Manfaat Gabah Untuk Makanan Ayam Bangkok

Manfaat Gabah Untuk Makanan Ayam Bangkok Berkelas

Pasti bagi sebagian pecinta ayam aduan sudah banyak yang tahu akan manfaat gabah untuk ayam bangkok aduan. Pasalnya gabah sering digunakan sebagai makanan utama maupun pakan selingan ayam.

Gabah merupakan hasil panen dari tanaman padi sebelum diolah menjadi beras yang kemudian di konsumsi manusia. Ternyata gabah biasa dijadikan sebagai pakan binatang ternak seperti burung, unggas dan salah satunya ayam bangkok.

Meskipun pemberian gabah untuk ayam bangkok aduan kerap sekali dilakukan. Akan tetapi sebagian dari peternak masih banyak yang belum mengetahui manfaat dan khasiat sesungguhnya dari gabah padi. Maka dari itu kali ini kita akan sedikit membahasnya.

Ini Dia Khasiat Serta Manfaat Gabah Untuk Ayam Bangkok Aduan yang Wajib Anda Tahu

1. Mengoptimalkan Ukuran Ayam Bangkok

Tahukah anda ternyata gabah bermanfaat untuk memaksimalkan ukuran ayam bangkok. Pada dasarnya bentuk tubuh ayam berkualitas harus mencapai ukuran ideal, jadi ayam tidak kurus ataupun kegemukan.

2. Membentuk Otot Ayam

Pemberian gabah untuk ayam aduan bermanfaat membentuk dan menguatkan otot ayam. Dengan otot yang kuat ayam dapat bertahan dan melakukan serangan dengan baik ketika bertanding. Ayam dengan otot lemah tentu akan rentang terkena pukulan lawan. Jadi setelah ayam lancuran memasuki usia dewasa sebaiknya berikan pakan kombinasi dari gabah.

3. Membuat Ayam Jadi Lincah

Tentu saja ayam yang lincah dan gesit menjadi harapan setiap pecinta ayam laga. Dengan gerakan yang cepat tentu ayam dapat bergerak lebih efisien dan efektif saat bertarung. Gabah dapat diberikan kepada ayam bangkok yang kegemukan supaya gerakannya jadi lebih lincah.

4. Sebagai Pakan Tambahan

Hampir semua peternak ayam memberikan makanan utama ayam berupa jagung. Sebenarnya gabah padi sangat bagus dibuat sebagai racikan pakan dan pakan tambahan bagi ayam. Gabah bisa dijadikan alternatif pakan ternak yang hemat, pasalnya harga gabah jauh lebih murah.

5. Meningkatkan Akurasi Pukulan Ayam

Pada dasarnya akurasi serangan ayam aduan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Akan tetapi kita bisa meningkatkan akurasi pukulan ayam dengan memberikan gabah. Logikanya apabila ayam mempunyai tubuh yang ideal tentu akan mempunyai gerakan yang lincah dan tajam.

6. Sebagai Pakan Terbaik Ayam Jalu

Selanjutnya manfaat gabah yaitu sangat cocok untuk ayam tipe jalu. Tidak bisa dipungkiri bila ayam jalu harus memiliki kecepatan yang super cepat agar bisa menang. Umumnya pakan ayam jalu adalah beras merah, tapi bila anda merasa harganya terlalu mahal, maka anda bisa menggunakan gabah.

7. Harga Gabah yang Murah

Dari tadi kita selalu membahas harga, memang kenyataannya kalau harga gabah sangatlah murah bila dibandingkan makanan ayam lainnya. Selain itu gabah sangat mudah ditemukan di sekitar kita.

 

Ciri-Ciri Gabah yang Bagus Untuk Ayam Bangkok Aduan:

Sebagai seorang peternak pasti kita selalu berusaha memberikan pakan terbaik untuk binatang ternak kesayangan kita. Sebabnya kita perlu tahu bagaimana ciri gabah yang berkualitas:

  • Gabah yang bagus diberikan kepada ayam ialah yang sudah kering dan tidak lembab
  • Tidak kadaluwarsa atau berjamur
  • Gabah tidak kopong dan masih terdapat butir beras di dalamnya
  • Tidak mengapung apabila dimasukkan ke dalam air.

Pola Pemberian Gabah Pada Ayam Bangkok Aduan

  • Gabah sangat cocok dijadikan pakan utama , terutama ayam bangkok tipe jalu.
  • Kemudian untuk ayam tipe pukul gabah dapat digunakan sebagai makanan pelengkap guna membentuk tubuh ideal ayam.
  • Gabah bisa dijadikan pakan racikan ayam aduan untuk semua ayam, baik itu ayam dewasa, ayam muda maupun anak ayam.
  • Bagi ayam muda gabah bisa diberikan saat pagi hari dengan dicampur konsentrat dan nasi, kemudian saat sore ayam muda diberikan pakan jagung.

Baca Juga

 

Perawatan merupakan bagian paling penting guna meningkatkan mutu ayam aduan. Faktanya ayam bangkok aduan tidak harus selalu diberikan jagung, jadi memang perlu pakan tambahan. Itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat gabah untuk ayam bangkok aduan, semoga menjadi ilmu yang berguna bagi kita semua.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *