manfaat amoxicilin untuk ayam

Manfaat Amoxicilin Untuk Ayam Bangkok Aduan Serta Dosis yang Tepat

Amoxicilin adalah salah satu obat yang masuk ke dalam kategori penisilin yang biasa digunakan sebagai antibiotik, infeksi bakteri dan virus. Nah, tahukah anda kalau amoxicilin tidak hanya berkhasiat bagi manusia, ternyata manfaat amoxicilin untuk ayam bangkok aduan sangatlah banyak.

Sebagian botoh atau penggemar ayam laga menggunakan amoxicilin sebagai obat kimia yang manjur untuk meningkatkan kesehatan ayam aduan. Dalam hal ini antibiotik yang satu ini mempunyai berbagai variasi bentuk mulai dari kapsul, tablet hingga jenis cair. Kemudian keunggulan dari amoxicilin ialah tingkat keamanan penggunaannya serta efek samping yang diakibatkan tidak terlalu beresiko.

Karena obat ini merupakan obat untuk manusia jadi anda harus pintar dan tahu kapan waktu yang tepat dan bagaimana penggunaan Amoxicilin. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai obat ini yang bisa anda jadikan acuan.

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit mengulas mengenai obat amoxicilin serta pola pemberian dan dosis tepat. Oke langsung saja dilihat, berikut ini manfaat amoxilcilin untuk ayam bangkok aduan yang harus anda tahu.

Mencegah berbagai penyakit pada ayam aduan

Pemberian Amoxicilin pada ayam aduan berguna untuk mencegah agar ayam tidak mudah terserang penyakit. Sesuai dengan keterangan obat ini berguna sekali mencegah infeksi bakteri, virus, infeksi pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh ayam bangkok aduan. Biasanya para botoh memberikan amoxicilin pada ayam ketika musim wabah penyakit menyebar, misal pada saat terjadi wabah flu burung. Kemudian antibiotik yang satu ini juga bagus untuk menyehatkan ayam saat musim hujan.

Mengobati penyakit pada ayam aduan

Serangan penyakit adalah sesuatu yang biasa terjadi, ini adalah hambatan dan resiko yang pasti ditemui semua peternak. Penyakit sudah menjadi momok menakutkan bagi semua peternak, karenanya bisa saja menyebabkan kerugian yang sangat banyak. Maka dari itu sebagai peternak kita harus lebih cerdik dan tahu bagaimana pengendalian penyakit yang paling efektif dan efisien. Di samping untuk mencegah penyakit, ada beberapa penyakit yang dapat diobati dengan amoxicilin, diantaranya adalah flu, pilek, ngorok, infeksi pernapasan, pencernaan dan penyakit lainnya.

Mengobati luka dalam ayam aduan

Seperti yang kita ketahui bahwa ayam bangkok adalah tipe ayam aduan yang biasa di sabung di arena. Jadi tidak jarang ayam akan menderita luka di tubuhnya, baik luka ringan maupun luka serius. Nah mulai saat ini anda harus memberikan amoxicilin ketika ayam selesai diadu untuk membantu proses penyembuhan, terutama mengobati luka dalam pada tubuh ayam. Pengobatan sangatlah dibutuhkan supaya ayam tidak mudah terserang penyakit, sehingga bisa sembuh lebih cepat.

Peringatan penggunaan amoxicilin

  • Perhatikan dosis ketika anda memberikan amoxicilin pada ayam bangkok,
  • Ayam dewasa bisa diberikan 1 butir pil atau satu sendok amoxicilin jika dalam bentuk cair,
  • Kemudian untuk ayam muda sebaiknya diberikan setengah dari dosis ayam dewasa,
  • Anak ayam bisa diberi dengan dicampurkan pada air minum,
  • Berikan setelah ayam dewasa selesai diadu atau untuk perawatan harian dapat diberikan seminggu sekali.

Kesimpulan

Pada dasarnya ada beberapa obat kimia yang sangat dibutuhkan dalam hal menjaga kesehatan ayam bangkok aduan. Sebagai seorang botoh kita harus lebih peduli terhadap kesehatan ayam jago kesayangan kita. Ironisnya ada sebagian penghobi ayam yang hanya senang mengadu ayam tanpa memperhatikan kesehatan ayam nya sendiri. Nah itulah sedikit pembahasan singkat mengenai manfaat amoxicilin untuk ayam bangkok aduan.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *