Manfaat Daun Pepaya Bagi Ayam

Manfaat Daun Pepaya Bagi Ayam Bangkok Aduan

Tidak bisa dipungkiri kalau khasiat buah dan sayur sangat baik bagi ayam bangkok aduan. Salah satu daun yang sering diberikan pada ayam ialah daun pepaya. Memang daun yang satu ini begitu kaya akan manfaat.

Manfaat daun pepaya bagi ayam bangkok aduan telah dibuktikan oleh banyak orang. Pasalnya berbagai masalah pada hewan ternak ayam dapat diatasi hanya dengan memberikan daun pepaya.

Seperti yang kita tahu khasiat buah dan tumbuhan tradisional terbukti cukup ampuh dalam hal merawat ayam. Daun pepaya baik untuk memenuhi kebutuhan gizi pada ayam dan menangani berbagai penyakit.

Selain itu pohon pepaya sangat gampang di temukan. Pasti bisa kita dapatkan di sekitar tempat tinggal.

 

Kandungan Daun Pepaya

Pada daun pepaya terdapat berbagai unsur yang bagus untuk makhluk hidup, diantaranya:

  • kalori
  • lemak
  • protein
  • karbohidat
  • vitamin A dan C

 

Manfaat Luar Biasa Daun Pepaya Bagi Ayam Bangkok

Ada beberapa fungsi daun pepaya yang sangat ampuh untuk diberikan pada ayam. Akan tetapi banyak dari kita yang tidak tahu akan khasiat daun yang satu ini. Berikut beberapa manfaat daun pepaya:

1. Menjaga sistem pencernaan

Pencernaan yang sehat berdampak bagus bagi pertumbuhan ayam jadi lebih optimal. Selain itu daun pepaya sangat efektif untuk mengobati berbagai penyakit pencernaan, seperti tembolok, berak kapur/darah dan melancarkan pencernaan.

 

2. Sebagai obat cacing

Bagi sobat yang biasa mengobati ayam cacingan dengan obat kimia atau obat toko, maka saatnya untuk beralih menggunakan obat alami. Daun pepaya berguna mengobati cacingan dan meningkatkan nafsu makan ayam bangkok aduan.

 

3. Mempercepat pembekuan darah

Ini khusus untuk ayam aduan yang sering bertanding, Khasiat daun pepaya sangat mujarab untuk mempercepat proses pembekuan darah. Selain itu juga mempercepat pembentukan sel darah baru yang sebelumnya hilang ketika bertanding.

4. Pemberian Daun Pepaya bagi Ayam

Kemudian khasiat daun pepaya yang sudah tua, atau daunnya sudah hijau tua bagus buat jamu ayam bangkok aduan. Caranya cukup mudah, sobat hanya perlu memberikan perasan air daun pepaya sebagai air minum ayam laga.

Selanjutnya untuk dosis pemberian sobat dapat disesuaikan dengan usia ayam. Untuk anak ayam sebaiknya berikan sedikit dosis saja, karena ini hanya untuk merangsang nafsu makan anak ayam.

Pemberian daun pepaya pada ayam tidak hanya untuk ayam bangkok saja, nyatanya para peternak ras ayam lain juga sering menggunakan daun ini untuk menunjang produksi ternak.

 

Baca juga:

 

Nah itulah sedikit pembahasan dari kami terkait manfaat daun pepaya bagi ayam bangkok aduan. Intinya pemberian obat alami memiliki efek samping yang sangat aman bila dibandingkan dengan obat kimia. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan sobat penggemar ayam laga.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *