garam untuk ayam

Manfaat Garam Untuk Ayam Aduan jadi Lebih Perkasa

Siapa sih yang tidak tahu garam, garam adalah salah satu kebutuhan pokok manusia dan setiap hari pasti dikonsumsi oleh semua orang. Umumnya garam adalah bahan tambahan untuk memasak yang memiliki rasa khas yaitu asin. Tapi tahukah anda kalau ternyata garam tidak hanya bermanfaat untuk manusia saja, melainkan baik diberikan kepada hewan ternak misalnya saja ayam aduan, ayam pedaging dan ayam petelur.

Memelihara ayam bangkok aduan memang tidak semudah kelihatannya, seorang peternak perlu memberikan pakan dan asupan gizi agar ayam aduan jadi lebih sehat. Garam sangat berkhasiat untuk kesehatan ayam aduan, berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat garam untuk ayam bangkok aduan:

Menyehatkan organ bagian dalam

Organ dalam pada bagian tubuh ayam harus benar-benar sehat agar ayam tidak mudah sakit. Pemberian garam untuk ayam aduan dapat menyehatkan bagian dalam tubuh ayam. Selain itu garam ini berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat dan virus serta membuat performa ayam jadi lebih bagus.

Sebagai obat radang dan ngorok

Penyakit ngorok pada ayam aduan merupakan penyakit yang lumrah dan biasa terjadi. Dalam hal ini untuk mengobati peradangan dan ngorok pada ayam anda bisa memberikan air garam. Jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia, pemberian garam ini jauh lebih efektif dan murah. Caranya cukup dengan memberikan air garam sebagai air minum pada ayam.

Menghilangkan stres pada ayam

Ayam terserang stres merupakan masalah serius bagi para peternak, akibatnya mental ayam akan terganggu dan menurunnya tingkat produktifitas. Stres pada ayam bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor seperti akibat kalah bertarung, kondisi kandang tidak nyaman, gangguan binatang lain dan masih banyak lagi. Solusi terbaik untuk menghilangkan stres pada ayam ialah dengan memberikan air garam sehingga saraf ayam jadi lebih relax.

Baca juga  10 Manfaat Jagung untuk Ayam Bangkok Aduan Juara

Sebagai obat antibiotik

Sebagai botoh yang hobi mengadu ayam kita wajib menyediakan obat antibiotik setiap saat, tapi tahukah anda ternyata air garam dapat dijadikan sebagai obat antibiotik alami. Ketika ayam selesai diadu pastinya ayam akan menderita luka, baik itu luka ringan maupun luka berat. Supaya luka tersebut cepat sembuh maka harus diberikan aintibiotik. Langkah awal yang paling tepat setelah ayam diadu ialah dibilas dengan air garam untuk menghambat kuman dan bakteri pada luka.

Menghilangkan racun

Dalam ilmu biologi setiap makhluk hidup sangat membutuhkan ditoksifikasi atau pembuangan racun. Nah racun pada makhluk hidup ini bisa saja berasal dari udara, makanan dan minuman. Maka dari itu racun pada tubuh harus dikeluarkan agar sistem tubuh bisa bekerja dengan semestinya. Pemberian air garam pada ayam aduan bisa membantu pengeluaran racun dan mencegah ayam terkena racun.

 

Mungkin sebagian dari kita masih belum tahu betapa luar biasanya manfaat garam untuk ayam aduan. Pada dasarnya penggunaan bahan-bahan alami akan jauh lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan pemberian obat kimia. Sekian dulu artikel ini kami buat, semoga berguna untuk kita semua.

Artikel terkait

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *