manfaat daging kambing untuk ayam bangkok

Ini dia 10 Manfaat Daging Kambing Untuk Ayam Bangkok

Pemberian daging kambing untuk ayam bangkok merupakan upaya yang dilakukan para pecinta sabung ayam agar hasil ternak memiliki kualitas yang bagus.

Semakin baik mutu ayam aduan tentu kesempatan menang saat ayam diadu akan jauh lebih besar. Selain itu harga jualnya pun akan meroket hingga mencapai angka yang fantastis.

Maka dari itu, agar hasil ternak ayam bangkok memiliki kualitas yang bagus maka diperlukan pemeliharaan yang sesuai. Saat merawat ayam aduan sangat penting untuk memberikan tambahan gizi berupa makanan berkualitas maupun jamu ayam aduan.

Daging kambing bisa menjadi asupan nutrisi yang bagus untuk ayam bangkok aduan. Pemberian daging pada ayam bukanlah sesuatu yang baru, nyatanya cara yang seperti ini sudah dilakukan sejak dulu.

Nah berikut ini beberapa khasiat dan manfaat daging kambing untuk ayam bangkok supaya jadi juara di arena:

1. Meningkatkan Stamina Ayam

Stamina menjadi kunci kemenangan ketika ayam bertanding, jadi bila stamina ayam buruk bukan tidak mungkin ayam andalan kita akan kalah.

Berbagai upaya telah banyak dilakukan untuk menguatkan stamina atau yang biasa dikenal dengan nafas ayam aduan. Salah satu cara agar nafas ayam panjang sehingga tidak cepat lelah adalah dengan memberikan daging kambing.

Kandungan kalori, lemak serta protein yang terdapat di dalam daging kambing bisa meningkatkan stamina ayam aduan.

2. Mempercepat Pertumbuhan Otot Ayam

Faktanya ayam yang pertumbuhan ototnya optimal mampu berlaga dengan baik di dalam arena. Otot pada ayam berfungsi menguatkan pukulan, selain itu dengan otot yang bagus ayam bangkok akan tahan terhadap pukulan.

Umumnya otot ayam bisa dibentuk dengan cara memberikan pola latihan kepada ayam secara rutin. Tapi, pemberian nutrisi atau pakan yang berkualitas juga dapat mempercepat pertumbuhan otot.

Kandungan protein pada daging kambing sangatlah banyak sehingga cocok sebagai penambah nutrisi ayam laga. Dengan begitu pertumbuhan otot dapat tumbuh secara maksimal.

Apabila dibandingkan dengan jenis daging lainnya, pemberian daging kambing jauh lebih aman dan lebih sehat.

3. Meningkatkan Mental Ayam

Mental merupakan keberanian untuk bertarung. Ada sebagian ayam yang mentalnya lemah dan bahkan tidak berani untuk bertarung. Ini terkadang menjadi masalah yang sering dialami para pemelihara ayam bangkok.

Memang mental ayam dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti keturunan, lingkungan, pola perawatan dan kondisi kenyamanan kandang. Memiliki ayam aduan yang ganas dan agresif tentu mempunyai keuntungan tersendiri.

Beberapa cara yang terbukti bisa meningkatkan mental ayam bangkok diantaranya yaitu dengan memberikan anak tikus, gula merah, jamu, dan pemberian daging kambing.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Tentu semua orang tahu khasiat daging kambing sebagai obat penyakit anemia. Sifat dari daging kambing berguna untuk memperlancar peredaran darah yang lambat.

Beberapa penyakit pada ayam yang disebabkan karena peredaran darah tidak lancar diantaranya penyakit kuning dan kelumpuhan.

Dengan memberikan daging kambing untuk ayam dapat membuat ayam jadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit tersebut.

5. Menjaga Kekebalan Tubuh Ayam

Ayam terlihat pucat serta nafsu makannya menurun sebaiknya diberikan daging kambing. Zat besi terdapat pada daging kambing mampu meningkatkan kekebalan tubuh ayam.

Penyakit pada ayam bisa saja disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa saja akibat kurang gizi, perubahan cuaca atau karena kesalahan perawatan.

Daging kambing bermanfaat untuk membuat ayam jadi lebih kebal terhadap penyakit. Selain itu bisa membuat ayam jadi lebih sehat serta membuat kulit ayam jadi merah.

5. Menyehatkan Bagian Saraf Ayam

Kita semua tahu bahwa saraf termasuk bagian vital dan rawan dari ayam bangkok. Apabila saraf ayam lemah atau mengalami gangguan dapat berakibat buruk pada ayam.

Kejadian ayam terkena pukulan KO telak dan langsung pingsan adalah contoh lemahnya saraf pada ayam.

Daging kambing mengandung berbagai vitamin dan kaya akan vitamin B12 yang baik untuk kesehatan saraf.

6. Menambah Bobot Ayam Aduan

Selain otot yang proporsional ternyata berat badan juga menjadi penentu kualitas ayam bangkok aduan. Ayam yang kurus pasti memiliki pukulan yang tidak kuat, namun bila kegemukan gerakan ayam akan lambat.

Jadi sebaiknya ayam kesayangan kita bisa mencapai ukuran ideal, artinya tidak kurus dan tidak terlalu gemuk.

Memang ayam membutuhkan tambahan gizi yang seimbang. Kandungan lemak pada daging kambing sangat efektif untuk menjaga berat badan pada ayam aduan.

7. Sebagai Sumber Energi yang Baik

Sumber energi yang didapatkan dari daging kambing dikarenakan kandungan nutrisi yang tinggi akan kalori, lemak dan protein.

Energi sangat dibutuhkan oleh ayam ketika berlaga supaya bisa bertahan lebih lama. Selain itu pada saat melakukan latihan energi ayam harus terisi penuh supaya latihan jadi lebih efektif.

8. Menyehatkan Kulit Ayam Bangkok

Selanjutnya manfaat daging kambing untuk ayam ialah dapat menyehatkan kulit ayam aduan.

Ayam bangkok memiliki ciri khas kulit yang tebal dan berwarna merah. Tidak hanya itu, kulit yang tebal tentu tidak mudah sobek bila terkena sayatan jalu.

9. Menguatkan Tulang Ayam

Struktur tulang yang bagus akan membuat kekuatan serta ketepatan pukulan ayam menjadi lebih baik.

Kandungan fosfor yang terkandung di dalam daging kambing berguna untuk menguatkan tulang ayam.

10. Pakan Tambahan Bagi Ayam

Kemudian daging kambing sangat cocok sebagai makanan tambahan penambah gizi bagi ayam bangkok aduan.

Ada beberapa makanan tambahan yang biasa diberikan pada ayam, seperti jangkrik, daging belut, anak tikus dan lain sebagainya.

Daging kambing bisa dijadikan sebagai alternatif pakan bila anda kesulitan untuk menemukan bahan-bahan lainnya.

Tahap Pemberian Daging Kambing Pada Ayam

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa daging kambing hanya sebatas asupan nutrisi pelengkap. Jadi tidak harus diberikan setiap hari pada ayam.

Anda bisa memberikan daging kambing seminggu sekali atau 10 hari sekali.

Kemudian yang terpenting, pemberian hanya diberikan kepada ayam yang dewasa. Dengan kata lain daging kambing tidak cocok untuk anak ayam.

Ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan, umumnya para botoh hanya memberikan daging kambing secuil saja atau setengah ibu jari.

 

Perawatan adalah kunci kesuksesan dalam memelihara ayam aduan. Pemberian daging kambing untuk ayam sangat berguna dan mempunyai segudang manfaat.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *