manfaat jahe bagi ayam bangkok

Manfaat dan Cara Pemberian Jahe Bagi Ayam Bangkok

Manfaat jahe bagi ayam bangkok aduan memang sangatlah banyak. Umumnya kebanyakan botoh memberikan tanaman yang satu ini untuk meningkatkan kualitas ayam aduan. Jahe sangat cocok sekali dijadikan sebagai bahan utama pembuatan jamu tradisonal ayam laga.

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal atau yang biasa disebut dengan rempah-rempah. Memang jahe dapat tumbuh subur di Indonesia. Maka tidak heran bila dari dulu negara kita menjadi target kolonial bangsa asing yang ingin memanfaatkan sumber daya yang ada.

Pemberian jahe pada ayam sudah menjadi resep turun-temurun, bahkan hingga sekarang masih banyak yang percaya akan manfaat jahe bagi ayam.

Pada kesempatan sebelumnya kita sudah sering sekali membahas manfaat tanaman bagi ayam. Maka dari itu, kali ini kita akan sedikit mengulas soal khasiat jahe yang begitu luar biasa.

 

Nutrisi yang terkandung pada tanaman jahe

Seperti yang kita tahu, di Negara kita terdapat dua jenis tanaman jahe yang cukup dikenal, yakni jahe merah dan jahe putih. Keduanya mempunyai kelebihan masing-masing berdasarkan dengan fungsinya. Berikut beberapa nutrisi yang terdapat pada tanaman jahe:

  • Beberapa nutrisi pada jahe diantaranya yaitu minyak atsiri, oleoresin, borneol, cineol, chavicol, linalool, acetates, geraniol, zingiberene dan masih banyak lagi unsur alami di dalamnya.
  • Berdasarkan berbagai penelitian di bidang farmasi atau obat-obatan, tanaman jahe sangat kaya akan zat minyak atsiri. Namun setiap jahe tentu memiliki perbedaan jumlah dan kadar yang ada di dalamnya.
  • Selain itu jahe kaya akan kandungan kalori, air, protein serta karbohidrat. Lalu terdapat pula sejumlah vitamin seperti vitamin C, A dan K.

 

Manfaat Pemberian Jahe Bagi Ayam Bangkok Aduan

Bagi botoh yang sudah lama berkecimpung pada dunia ayam laga, pemberian jahe bukanlah sesuatu yang baru. Berikut beberapa khasiat serta manfaat jahe bagi ayam yang perlu diketahui botoh pemula:

1. Jamu Menguatkan Nafas Ayam

Cara menguatkan nafas atau stamina ayam salah satunya ialah dengan ramuan jamu. Hampir semua penggemar ayam laga membuat jamu dengan bahan utama jahe.

Apabila stamina ayam kuat maka ia bisa bertanding untuk ronde panjang. Tidak jarang ayam aduan kalah akibat stamina yang lemah.

 

2. Mengobati Luka Ayam Laga

Saat melakukan latihan abar atau bertanding di arena, tak jarang ayam mengalami luka. Langkah yang perlu dilakukan untuk menangani ini ialah dengan cara diobati.

Manfaat jahe juga bagus sebagai obat antibiotik alami yang bisa mengobati luka ayam. Caranya cukup oleskan parutan jahe pada bagian tubuh ayam yang terluka. Bila sobat rutin melakukannya maka luka ayam akan cepat kering.

 

3. Mengatasi Penyakit Radang

Penyakit radang memang kerap menyerang ayam bangkok aduan. Hal ini bisa saja akibat virus maupun karena bagian tenggorokan ayam terluka pasca bertarung.

Ciri ayam terkena radang yaitu akan ngorok ketika bernapas. Apabila dibiarkan bisa berdampak buruk bagi ayam. Tanaman jahe mengandung minyak atsiri yang baik untuk obat radang pada ayam.

 

4. Menyehatkan Pencernaan

Ayam bangkok yang pencernaannya mengalami masalah akan lambat berkembang. Selain itu nafsu makan akan melemah sehingga menjadi kurus dan lesu.

Manfaat jahe bagi ayam diantaranya yaitu dapat menyehatkan sistem pencernaan. Terutama membersihkan bakteri pengganggu pada usus sehingga gizi makanan dapat dicerna dengan baik.

 

5. Menurunkan Berat Badan

Meskipun peran jahe dapat meningkatkan nafsu makan ayam bangkok, tapi jahe juga berkhasiat untuk menguruskan tubuh ayam. Memang kurang bagus apabila ayam bangkok aduan memiliki berat badan yang berlebihan.

Biasanya ayam yang baru akan dewasa diberikan pakan konsentrat. Nah pada fase ini ayam akan memiliki berat yang lebih. Pemberian jahe secara rutin akan membuat ayam jadi ideal.

 

6. Meningkatkan Produktivitas Ayam

Perkembangbiakan merupakan sesuatu yang harus dalam hal budidaya ayam. Jika tingkat produksi melemah tentu akan merugikan. Permasalahan ayam sulit bertelur memang tidak terhindarkan.

Cara alami agar ayam cepat bertelur ialah dengan diberikan jamu. Salah satu bahan jamu yang tidak boleh di lewatkan adalah jahe.

 

Tips Pemberian Jahe Pada Ayam Bangkok Aduan

Setelah sobat tahu betapa besarnya manfaat jahe bagi ayam bangkok aduan pasti ingin mencobanya. Berikut tips pemberian jahe pada ayam:

1. Diberikan langsung pada ayam

Cara yang pertama yaitu jahe dapat diberikan langsung. Sobat hanya perlu memotong jahe kecil-kecil kemudian berikan pada ayam.

2. Ramuan jamu ayam

Terdapat banyak sekali resep jamu yang dapat dibuat dari bahan jahe. Salah satunya ialah dengan membuat parutan jahe kemudian dicampur kuning telur, madu dan gula merah.

3. Perasan Air Jahe

Selain dua cara di atas, pemberian jahe juga bisa dengan cara diperas. Air jahe bisa dijadikan minuman bagi ayam.

 

Baca juga:

 

Itulah sedikit pembahasan terkait manfaat jahe bagi ayam bangkok aduan. Selanjutnya sobat hanya perlu memberikan kepada ayam sesuai dengan dosis. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan menambah wawasan.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *