Manfaat Daun Binahong Bagi Ayam Aduan

Ketahui Manfaat Daun Binahong Bagi Ayam Aduan

Bicara soal manfaat daun binahong? merupakan tanaman yang dapat diberikan pada ayam bangkok aduan. Ketika kita merawat ayam supaya lebih berkualitas memang perlu memberinya tambahan gizi.

Tanaman yang satu ini dapat diolah menjadi jamu karena merupakan tumbuhan herbal yang cukup berkhasiat. Seperti yang kita tahu kalau ayam aduan perlu diberikan jamu secara rutin.

Tumbuhan alami tentunya lebih aman dan mengandung beragam khasiat. Selain itu lebih efektif apabila dibandingkan obat kimia.

Sekilas mengenai daun binahong ialah tanaman yang banyak dijumpai di Asia Tenggara, yakni Negara beriklim tropis Tanaman ini adalah jenis tumbuhan merambat dengan daun mirip tanaman sirih.

 

Manfaat Daun Binahong Untuk Ayam Bangkok Aduan

Pemberian daun binahong pada ayam jago aduan bukanlah sebuah rahasia bagi para penggemar ayam aduan. Manfaat daun binahong diantaranya:

1. Mengobati luka pada ayam

Zat asam askorbat yang terdapat pada daun binahong sangat mujarab dan bermanfaat mengobati luka pada ayam aduan, baik itu luka luar ataupun luka dalam.

Ayam menderita luka merupakan hal yang wajar ketika melakukan abar atau mengadu ayam. Jadi ini sangatlah lumrah.

Bagian yang paling penting ialah perawatan yang diberikan pada ayam setelah bertanding. Ini harus diperhatikan untuk menghindari ayam supaya tidak cedera.

Dalam hal perawatan luka sobat bisa memakai daun binahong. Sifatnya alami, jadi aman untuk ayam bangkok aduan.

Cara membuat ramuan obat yaitu dengan cara ditumbuk halus kemudian dibalut kan pada luka. Kemudian untuk penanganan luka dalam, daun binahong bisa direbus dan dijadikan minuman ayam.

 

2. Obat Antiseptik

Sebagian botoh suka memakai antiseptik kimia yang mereka beli di toko. Padahal dengan daun binahong sobat bisa membuat obat antiseptik alami.

Tahukah anda ternyata pada daun binahong terdapat unsur antibiotik yang sangat besar. Zat tersebut berfungsi membunuh kuman dan bakteri.

Lalu daun yang satu ini dapat pula digunakan sebagai desinfektan alami untuk membersihkan kandang ayam.

Jadi sobat tidak perlu repot-repot membeli obat antiseptik maupun desinfektan.

 

3. Menyembuhkan peradangan ayam

Penyakit radang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti virus dan kondisi lingkungan. Biasanya unggas rawan terkena penyakit radang pada saat pergantian musim. Selain itu pada masa transisi ini akan membuat daya tahan tubuh ayam menjadi mudah terserang penyakit.

Kandungan asam oleanolic yang terkandung pada daun binahong sangat ampuh untuk mengatasi gangguan peradangan pada unggas. Terutama penyakit pernapasan seperti ngorok.

Disamping itu ayam aduan juga rawan terkena radang bila menderita luka saat bertanding. Apalagi jika ayam terluka pada bagian dalam tenggorokan.

 

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan atau daya tahan tubuh harus selalu terjaga agar ayam bangkok aduan selalu fit dan sehat.

Selain itu daya tahan tubuh yang selalu terjaga dapat menekan angka kematian ayam akibat penyakit.

Pemberian vaksin wajib dilakukan, tapi sobat juga bisa menggunakan cara alami yakni memberikan daun binahong pada ayam bangkok.

Zat saponin yang terdapat pada daun binahong sangat efektif menjaga daya tahan tubuh ayam bangkok aduan. Terutama ketika cuaca tidak bagus dan pada saat rawan wabah penyakit.

 

5. Memperlancar peredaran darah

Peredaran darah pada ayam bangkok harus selalu lancar. Pasalnya darah memiliki fungsi penting untuk mensuplai oksigen.

Tentu saja akan membantu meningkatkan stamina dan membuat serat makanan mudah terserap tubuh ayam. Dengan stamina atau nafas yang panjang tentu ayam jago andalan kita bisa bertanding hingga akhir laga.

 

6. Obat kurap atau korep

Kurap termasuk penyakit yang merepotkan, apalagi cepat sekali menular. Apabila tidak segera ditangani maka bisa berdampak buruk bagi ayam kesayangan kita.

Sobat perlu tahu, ternyata daun binahong berkhasiat mengatasi penyakit kurap pada ayam aduan.

Gunakan daun binahong dengan ditambahkan garam, lalu dihaluskan. Kemudian berikan air hangat lalu oleskan pada bagian tubuh ayam yang terkena kurap. Lakukan setiap hari secara rutin hingga kurap benar-benar hilang.

 

7. Sebagai obat bubul

Bagi ayam bangkok aduan, penyakit bubul bisa menyebabkan peforma ayam jadi menurun. Sangat jelas sekali bila berdampak dan membuat kaki ayam sakit.

Umumnya bubul di kaki ayam diakibatkan karena jamur yang menginfeksi. Apalagi bila kaki ayam terluka dan kemudian terkena kotoran, maka rawan terkena sakit bubul.

Kalau tidak segera diobati bubul bisa menjadi besar dan menimbulkan pembengkakan. Bahkan bisa menyebabkan ayam aduan lumpuh.

Pengobatan bubul dengan daun binahong yakni dengan cara menggosoknya secara rutin. Perlahan tapi pasti, bubul ayam akan tipis dan lama kelamaan sembuh.

 

8. Mengatasi kejang otot

Kejang otot bisa disebabkan oleh gangguan pada persendian. Ayam bangkok akan menjadi pincang. Keram otot karena bertanding, ayam jarang di umbar dan penyebab lainnya.

Zat anti inflamansi pada daun binahong sangat cocok memulihkan cedera pada otot dan sendi ayam.

 

Rekomendasi:

Manfaat daun binahong bagi ayam bangkok aduan sangatlah beragam. Bahkan banyak sekali dari kita yang belum tahu.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *