manfaat kunyit untuk ayam

10 Manfaat Kunyit untuk Ayam Bangkok Aduan Terungkap

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang berasal dari Indonesia. Tanaman yang satu ini begitu identik dengan bumbu masakan dan ramuan herbal. Tapi tahukah anda ternyata manfaat kunyit untuk ayam bangkok aduan sangatlah banyak, mulai dari menjaga kesehatan hingga meningkatkan kualitas ayam aduan.

Kunyit dalam bahasa jawa sering disebut dengan kunir, pasti ini merupakan istilah yang umum yang diketahui semua orang. Kemudian pemberian kunyit pada ayam aduan sudah banyak dilakukan oleh para botoh atau pencinta ayam laga guna menjadikan ayam jago mereka supaya jadi perkasa. Beberapa nutrisi yang terdapat pada tanaman kunyit diantaranya ialah:

Pemberian kunyit terhadap ayam aduan tentu mempunyai cara yang beragam, seperti diberikan dalam bentuk jamu, bubuk, bahkan diberikan secara langsung kepada ayam aduan. Memang khasiat dan manfaat kunyit sangatlah menakjubkan, namun sebagai seorang botoh kita wajib tahu cara pemberian dan dosis yang tepat supaya tidak terjadi kesalahan fatal.

Berikut ini adalah manfaat kunyit untuk ayam bangkok

1. Meningkatkan nafsu makan ayam

Nafsu makan sering menjadi hambatan ayam bangkok sehingga menjadikannya kurang sehat. Selain itu karena kurang makan ayam akan kurus dan mudah terserang penyakit. Umumnya ayam yang susah makan biasanya terkena cacingan atau pencernaannya sedang terganggu. Pemberian kunyit pada ayam bangkok aduan dapat meningkatkan nafsu makan serta mengobati penyakit cacingan pada ayam.

Baca juga  Manfaat Tomat untuk Ayam Aduan Juara

2. Sebagai obat penambah stamina

Ayam bangkok aduan dituntut memiliki stamina yang bagus agar bisa bertanding dalam durasi waktu yang panjang. Nah hampir semua botoh menggunakan kunyit sebagai bahan utama pembuatan jamu ayam aduan. Hal ini sudah menjadi rahasia umum diantara pecinta sabung ayam di Indonesia. Caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu menggunakan air kunyit kemudian ditambah dengan kuning telur atau madu, lalu sudah bisa diberikan pada ayam.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh ayam

Kunyit berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh ayam aduan karena banyak mengandung zat antioksidan sehingga mencegah radikal bebas. Ketika musim wabah penyakit sebaiknya kita harus lebih teliti dan memperhatikan ayam kesayangan kita. Pada fase ini penyakit yang berkembang kemungkinan bisa meningkatkan angka kematian (mortalitas) pada ayam.

4. Sebagai antibiotik alami

Jangan salah, penggunaan antibiotik alami jauh lebih baik dan lebih aman dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Dalam hal ini manfaat kunir sangatlah ampuh untuk dijadikan sebagai antibiotik alami.

5. Obat berbagai penyakit pencernaan

Ada banyak sekali penyakit yang mengganggu sisitem pencernaan ayam, seperti diare, berak darah, berak kapur, cacingan dan penyakit lainnya. Kunyit sangat berguna untuk menyehatkan sistem pencernaan dan mengobati penyakit-penyakit tersebut.

6. Mencegah pembekuan darah ayam

Darah yang beku pada ayam bisa saja berakibat buruk bagi ayam. Beberapa persoalan yang disebabkan akibat pembekuan darah diantaranya ialah turun urat, kelumpuhan, dan penyakit step. Tentu ini sangat sering terjadi, maka dari itu pemberian kunyit pada ayam aduan dapat mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah pada ayam.

7. Sebagai obat luka dalam

Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas manfaat amoxiciin bagi ayam aduan yang ternyata juga berkhasiat mengobati luka dalam pada ayam. Nah, tahukah anda kalau ternyata kunyit juga berkhasiat mengobati luka dalam pada ayam aduan.

Baca juga  Manfaat Bawang Putih untuk Ayam Aduan Jadi FIT

8. Mempercepat penyembuhan luka

Kunyit merupakan tanaman tradisional yang banyak mengandung zat antibakteri yang baik untuk mempercepat penyembuhan luka luar. Dengan mengoleskan kunyit pada luka ayam akan membuatnya cepat kering dan terhindar dari infeksi bakteri.

9. Membuat ayam jadi agresif

Ketika kita ingin membawa ayam ke arena tentu ayam yang akan di bawa harus benar-benar siap, baik itu kesiapan fisik dan kesiapan mental. Jadi tidak mungkin sekali kita membawa ayam yang lesu atau kurang sehat. Dalam hal ini pemberian ramuan kunyit pada ayam aduan dapat membuat ayam jadi lebih agresif.

10. Menguatkan jalu dan mengeraskan kaki ayam

Poin penting kekuatan ayam aduan terletak pada kaki, yaitu mulai dari bentuk, sisik dan jalu ayam. Mungkin rekan-rekan sudah tahu kalau mengoleskan parutan kunyit pada kaki dan jalu ayam dapat membuatnya jauh lebih keras. Terutama untuk jalu ayam akan lebih keras dan tidak mudah patah.

Kesimpulan

Kita semua tentu mengharapkan memiliki ayam aduan yang berkualitas, maka dari itu perawatan dan latihan memang sangat dibutuhkan. Terlepas dari manfaat kunyit untuk ayam bangkok aduan, tanaman ini adalah tanaman khas asli indonesia, dengan demikian kita dapat dengan mudah menemukannya. Akhir kata dari artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Artikel terkait

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *