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan sedikit menyinggung masalah kesalahan yang kerap terjadi dalam linggkup dunia blog yang bisa menghambat keberhasilanmu.

 

Kesalahan Para Blogger yang Kemungkinan Menghambat Kesuksesan

Tujuan dan Persiapan yang Kurang Matang

Membuat blog bukan hanya sekedar membuat postingan dan kemudian sukses, tapi ketika kamu ingin benar-benar meraih kesuksesan dari blog maka perlu adanya tujuan  dan persiapan yang direncanakan dengan matang.

Pastinya kamu ingin aktivitas blogging menjadi mudah dan lebih menyenangkan bukan? Bagi kamu yang masih pemula sebaiknya jangan terlalu terburu-buru dan jangan jadikan prioritas utamamu semata-mata karena uang.

Aktivitas blogging sama halnya menjadi seorang penjual produk. Jadi begini, lebih baik membuat blog secara perlahan tapi pasti daripada kamu buru-buru dan pada akhirnya malah gagal dan blog sepi. Buatlah blog yang memiliki konten bermanfaat bagi pengunjung, ingat karena konten yang berkualitas akan meramaikan blog yang kamu bangun.

 

Jarang Membuat Postingan

Banyak blogger yang jarang posting dan mereka selalu mengeluh kalau blog mereka sepi pengunjung. Kamu perlu tahu bahwa mesin pencari (googlebot) akan rutin merayapi sebuah blog, lalu blog yang jarang membuat posingan dan memiliki artikel yang sedikit akan dianggap sebagai blog yang tidak berkualitas oleh mesin pencari.

Pastinya kamu tidak ingin kan konten yang sudah susah payah kamu buat hanya menjadi sampah di mesin pencari dan tidak berada pada page one? Hal yang demikian sering menyebabkan blogger pemula menjadi tidak semangat menjalani aktivitas blogging yang pada akhirnya mereka gagal dan memilih untuk pensiun.

Blog yang memiliki masa depan bagus adalah blog yang selalu update dan rajin menyajikan konten. Jadi mulailah untuk membangun blog dengan cara membuat konten secara rutin dan sebaiknya jadikan aktivitas blogging sebagai rutinitas harian kamu.

 

Postingan atau Konten Tidak Berkualitas

Pasti banyak di antara kamu yang setiap hari membuat postingan tapi blog masih saja sepi. Jika benar begitu, kemungkinan penyebabnya adalah konten yang dibuat tidak berkualitas. Membuat posting setiap hari memang kedengarannya bagus, akan tetapi kamu juga perlu mempertimbangkan kualitas konten.

Ini sering terjadi, blog yang memiliki ratusan bahkan ribuan artikel popularitasnya di bawah blog yang hanya memiliki sedikit artikel. Alasannya adalah karena blog yang memiliki banyak artikel tapi tidak berkualitas.

Banyak yang bilang seoarang blogger wajib menyajikan tulisan minimal satu hari satu tulisan, maka ini tidak perlu kamu ikuti. Bagi mereka yang sudah berpengalaman mungkin bisa melakukan hal itu, tapi bagi seorang pemula sebaiknya saya sarankan untuk fokus pada kualitas artikel dibandingkan kuantitas artikel.

 

Blog Memiliki Banyak Topik (Gado-gado)

Kamu perlu tahu kalau blog dengan topik bahasan yang khusus akan lebih disukai oleh pengunjung dan mesin pencari. Selain itu blog dengan topik khusus lebih relevan dan akan lebih cepat populer.

Blog dengan topik khusus lebih memiliki navigasi yang baik, mampu memenangkan persaingan kata kunci tertentu (keywords), pengunjung lebih mudah menemukan apa yang mereka cari dan yang terpenting blog topik khusus lebih mudah untuk dikembangkan. Berbeda dengan blog yang membahas topik umum (gado-gado) yang justru menyebabkan navigasi blog menjadi sulit, memiliki banyak persaingan kata kunci dan pengunjung  akan kesulitan mencari tulisan yang serupa.

Jadi kesimpulannya sebaiknya kamu fokus membangun sebuah blog yang memiliki topik lebih khusus agar mampu bersaing pada mesin pencari. Lihat The Best Niche Blog Adsense Bayaran Tinggi dan Ramai Pengunjung

 

Strategi SEO yang Salah dan Membuat Ranking Blog Menurun

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimation, yaitu sebuah optimasi pada blog supaya blog lebih bersahabat dengan mesin pencari. Dengan begitu konten pada blog akan lebih cepat populer karena mudah dirayapi oleh robot mesin pencari.

Tujuan dari pembuatan konten atau artikel adalah untuk bersaing dan memenangkan persaingan, maka dari itu setiap blogger harus melakukan SEO terhadap blog agar bisa berada di halaman pertama (page one) pada mesin pencari. Sangat penting jika kamu memang benar-benar belum paham mengenai SEO maka sebaiknya kamu belajar dasar-dasar dari strategi SEO. Pada umumnya Search Engine Optimation (SEO) ada dua, yaitu SEO On Page dan SEO Off page.

SEO On Page adalah strategi optimasi yang dilakukan dari dalam web atau blog itu sendiri, mulai dari desain template, pengaturan blog hingga tahap pembuatan postingan. SEO On Page sangat wajib dilakukan oleh semua blogger atau bisa juga disebut dengan teknik SEO dasar.

Sedangkan SEO Off Page adalah strategi optimasi yang dilakukan dari luar blog, mulai dari melakukan blog walking, mencari backlink (dofollow & nofollow), melakukan submit tulisan ke situs-situs besar hingga melakukan promosi. Tujuan optimasi off page ini adalah agar konten yang dibuat bisa cepat populer dan berada pada halaman pertama mesin pencari.

Jadi kesimpulannya kamu wajib melakukan optimasi (SEO) terhadap blog, terutama melakukan SEO On Page. Ini penting, agar blog lebih disukai pengunjung dan mesin pencari.

 

Kesalahan Dalam Hal Promosi Blog

Jika kamu ingin blog yang kamu kelolah mendapatkan banyak pengunjung maka melakukan promosi blog adalah jalan yang tepat untuk mengundang pengunjung yang tertarget. Tapi kebanyakan blogger justru sama sekali tidak melakukan promosi dan masih sering menjalankan pola promosi blog yang salah.

Perlu kamu ketahui bahwa promosi blog memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya untuk mendapatkan kepercayaan para pembaca dan mesin pencari, terutama untuk blog yang masih baru promosi sangatlah penting.

Saat melakukan promosi kamu harus lebih hati-hati dan jangan asal-asalan promosi, ini penting demi menjaga kelangsungan blog yang kamu kelolah. Banyak blogger yang melakukan kesalahan fatal ketika melakukan promosi, seperti SPAM, blog walking berlebihan. Menyebar link blog di sembarang situs yang justru malah merugikan mereka.

Menjalani aktivitas blogging hingga blog menjadi populer memang membutuhkan banyak waktu, jadi saya sarankan kamu harus lebih sabar dan tidak sembarangan melakukan promosi yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Kemudian lakukan promosi yang sewajarnya dan relevan yang bisa mengundang pengunjung yang tertarget.

 

Pengaruh Dari Blogger Lain

Bagi kamu yang baru menekuni dunia blogging pasti akan sangat mudah terpengaruh oleh blogger lain. Pastinya kamu akan sering mengikuti dan mencontoh mereka para master yang sudah sukses di dunia blogging.

Misalnya saja kamu tertarik membangun blog dengan topik yang sama dengan mereka, mengganti template dan bahkan meniru semua unsur dari blogger lain. Apakah hal ini salah? Pengaruh blogger lain sangat berdampak negatif untuk kamu yang masih pemula yang sebenarnya masih tahap belajar.

Kejadian seperti ini memang lumrah dan sering sekali terjadi. Coba kamu pikir, misalnya saja kamu ikut-ikutan membuat blog dengan topik seperti blog-blog yang populer tapi kamu tidak menguasai topik tersebut sepenuhnya. Pasti kamu akan mendapatkan banyak sekali kesulitan menjalani aktivitas blogging mulai dari menemukan ide tulisan, sumber gambar, hingga membuat tulisan.

 

Jadi jika kamu adalah blogger pemula sebaiknya kamu lebih fokus terhadap hal-hal yang benar-benar kamu kuasai. Kembangkan talenta yang ada pada diri kamu dan buat konten yang berasal dari diri sendiri tanpa adanya pengaruh orang lain.

 

Bagian paling penting untuk membuat blog populer dan supaya tidak melakukan kesalahan adalah dengan cara fokus dan sabar. Pengunjung tidak bisa langsung didapatkan secara instan, maka kamu sebaiknya harus banyak bersabar dan lebih gigih berusaha.

 

 

 

(Visited 8 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *